3 Kuliner Lamongan yang bikin penasaran



Pelesir ke Kota Lamongan terkadang membuat perut terasa lapar, tenang jangan khawatir di sini banyak terdapat kuliner yang bikin orang penasaran dan ingin mencicipi. Namun, sejatinya banyak orang mengenal Lamongan dengan sotonya, padahal selain soto masih banyak lagi yang wajib dicicpi, di antaranya;

Nasi Boran Lamongan

Nasi Boran-boran sendiri adalah wadah atau tempat nasi yang dibuat dari anyaman bambu, mungkin masih bisa ditemui di pasar tradisional. Dan setiap penjaja nasi boran identik menggunakan boranan. Apa saja isinya? Lauknya sendiri macam-macam, dari ikan sili, telur dadar, bandeng goreng, ikan kuthuk, ayam, ceker, gimbal menyok (terbuat dari singkong), telur asin, yang tidak bisa dilupakan adalah empok (adonan tepung yang dicampur ragi, air, garam, bawang putih, yang dibiarkan mengembang terlebih dahulu sekitar 1-2 jam, lalu dibentuk bulat dan digoreng, rasanya ya seperti tepung tapi sedikit asam, dan enak). Nasi boran memang paling lezat jika disandingkan dengan empok.

Selain itu, masih ada urap-urap, atau kalau di Lamongan lazim disebut krawu. Nasi boran bisa disantap dengan ikan yang kita inginkan, dihidangkan di atas daun pisang, lalu diguyur dengan sambal boranan. Sambal yang khas tersebut, dari bahan rempah-rempah yang diuleg, ditambah cabai, dan tidak lupa dengan tambahan kelapa yang halus seperti srundeng. Kalau sudah jadi sambal, kelapanya sendiri tidak terlihat dan tidak terasa, hanya nikmat di lidah. Seporsi bisa merogoh kocek dari 8000 rupiah sesuai lauk yang diinginkan pembeli. Penjaja nasi boran mudah ditemui di Lamongan kota, pada waktu pagi atau malam hari.

Bakso Terminal 1974

Ke Lamongan, kadang kita hanya mengenal soto saja. Namun, yang satu ini beda, di sini terdapat kedai yang menyediakan bakso legendaris dari tahun 1974 hingga sekarang. Selain bakso, juga terdapat soto Lamongan dengan rasa disajikan dalam beberapa varian dengan toping dan lauk yang menjadi pembeda antara paket satu dan lainnya, seperti soto babat, soto kikil, soto usus, soto bakso, dan lain sebagainya.

Kedai yang berlokasi di Jl. Raya Pasar Pahing, Laren, untuk cabang pertama. Sedangkan cabang kedua bertempatkan di Paciran. Jika penasaran dengan rasanya, langsung datang saja ke Bakso Terminal, Lamongan. Hanya dengan merogoh kocek dari 10.000 ribu rupiah.

Tahu Campur Lamongan

Makanan yang satu ini memang khas dari Lamongan, ke kota ini belum lengkap kalau belum nyicipi tahu campur seperti hambar perjalanan kalian. Di Lamongan banyak yang menjajakan tahu campur, namun yang sering terkenal Tahu Campur Pak Kumis yang berada di Jl. Veteran Lamongan. Dengan siraman kuah yang khas, dan ditambah petis yang nikmat, rasa Tahu Campur Pak Kumis ini lezat sekali. Dengan harga 10 ribu rupiah bisa dinikmati.

Penasaran dengan wisata kuliner Lamongan, yuk singgah ke Kota Soto.

@inay

Leave a Comment