10 Seni dan Budaya Indonesia yang juga terkenal di Dunia dan juga telah diakui oleh UNESCO



 

Tiga pulau dari bagian Indonesia mendapatkan julukan pulau terindah di dunia yaitu pulau Jawa, Bali dan Lombok. Indonesia terkenal akan pesona keindahan alam tropis yang menakjubkan, begitu juga seni budaya Indonesia. Kita salah satu negara terkaya dalam bidang seni budaya dan memiliki terbanyak di dunia. Sebagai bukti, kita memiliki Bahasa yang mungkin sudah kita hitung pakai jari, karena setiap suku memiliki Bahasa yang berbeda-beda dari Sabang sampai Merauke. Sehingga memperkaya khasanah seni Budaya Indonesia. Keragaman seni budaya dan adat istiadat yang membuat Indonesia semakin terkenal di mata dunia. Berikut adalah 10 Seni dan Budaya Indonesia yang terkenal di dunia, bahkan banyak wisatawan mancanegara khusus datang ke Indonesia untuk menikmati seni budaya Indonesia yang indah.

1. Batik

Batik tidak hanya begitu terkenal di Indonesa dan merupakan bagian budaya sehari-hari yang tidak terpisahkan dari kehidupan terutama kaum perempuan pada jaman dulu, karena batik merupakan bagian penting yaitu diperuntukkan menjadi salah satu pakaian perempuan pada jamannya. Dan akhirnya batik diakui oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009, yang meliputi teknik dan budaya pengembangan motif dalam pembuatan batik. Batik pertama kali diperkenalkan ke seluruh dunia oleh almarhum dan mantan Presiden RI Soeharto, pada saat menghadiri Konferensi PBB. Batik di dalam budaya Jawa banyak motif yang mewakili makna sendiri-sendiri. Dan teknik pembuatan Batik sehingga memiliki nilai budaya yang tinggi dan nominal tinggi yaitu dengan menggunakan warna alami dengan teknik menggunakan “malam” dan alat “canting” yang diaplikasikan dengan kesabaran menggunakan tangan, sampai akhirnya dikembangkan dengan menggunakan teknik Cap. Mari kita lestarikan budaya Batik kita dengan selalu menggunakan Batik dalam keseharian kita.

2. Gamelan

Gamelan merupakan sekelompok alat musik paling tua yang dimiliki oleh Indonesia yaitu tercermin dari ditemukanya relief gamelan di Candi Borobudur, Magelang-Jawa Tengah. Dimana Candi Borobudur didirikan pada abad ke-8. Artinya Gamelan sudah ada mungkin sebelum pada abad ke-8. Di Rilief Candi Borobudur Gamelan terdiri dari suling bamboo, lonceng, kendang dalam berbagai ukuran, kecapi, alat musik berdawai yang digesek dan dipetik, dan masih sedikit ditemukan alat musik yang dibuat dari logam.

Pada masa sekarang Gamelan terdiri dari instrument alat musik yang menonjolkan metalofon, gambang, gendang dan gong serta masih dilengkapi alat dawai dan merupakan satu kesatuan yang diwujudkan dan dibunyikan bersamaan. Alat musik Gamelan banyak terdapat di Pulau Jawa, Madura, Bali dan Lombok. Gamelan saat ini paling sering kita dengar sehari-hari di pulau Bali, karena Gamelan di pulau Bali merupakan salah satu budaya yang tidak terpisahkan dengan semua ritual agama Hindu. Gamelan Jawa tidak kalah populer bahkan mendunia, banyak warga negara asing yang belajar sampai dengan mahir seperti orang Jawa, tidak hanya ada di Indonesia tapi banyak terdapat di beberapa belahan dunia yaitu Eropa, Amerika juga Australia. Bagi yang berminat belajar mungkin bisa bergabung dengan komunitas karawitan di kota masing-masing. Karena Gamelan sangat bagus bagi ketenangan dan kedamaian pikiran kita.

3. Wayang

Wayang merupakan seni pertunjukan asli dari Indonesia yang berkembang di Pulai Jawa dan Bali, merupakan salah satu kebudayaan Indonesia yang sudah terkenal sejak ratusan tahun lalu. Prasasti Balitung sebagai bukti! Prasasti Balitung sudah ada sejak abad ke-4 yaitu khusus tentang wayang dengan catatan “Galigi Mawayang”. Dalam perkembangannya wayang berkembang menjadi beberapa jenis Wayang yaitu Wayang Kulit, Wayang Orang dan juga Wayang Golek, begitu juga dengan ceritanya semakin berkembang juga. UNESCO mengakui menjadi salah satu warisan dunia pada tanggal 7 November 2003 dalam “Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity”. Hingga saat ini pertujukan wayang masih bisa kita saksikan, serta ada salah satu dalang Wayang Kulit yang suka mempertunjukkan dalam beberapa Bahasa hingga Bahasa Inggris untuk memperkenalkan salah satu budaya Indonesia ke dunia.

4. Tari Barong Ket

Tari Barong merupakan salah satu tarian Bali yang populer. Oleh masyarakat Bali tari Barong merupakan tarian tradisional dengan menggunakan media topeng dan kostum. Tari Barong memiliki sifat yang sakral sekaligus merupakan salah satu hiburan bagi masyarakat Bali yang banyak dipertujukan di upacara Pura, dilakukan dengan serius dan sakral karena berhubungan dengan upacara keagamaan Hindu di pura-pura. Khusus Barong Ket yang telah diakui oleh UNESCO dengan 8 tarian lainnya dari Bali pada tanggal 02 Desember 2015 di Windhoek, Namibia. Tari Barong Ket hampir tiap hari bisa kita saksikan di Bali, karena salah satu tarian terkenal yang ditampilkan untuk wisatawan-wisatawan di Bali selain tari Kecak. Barong Ket yang ditampilkan memiliki kostum dan tarian yang lengkap. Tarian dikemas dalam sebuat cerita tradisional dan drama yang menceritkan pertarungan abadi antara sifat kejahatan dan kebaikan, diselingi dengan unsur humor agar pertunjukan juga bisa menghibur wisatawan atau penonton, serta diiringi dengan musik gamelan khas Bali sehingga membuat pertunjukan tari Barong Ket semakin hidup. Sehingga membuat tari Barong Ket salah satu tarian yang populer dan terkenal dikalangan wisatawan luar negeri yang sendang bekunjung ke Bali baik buat liburan maupun untuk berbisnis.

5. Angklung

Angklung merupakan salah satu alat musik tradisional dari suku budaya Sunda atau Jawa Barat pada umumnya. Jaman dulu alat musik Angklung dimainkan dengan tujuan untuk memanggil Dewi Sri (dewi padi) untuk turun ke bumi bersamaan waktu tanam padi, dengan doa agar tanaman padi akan tumbuh subur. Hingga saat ini musik Angklung masih dimainkan dengan tarian dalam berbagai upacara adat dan untuk kegiatan nasional, serta bisa sering kita dengar mengalun di banyak tempat, restauran dan spa. Karena populernya angklung tidak hanya di Jawa Barat dan Indonesia, bahkan juga diakui sebagai Karya Agung oleh UNESCO pada bulan November tahun 2010.

6. Keris

Keris awalnya merupakan salah satu senjata pusaka dari kebudayaan jawa, dan telah digunkanan sejak abad ke-14, dan sampai saat ini masih merupakan lambang kebesaran kerajaan di seluruh Indonesia baik di raja-raja Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan hingga ke Sulewasi. Keris memiliki makna lambang kedaulatan kerajaan. Selain merupakan lambang kedaulatan, keris juga salah satu senjata atau alat untuk mempertahankan diri, sehingga keris juga dimiliki oleh banyak rakyat biasa terutama di pulau Jawa. Keris banyak melambangkan kekuatan gaib atau mewakili kesaktian yang mandraguna, sehingga banyak sejarah dari keris-keris terkenal yang dimiliki oleh raja-raja pulau Jawa juga patih-patihnya. Bersamaan dengan Wayang Kulit, Keris juga merupakan seni budaya tradisional yang telah diakui dan masuk daftar UNESCO pada tahun 2005. Hingga saat ini banyak orang-orang terkenal Indonesia dan museum-museum terkenal di dunia memiliki koleksi keris yang dipertontonkan ke seluruh pengunjung dari pelosok dunia.

7. Tari Saman

Suku Gayo aceh saat ini begitu terkenal dengan kopi Gayonya, selain kopi Gayo mereka juga memiliki tarian yang begitu terkenal di dunia yaitu Tarian Saman. Tarian Saman diikuti oleh syair-syair yang bisa ditampilkan untuk merayakan peristiwa yang penting. Tarian Saman juga sering ditampilkan di acara nasional Indonesia untuk ucapan selamat datang seperti yang dipertontonkan untuk pembukaan ASIAN GAMES 2018 di Jakarta waktu lalu, sehingga ditonton oleh banyak orang di seluruh dunia lewat dokumentasi video di internet. Menurut banyak literatur Tari Saman di kembangkan oleh seorang ulama bernama Syekh Saman, yang berasal dari Gayo di Aceh Tenggara. Tari Saman masuk menjadi salah satu warisan seni Budaya di UNESCO pada tanggal 24 November 2011 di Bali, Indonesia.

8. Sekaten

Sekaten merupakan budaya upacara tradisional untuk memperingati hari besar yaitu hari lahirnya Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada bulan Maulud tanggal 5 penanggalan Jawa. Pemrakarsa upacara Sekatenan yaitu oleh Sultan Hamengkubuwono ke I serta mengundang seluruh rakyat Yogyakarta yang beragama Islam. Upacara Sekatenan memiliki rangkaian acara yang beragam, mulai dari iring-iringan oleh Abdi-Abdi Dalem Keraton diiringi dengan dua set gamelan yang disakralkan yang akan ikut dimandikan pada upacara Sekaten. Kemudian dilanjutkan dengan upacara Grebeg Muludan, yang akan menyajikan makanan serta buah dan sayur berbentuk gunungan yang diakhir acara akan diperebutkan oleh warga yang mengikuti upacara Sekatenan. Upacara Sekatenan merupakan salah satu event nasional yang akan banyak diikuti pula turis-turis mancanegara yang khusus berkunjung ke Yogyakarta, serta telah diakui oleh UNESCO sejak tahun 2014.

9. Lumpia

Lumpia merupakan salah satu makanan yang begitu terkenal dan salah satu makanan khas semarang yang terkenal akan kelezatannya. Lumpia kering dan basah merupakan salah satu oleh-oleh wajib dibeli untuk wisatawan yang berkunjung ke Semarang, karena tidak afdol dan dianggap belum ke Semarang kalau belum mencicipi Lumpia Semarang yang begitu Legendaris. Diluar kelezatannya Lumpia merupakan salah satu makanan asli Semarang dengan perpaduan bahan-bahan asli Jawa, dan juga merupakan salah satu warisan budaya yang telah diakui oleh UNESCO sejak 2014.

10. Noken

Noken adalah merupakan salah satu alat bantu bawa yang diciptakan oleh penduduk Papua. Noken biasa digunakan oleh penduduk Papua untuk  membawa barang bawaan dengan cara disangkutkan ke kepala pembawa barang. Aslinya Noken terbuat dari serat kayu yang kuat dan berfungsi sebagai tas untuk alat bantu bawa barang atau hasil Bumi oleh penduduk Papua, hingga perkembanganya banyak dibuat dari benang-benang warna warni dan menghasilkan tas-tas cantik yang bisa digunakan tidak hanya alat bantu bawa barang tetapi juga bisa sebagai salah satu pilihan fashion untuk melengkapi penampilan. Noken merupakan tas tangan melambangkan kedewassan perempuan di Papua, dan hanya perempuanlah yang bisa merajut Tas Noken, dan perempuan yang bisa membuat dan merajut Tas Noken telah dianggap sebagai perempuan Dewasa. Noken telah diakui sebagai keunikan seni dan Budaya dari penduduk Papua dan merupakan kekayaan budaya Indonesia oleh UNESCO sejak tahun 2012.

@nilea

Leave a Comment