3 Tempat Spot Foto Berlatar Belakang Pegunungan Terbaik di Kulon Progo Yogyakarta

Kota Jogja adalah salah satu kota yang kaya akan nilai budaya dan tempat wisata. Saat berwisata ke Kota Jogja, akan kita temui berbagai macam tempat wisata eksotis dan menarik. Mulai dari wisata kuliner, wisata sejarah, wisata pantai, dan wisata alamnya yang begitu indah. Jika kalian hobi Traveling dan Fotografi, tidak salahnya untuk menjajal keahlian memainkan lensa kamera kalian di tempat-tempat keren ini. Langsung saja 3 tempat spot foto alam keren di Jogja :

Wisata Alam Kalibiru

Pemandangan dari atas Kalibiru, Foto by Instagram Widya Laksita Putri

Tempat yang terletak di Kabupaten Kulon Progo ini mendadak populer karena memiliki satu spot foto yang unik, yakni berfoto di atas pohon pinus. Spot foto unik ini menjadi begitu istimewa karena pemandangan yang melatarinya pun istimewa, liuk indah Waduk Sermo dibingkai Perbukitan Menoreh yang memanjakan mata. Suasana pagi dan senja pun tak luput dari incaran. Di pagi hari, cahaya keemasan berpadu dengan kabut yang menggelayuti Perbukitan Menoreh akan memompa semangat kita. Sementara itu, suasana senja yang merubah warna langit dan waduk menjadi kuning keemasan terasa begitu syahdu. Untuk bisa sampai ke Desa Wisata Kalibiru ini tidak terlalu sulit, namun butuh berhati-hati. Sebaiknya bawalah kendaraan yang kondisinya prima sehingga tanjakan demi tanjakan dapat ditaklukkan dengan mudah. 

Cara menuju ke sana:
Dari Kota Jogja - Jalan Raya Wates - Kota Wates - ikuti petunjuk jalan ke Waduk Sermo - Waduk Sermo - ikuti petunjuk jalan ke Kalibiru (jalan mulai menanjak, harap hati-hati melewati jalan ini) - Desa Wisata Kalibiru

Lihat lokasi via Maps klik disini.

Puncak Suroloyo

Pemandangan dari atas Puncak Suroloyo, Foto by Instagram Satrio Ponco Utomo

Puncak Suroloyo adalah tanah tertinggi di deretan Perbukitan Menoreh yang menjadi primadona karena lanskap menawannya dari ketinggian. Tak hanya memandangi keindahan Perbukitan Menoreh saja, kita juga akan disuguhi pemandangan wilayah Jogja, serta Magelang lengkap dengan Candi Borobudurnya. Dari tempat ini kita pun bisa melihat pemandangan 5 gunung di Jawa Tengah yakni Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing dan Ungaran yang hanya akan terlihat ketika cuaca benar-benar cerah. Selain keindahan lanskapnya, Puncak Suroloyo juga menjadi tempat dilangsungkannya beberapa upacara adat, seperti Jamasan Pusaka Tombak Kyai Manggolo Murti dan Songsong Manggolo Dewo yang bertempat di Sendang Kawidodaren, 300 meter dari puncak. Wisatawan bisa melihat upacara adat ini setiap tanggal 1 Suro (Kalender Jawa).

Cara menuju ke sana:
Dari Kota Jogja - perempatan Ring Road Barat Demak Ijo - Jl. Godean - Pasar Godean - jembatan Sungai Progo - perempatan lampu merah Kenteng, ambil kanan - ikuti jalan menuju lampu merah Tugu Dekso, ambil kiri - ikuti jalan menuju Kecamatan Samigaluh dan ikuti papan petunjuk jalan menuju Suroloyo - Puncak Suroloyo.

Lihat lokasi via Maps klik disini.

Gardu Pandang Gunung Gajah

Pemandangan Puncak Gunung Gajah, foto by pakettourjogja.com

 

Puncak-puncak tinggi di deretan Perbukitan Menoreh memang menjanjikan panorama memukau. Sebuah bukit yang memiliki bentuk layaknya kepala gajah menjadi salah satu spot menarik untuk menikmati relief alam memukau tersebut dengan Waduk Sermo berpagar deretan Perbukitan Menoreh sebagai objek utamanya. Dua gardu pandang sederhana dibangun warga setempat di sana. Keduanya bisa digunakan untuk memanjakan mata dengan ketinggian berbeda. Sejauh mata memandang dari selatan hingga timur laut, Kota Wates, barisan bukit di wilayah Gunung Kidul serta Kota Jogja dari ketinggian terlihat jelas. Bahkan jika cuaca benar-benar cerah tanpa kabut, horizon yang menjadi batas antara birunya langit dan Samudra Hindia akan tampak di ujung selatan dari gardu pandang kedua yang berketinggian sekitar 810 mdpl. 

Cara menuju ke sana:
Dari Kota Jogja - perempatan Ring Road Demak Ijo - Jl. Godean - Pasar Godean - jembatan Sungai Progo - Pasar Kenteng - Nanggulan - Pasar Jonggrangan - pertigaan Gua Kiskendo - pertigaan Segathol, ambil kiri - pertigaan Gardu Pandang Tamanan, ambil kanan - Gardu Pandang Gunung Gajah.

Lihat lokasi via Maps klik disini

***

Bagaimana sangat indah bukan? Apakah kalian tertarik untuk mengunjungi salah satunya? atau bahkan mau mengunjungi semuanya? Boleh-boleh saja, hehe. Jika iya, sialahkan datang ke Yogyakarta, jangan lupa bawa kamera yang bagus ya, buat mengabadikan pemandangan hamparan pegunungan yang sangat memukau ini. (editor:eric)

Sumber: (Yogyes.com)

 

Related post:

1. 3 Jajanan Pasar Khas Yogyakarta Yang Unik

2. 5 Kuliner Ekstrem yang Bisa Kamu Cicipi di Jogja, Ngeri-Ngeri Sedap!

3. 7 Hal yang Tak Pernah Terpikirkan Saat Mengunjungi Jogja


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply