5 Aktivitas Di Pantai Kedung Tumpang Tulungagung Yang Patut Anda Coba



Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang didalamnya mempunyai banyak kota maupun kabupaten dengan destinasi wisata menarik. Berbicara kota maupun kabupaten yang mempunyai destinasi wisata menarik yang ada di Jawa Timur, pasti kita akan langsung tertuju sama kabupaten Tulungagung. Ya, Tulungagung merupakan kabupaten di jawa Timur yang dikenal mempunyai banyak destinasi wisata menariknya, salah satunya adalah pantai Kedung Tumpang Tulungagung.

Tulungagung boleh berbangga hati atas banyaknya wisatawan yang datang ke Pantai Kedung Tumpang. setelah liburan idul fitri 2015 kemarin, Pantai Kedung Tumpang Tulungagung ini sudah didatangi puluhan ribu wisatawan. Baik wisatawan mancanegara maupun domestik. Pantai Kedung Kandang adalah pantai yang terletak di pesisir Jawa Timur, tepatnya berada di wilayah Kabupaten Tulungagaung. Kelebihan Pantai Kedung tumpang memiliki keindahan kolam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pantai ini sering disebut surga tersembunyi karena letaknya belum banyak diketahui oleh banyak orang.

Rute Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

 Pantai Kedung

Photo by @arumdebys

Objek wisata ini terletak di wilayah administrasi Kabupaten Tulungagung, lebih tepatnya terletak di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung. Untuk menuju ke lokasi ini sendiri bisa dicapai dari beberapa kota sekitar, seperti Blitar dan Kediri. Namun, jalur utama yang sangat dianjurkan melalui jalur dari Kota Tulungagung. Karena jalur ini lebih nyaman dan sangat mudah untuk dilalui.

Untuk rutenya sendiri, dari Kota tulungagung Anda bisa pergi ke arah Pantai Molang. Sebelum sampai pertigaan Pantai Molang Anda ambil kanan. Setelah itu Anda menuju pemukiman rumah warga mengikuti jalan makadam serta ladang milik para petani. Sesampainya dirumah warga setempat, Anda ambil kiri, namun alangkah baiknya Anda bertanya kepada warga sekitar.

Karena objek wisata ini tergolong baru, Anda tidak perlu membayar tiket masuk ke lokasi pantai alias gratis. Namun Anda hanya akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 yang dijaga oleh warga sekitar lokasi pantai. 

Fasilitas Yang Ada Di Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Pantai Kedung Tulungagung Jawa Timur

Untuk fasilitas sarana dan prasarana di lokasi pantai ini masih minim. Mungkin hanya ada jalan setapak yang menjadi sarana dan prasarana yang akan mengantarkan Anda ke lokasi pantai. bisa disebabkan karena Pantai Kedung Tumpang Tulungagung ini merupakan objek wisata yang baru jadi untuk masalah fasilitas masih minim.

Namun jangan khawatir, karena keterbatasan fasilitas yang ada di lokasi akan terlunasi dengan keindahan alam pantai yang sangat eksotis. Mulai dari batu besar, kolam di tepi laut dan pemandangan luas laut samudra.

Keistimewaan Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Pantai Tumpang Tulungagung 

Photo by @ islahagus

sebenarnya Pantai Kedung Tumpang Tulungagung ini hanyalah sebuah pantai yang terletak di pesisir selatan. Namun di lokasi ini terdapat keistimewaan yang tidak di miliki oleh tempat wisata lain. salah satu keistimewaan yang ada di pantai ini adalah pantai dengan kolam yang berada di tengah bebatuan karang dan langsung berhadapan dengan samudra hindia. Di lokasi tersebut Anda bisa mandi maupun berenang. Namun untuk mencapai kolam tersebut Anda harus berjuang ekstra, sebab kolam tersebut dikelilingi batu besar dan licin dan sangat rawan terpeleset. Bukan hanya kolam dengan genangan air, di samping kolam tersebut ada sebuah mata air kecil yang mengalir membentuk sebuah air terjun kecil.

Keistimewaan lainnya yang Anda dapatkan di objek wisata Tulungagung ini yaitu adanya air terjun dari atas karang. Meski air yang mengalir tidak terlalu besar, namun cukup memberi keindahan tersendiri. Selain menjadi spot foto, pengunjung bisa mandi dibawah guyuran air terjun tersebut. Jadi, jangan lupa untuk membawa kamera. Karena di lokasi tersebut terdapat spot-spot foto yang sangat indah. Mulai dari kolam renang di samping laut, batu besar diatas kolam, hingga laut pantai itu sendiri. Pokoknya sangat cocok untuk Anda yang menyukai hobi fotografer.

Kegiatan Menarik Yang Bisa Anda Lakukan Di Pantai Tumpang Tulungagung

Wisata ke Pantai Tumpang Tulungagung juga menawarkan banyak hal yang bisa Anda nikmati untuk menghabiskan waktu liburan bersama orang-orang tercinta. Mulai dari melompat dari atas batu karang, berenang di pinggir pantai sampai dengan menikmati sunrise di atas bukit. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan selama berada di objek pantai yang berada di Tulungagung :

  1. Melompat Dari Atas Batu Karang

 Melompat Dari Batu Karang

Photo by @ islahagus

Melompat dari atas batu dan jatuh ke dalam kolam alami merupakan kegiatan paling menarik yang ditawarkan di Pantai Kedung Tumpang Tulungagung ini. Hanya di pantai ini, Anda bisa melompat merasakan sensasi kolam yang begitu indah yang berhiaskan deburan ombak Kedung Tumpang.

  1. Berenang Di Dalam Kolam Alami

 Berenang di Pantai Kedung

Photo by @ islahagus

Bukan hanya melompat, di kolam ini Anda bisa berenang menikmati jernihnya air kolam yang langsung berseberangan dengan laut lepas. Namun perlu diingat, Anda hanya diperbolehkan berenang ketika kondisi laut sedang surut. Karena jika saat pasang sangat membahayakan keselamatan Anda dan para pengunjung lainya.

  1. Menikmati Keindahan Pantai Kedung Tumpang Dari Atas Batu

Duduk santai sambil menikmati indahnya deburan ombak dari atas batu merupakan pilihan alternatif jika Anda tidak bisa berenang. Terlebih lagi jika Anda datang bersama orang tercinta menambah keromantisan tersendiri saat berlibur.

  1. Berfoto

Jika Anda seorang instragamer, Pantai Kedung Tumpang Tulungagung merupakan destinasi wisata pilihan yang tepat. Karena lokasi ini mempunyai spot-spot yang sangat indah, seperti batu karang, deburan ombak dan kolam alami. Bukan hanya di tempat lokasi saja yang bisa dijadikan objek berfoto. Di lokasi perjalanan menuju pantai ini terdapat beberapa view yang sangat menarik untuk dijadikan objek foto. Misalnya rimbunya hutan, bukit- bukit, dan sawah milik para petani.

  1. Menikmati Keindahan Matahari Terbenam Atau Sunrise

Sore hari di Pantai Kedung Tumpang ini adalah waktu yang paling bagus untuk menikmati keindahan pantai. Disini Anda akan menjadi saksi bisu kembalinya sang surya ke tempat persembunyianya. Namun jangan lupa untuk membawa kamera, karena akan terasa sia-sia jika kita melewatkan moment sunrise tersebut begitu saja tanpa mengabadikannya.

Jika melihat informasi di atas, dapat disimpulkan banyak sekali hal-hal yang menarik yang bisa dilakukan di Pantai kedung Tumpang Tulungagung. Entah itu bermain pasir putih yang sangat lembut, bermain di kolam yang bersih, hingga menikmati keindahan sunrise. Untuk masalah akomodasi yang ditawarkan oleh objek wisata ini juga terbilang sangat murah.

 

Leave a Comment