3 soto legendaris khas malang yang sudah ada sejak 65 tahun lalu



Soto merupakan salah satu kuliner Indonesia yang bisa ditemukan di berbagai pelosok Indonesia, termasuk di Malang. Soto di Malang yang paling legendaris sudah ada sejak dari 80 tahun yang lalu. Berikut adalah 3 soto legendaris khas Malang yang sudah berdiri sejak 60 tahun lalu.

1. Soto Ayam Lombok sudah berdiri sejak 1955 

Photo by @ogistravel

Asal mula Soto Lombok terkenal dan memiliki nama Soto Lombok, kerena pertama kali berdiri dan berjualan di Jalan Lombok Malang. Soto Lombok memiliki bumbu khas tambahan yaitu bubuk koya yang terbuat dari parutan kelapa dengan proses masak disangrai. Soto Lombok pertama kali didirikan oleh Bapak Abdulrahman Mustadjab Kamari (almarhum) saat ini dikelola oleh anak-anaknya.

Soto Lombok merupakan soto ayam yang disajikan bersamaan dengan nasi dan suwiran ayam yang cukup berlimpah, tomat iris, kentang potong, sayuran kol potong, telur rebus potong, taoge dan soun, diberikan kuah bening dari kaldu ayam, kemudian sebagai garnis diberikan koya, potongan seledri dan bawang goreng. Sangat enak dimakan dengan kuah yang panas-panas sehingga rasa gurih sangat enak menyentuh lidah kita. Bagi pecinta pedas bisa dengan bebas menambah sambal untuk bisa menikmati rasa pedasnya serta irisan jeruk untuk menambah rasa asam sesuai selera masing-masing pengunjung. Soto Lombok bisa punya beberapa pilihan, bisa soto campur yaitu dari berbagai bagian ayam, soto daging dan kulit, atau bisa memilih daging saja yang lagi dalam masa diet.

Salah satu rasa khas Soto Lombok yaitu keaslian cara memasaknya sejak berdiri masih dijaga, dari cara memasak sotonya masih menggunakan api dari tungku, sehingga memberikan bau khas yang tidak pernah berubah dari 60 tahun yang lalu.

  • Harga satu porsi soto Lombok kisaran antara Rp.15.000 sampai dengan Rp.20.000 per porsi tergantung dengan tambahan lauknya.
  • Alamat Soto Lombok Lombok No.1, Kasin, Klojen, Kota Malang
  • Phone (0341) 366226
  • Jam Buka 07.00 - 23.30

2. Soto Geprak Mbah Djo berdiri sejak tahun 1935

Photo by @santapsedap.com

Soto Geprak Mbah Djo, merupakan salah satu soto daging yang legendaris, sejak tahun 1935 dan merupakan salah satu tempak wisata kuliner yang wajib dicicipi oleh wisatawan yang datang ke Kota Malang. Berbeda dengan Soto Geprak Mbah Djo yaitu dari cara pengolahan dagingnya, sebelum dimasak daging di geprak atau dipukul-pukul sampai dengan halus dan empuk, proses masak inilah yang membuat cita rasa dari Soto Mbah Djo memiliki rasa yang beda dan istimewa. Cara penyajian soto hampir sama dengan soto daging yang lainnya.

  • Harga per porsi kisaran Rp. 8.000 sampai dengan Rp. 14.000
  • Alamat Jl. Letjend S. Parman 77-79, Malang
  • Jam Buka 08.00-18.00

3. Soto Daging Rahayu Malang berdiri sejak tahun 1928

Photo by @ngalam

Soto Daging Rahayu merupakan salah satu soto legendaris dari Kota Malang yang telah berdiri sejak tahun 1928. Saat ini Soto Daging Rahayu dikelola oleh generasi ketiga. Sejak dari generasi pertama pendiri Soto Daging Rahayu sudah berjualan di lokasi Pasar Besar (Pavers) sebagai lokasi tetap berjualan, dan memutuskan pindah sejak tahun 2016 setelah terjadi kebakaran di Pasar Besar.

Dari generasi pertama hingga dirinya, Pasar Besar (Pasbes) menjadi lokasi tetap berjualan keluarganya. Namun sayangnya karena kebakaran yang terjadi pada 2016, mereka harus pindah ke kediamannya yang berada di Kedungkandang. Ditambah lagi, saat ini jumlah pembeli di Pasar Besar lebih sedikit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pada awalnya Soto Daging Rayahu proses masaknya menggunakan tungku yang memberikan bau dan rasa yang khas, dengan berubahnya dan kemajuan jaman serta kepindahan tempat berjualan, akhirnya pengelola Soto Daging Rahayu memutuskan menggunakan kompor gas biasa untuk proses memasaknya.

Pemilik memastikan bahwa kenikmatan yang akan dirasa oleh pembeli Soto Daging Rahayu tidak akan berubah tetap nikmat dan gurih, karena proses menanak nasinya masih menggunakan cara lama yaitu memasak dengan menggunakan dandang. Yang ingin menikmati salah satu soto lengedaris di Malang bisa mampir di alamat berikut;

  • 7, Mergosono, Kedungkandang, Kota Malang
  • Phone 0812-3537-6459
  • Jam buka 06.00 – 21.00

Selamat menikmati …!

@nilea

Leave a Comment