3 Jajanan Pasar Khas Yogyakarta Yang Unik



Berkunjung di Yogyakarta belum lengkap rasanya tanpa mencicipi jajanan tradisional. Kota yang terkenal sebagai gudang makanan manis ini punya aneka kue yang tak kalah legit. Berikut ini adalah beberapa jajanan khas Jogja.

1. Kipo

sumber: kabarkuliner

Kue yang bentuknya seukuran jempol pria dewasa ini terbuat dari adonan tepung ketan bercampur santan dan garam. Warna hijaunya berasal dari perasan daun suji. Pembuat memasukkan isi berupa campuran parutan kelapa muda dengan gula jawa ke dalam lembaran kulit.

Setelah dilipat, kue ini kemudian dipanggang di atas cobek panas. Untuk menikmati tiga buah kipo lezat, anda cukup mengeluarkan seribu rupiah per bungkus.

2. Cenil


Sumber foto: kuliner.cahiya

Kue yang terbuat dari kanji, gula, dan kelapa ini masih bisa anda temui di hampir semua pasar tradisional. Rasanya yang kenyal dan penampakannya yang warna-warni menggoda orang untuk mencobanya. Kue ini kerap dijual bersama dengan klepon dan putu ayu.

Cenil yang dibuat seorang pedagang menghasilkan rasa yang berbeda dengan penjual lain. Di Yogyakarta, anda bisa mendapatkan cenil enak di pedakang kaki lima depan Toko Gardena, Jalan Solo atau di deretan penjual kue cenil di depan Pasar Bringharjo. Keduanya buka sore hari menjelang magrib.

3. Tiwul


Sumber foto: deswitamangunan.blogspot

Panganan berbahan dasar ketela pohon ini dahulu merupakan makanan pokok masyarakat yang tinggal di kawasan Gunung Kidul hingga Pacitan. Namun, kini tiwul lebih banyak dikonsumsi sebagai jajanan pasar. Proses pembuatannya cukup mudah. Singkong yang telah kering ditumbuk menjadi tepung.

Tepung ini kemudian diuleni sembari dicampur dengan air. Pembuatnya kemudian mengukus adonan ini dalam dandang sampai matang. Sebagai jajan pasar, tiwul dicampur dengan daun pandan, gula jawa, parutan kelapa.

Kalau anda ingin mencicipi tiwul lezat, datanglah ke Tiwul Ayu "Mbok Sum" yang sudah terkenal beralamat di daerah Mangunan, Dlingo, Bantul. (dz)

Related post:

1. 6 Gudeg Terbaik di Yogyakarta Yang Maknyus dan Enak

2. Berikut 6 Jajanan Khas Bali Yang Disukai Wisatawan

3.Pisang Keju & Lumpia Basah, Primadonanya Jajanan Bandung

Leave a Comment