4 Seni Tari Berbau Mistis

Mungkin jika kita mengenal banyak tentang budaya di Indonesia. Mulai dari kesenian tari, seni ukir, baju adat, rumah adat dan masih banyak lagi. Kebudayaan yang masih melekat di Indonesia membuat banyak orang sangat ingin mengetahui dan mempelajarinya. Tapi tahukah kalian kesenian Indonesia juga banyak yang mengandung unsur mistis. Seperti contohnya adalah beberapa seni tari yang ada di setiap daerahnya.

1.Tari Seblang

Bagi warga Banyuwangi, Jawa Timur, bulan Syawal selalu ditandai dengan ritual Seblang yang hanya biasa dilakukan oleh seseorang yang masih perawan. Menurut cerita, ada sebuah legenda tentang Ki Saman, seseorang yang sakti yang sedang berusaha mengobati seekor harimau di sebuah mata air yang kini disebut sebagai mata air Penawar. Tanpa diduga, harimau yang direndam di air tersebut berubah wujud menjadi gadis yang cantik dan pandai menari. Lalu Ki Saman pun menikahinya.

Saat sang istri telah meninggal dunia, rohnya kembali ke kayangan dan tiba tiba merasuki salah satu anaknya dan menari secara tak beraturan. Tarian tersebut diberi nama Seblang dan membawa berkah dan akhirnya diturunkan kepada keturunan Ki Saman.

2.Tari Angguk

Seni Taru Angguk adalah salah satu seni yang berada di Yogyakarta. Kesenian Tari Angguk merupakan seni tari yang disertai dengan pantun pantun yang berisi tentang aspek kehidupan manusia. Dalam kesenian ini juga dibacakan kalimat kalimat dalam kitab Tlodo. Walaupun bertuliskan bahasa Arab, namun dilagukan dengan cengkok tembang Jawa. Nyanyian tersebut dinyanyikan secara bergantian oleh penari dan pengiring tetabuhan. Yang menarik dari tarian ini adalah puncaknya, ketika adanya pemain yang ndadi atau pemain tersebut tidak sadarkan diri. Sebagian warga Yogyakarta percaya jika penari yang ndadi memiliki jimat yang diperoleh dari juru kunci pesarean Begelen, Purworejo.

3.Tari Barong

Siapa yang tak kenal dengan tarian asal Bali ini. Yap tari Barong. Barong merupakan karakter dalam mitologi Bali. Barong adalah raja dari roh roh yang melambangkan kebaikan. Sendratari tradisional Bali menggambarkan pertempuran antara Barong dan Rangda sangatlah terkenal dan sering dipertunjukan untuk wisatawan.

Barong singa adalah salah satu dari 5 wujud Barong yang berada di Bali. Di Bali, setiap daerah memiliki roh pelindung hutan masing masing. Setiap Barong yang mewakili daerahnya berbeda beda seperti babi hutan, harimau, ular dan singa. Barong berbentuk singa sangatlah popular yang berasal dari Gianyar.

4.Tari Ronggeng

Tari Ronggeng adalah salah satu tarian khas Jawa Barat. Tari Ronggeng secara umum merupakan tarian tradisional yang dilakukan 1 atau lebih penari. Penari utamanya adalah seorang wanita yang dilengkapi selendang. Guna selendang adalah untuk menggaet lawan jenis untuk menari bersama ketika sedang pentas.

Salah satu kisah Tari Ronggeng adalah menceritakan seorang putri yang ditinggal mati oleh kekasihnya. Siang hingga malam sang putri menangis meratapi kematian kekasihnya. Selagi menangisi jenazah sang kekasih yang mulai membusuk, datanglah beberapa pemuda menghampiri dengan maksud untuk menghibur sang putri yang sedang bersedih. Pemuda pemudi itu menari mengelilingi putri sambil menutup hidung karena tidak tahan dengan bau busuk dari mayat tersebut. Lalu sang putri pun ikut menari sambil menyanyi dengan nada melankolis. (sumber: beritaunik)

Baca Juga

1.Mop Papua, Humor Dari Timur Indonesia

2.Upacara Bakar Linggis, Cara Suku Kajang Menemukan Maling

3.Pesta Bakar Batu, Keunikan Bumi Papua


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply