10 Keunggulan Gizi Buah Alpukat Yang Banyak Orang Belum Tahu



Alpukat merupakan salah satu buah yang mudah didapat dimanapun baik di pasar tradisional, tukang buah maupun di Supermarket. Enaknya lagi buah Alpukat tidak mengenal musim, jadi mau musim kemarau maupun musing penghujan kita dengan mudah bisa mendapatkannya. Di Indonesia buah Alpukat merupakan salah satu buah favorit untuk dijadikan jus, dicampur dengan susu kental coklat dan juga menjadi campuran es campur. Teryata selain lezat untuk dijadikan minuman buah Alpukat memiliki gizi yang mencengangkan untuk kita ketahui. Berikut adalah 10 keunggulan Gizi buah Alpukat yang banyak orang belum tahu;

Foto Buah Alpukat

1. Alpukat tidak sama dengan buah apapun.

Alpukat merupakan buah yang tidak bisa disaingi oleh jenis buah apapun, Alpukat merupakan buah sejati “menurut Fairchild, salah satu ahli botani yang telah meneliti dari 200.000 lebih buah eksotis ini”.

Sebagian besar buah lain dimonopoli oleh kandungan gula serta karbohidrat, dan Alpukat memiliki kandungan sangat rendah untuk keduanya. Sementara buah lain memiliki khas dengan rasa manis dan penuh dengan kandungan air, sedangkan Apulkat sangat krimi dan tidak ada tanda kemanisan. Alpukat memiliki nilai Gizi yang jauh di antara buah lainnya. Bisa dijadikan minuman dan juga bisa sebagai ganti telur untuk dimakan dengan roti atau sebagai pengganti ayam untuk dijadikan makanan pembuka dengan sayuran sebagai salad.

Foto Sandwich Alpukat

2. Alpukat bisa menjadi buah pendukung ampuh menurunkan berat badan.

Dalam salah satu penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal, para peneliti menemukan hasil penelitian bahwa menambahkan sekitar ½ buah Alpukat segar setiap hari meningkatkan rasa kenyang pada peserta yang mengikuti penelitian yang memiliki kelebihan berat badan. Memasukkan ½ buah Alpukat pada menu makanan tiap hari untuk periode bisa menahan lapar sampai dengan periode 3-5 jam. Dengan kata lain Alpukat sangat bagus menjadi makanan cemilan di antara waktu makan besar dengan tidak menambahkan gula, susu kental manis dan juga coklat. Akan dengan ampuh membantu menurunkan berat badan.

3. Alpukat pelindung mata kita.

Buah Alpukat memiliki kandungan phytochemical, dan phytochemical memberikan antioksidan yang effektif dan kuat. Antioksidan dari buah Alpukat mudah menyebar di seluruh jaringan mata kita, sehingga bisa melindungi mata kita dari paparan sinar ultraviolet. Selain itu buah Alpukat mudah menyerap nutrisi dalam tubuh kita, sehingga Alpukat bisa mengurangi resiko kebutaan untuk manusia yang sudah berumur lebih dari 55 tahun.

4. Alpukat memudahkan penyerapan Nutrisi dalam Tubuh.

Kita diwajibkan mengkonsumsi nutrisi yang cukup untuk tubuh kita, akan tetapi belum pasti bisa terserap dalam tubuh kita semua. Contohnya nutrisi yang larut dalam lemak harus dikombinasikan dengan konsumsi lemak, dan paling ideal adalah lemak sehat agar bermanfaat untuk tubuh kita. Alpukat mempunyai kandungan lemak sehat yang sangat tinggi, monounsaturated namanya sehingga bisa melengkapi makanan bergizi lainnya dengan sempurna untuk tubuh. Selain itu Alpukat mudah menyerap nutrisi untuk tubuh kita sehingga membantu penyerapan dan memanfaatkan antioksidan di dalam tubuh!

5. Alpukat meningkatkan kesehatan hati.

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa Alpukat dapat menurunkan resiko penyakit jantung, yang menjadi salah satu penyebab utama kematian paling umum di seluruh dunia. Beberapa penyakit seperti kardiovaskular dan kolesterol tinggi, peradangan, serta peningkatan trigliserida darah menjadi penyebab utama yang umum. Dalam salah satu analisa dari delapan hasil studi menemukan bahwa alpukat;

  • Menurunkan trigliserida darah hingga 20%
  • Meningkatkan kolesterol baik “HDL” dan menurunkan kolesterol jahat “LDL”.
  • Menurunkan inflamasi

6. Alpukat memiliki kandungan Serat yang Tinggi.

Kandungan serat yang tinggi dalam Alpukat selain memperbaiki pencernaan, serat yang dikandung juga mendukung tubuh kita untuk banyak hal lain. Bisa menstabilkan kadar gula darah, memperbanyak bakteri usus yang baik dan sehat, serta menurunkan kolesterol. Sesuai dengan hasil data nutrisi USDA, Alpukat memiliki kandungan serat 10 gram serat per buah, ini sangat luar biasa!

Foto Jus Alpukat

7. Alpukat mengandung Potasium lebih banyak dari pada Pisang.

Yang sangat mengejutkan adalah bahwa tidak hanya pisang yang memiliki kandungan kalium, tetapi ternyata Alpukat memiliki kandungan yang lebih besar dari kandungan yang dimiliki oleh Pisang, dan Alpukat memiliki sifat sempurna untuk mempercepat proses menguraikan makanan lain. Dari data USDA, ½ buah alpukat mengandung 487 miligram (mg) potasium. Satu cangkir Jus Alpukat mengandung 1.606 mg potassium, sedangkan untuk 1 buah pisang hanya mengandung  422 miligram (mg) potasium.

8. Alpukat menjangkau semua Nutrisi.

Alpukat membuat kita terkejut, ternyata Alpukat memiliki 20 mineral dan vitamin yang berbeda. Berikut adalah nutrisi yang dikandung oleh 3.5 ons Alpukat;

  • Vitamin K (26%)
  • Folat (20%)
  • Vitamin C (17%)
  • Kalium (14%)
  • Vitamin B5 (14%)
  • Vitamin B6 (13%)

Juga mengandung vitamin yang lainnya adalah; Vitamin E, A, B1, B2, B3, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor dan juga nutrisi Seng.

9. Alpukat melawan Radang Sendi.

Alpukat memiliki kandungan saponin, yang bisa memperbaiki dari sakit radang sendi dan juga gejala osteoporosis. Kita biasa menemukan kandungan saponin dari makanan nabati lainnya termasuk kedelai. Para peneliti saat ini masih mempelajari manfaat ekstrak Alpukat yang berpotensi besar untuk menjadi salah satu ekstrak untuk melawan penyakit radang sendi.

10. Alpukat adalah makanan yang dibutuhkan Otak.

Dr. Daniel Amen, salah satu ahli syaraf terkenal dengan judul bukunya “Change Your Brain, Change Your Life” mengutip bahwa Alpukat merupakan salah satu makanan untuk otak yang sehat. Salah satu alasannya adalah bahwa Alpukat memiliki kandungan vitamin K yang sangat tinggi berfungsi untuk menetralkan radikal bebas dan peradangan. Dari banyak penelitian menunjukkan bahwa vitamin bisa memperbaiki gejala penyakit Alzheimer. Untuk masalah Alzheimer, Alpukat dapat memberikan manfaat neuroprotektif !

Melihat fakta nutrisi dan vitamin yang dikandung oleh buah Alpukat, jadi mulai sekarang kita bisa rajin mengkonsumsi Aplukat untuk mendapatkan 10 fakta keunggulan dari buah Alpukat untuk tubuh kita.

@nilea

Leave a Comment