5 Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat Yang Masih Sering Dijumpai

Alat musik tradisional dari Sulawesi Barat akan sangat sering kalian jumpai bila disini khususnya Polewali Mandar. Di Polewali Mandar masyarakatnya sangat pandai memainkan alat musik tradisional seperti kecapi mandar, keke, rebana, gongga lima dan calong. Membahas tentang 5 alat musik tersebut, kalian akan lebih tau jika kalian menyimak alat musik tradisional tersebut.

1.Kecapi Bandar

Kecapi Mandar adalah alat musik tradisional yang berasal dari Polewali Mandar. Bentuk Kecapi Mandar terlihat seperti miniatur kapal. Kecapi Mandar terbuat dari kayu dan memiliki 2 dawai. Kecapi Mandar ini sangatlah langka. Hanya tersisa 2 orang saja yang masih memainkan alat musik ini.

Awalnya, Kecapi Mandar hanya dimainkan untuk diri sendiri di rumah rumah. Namun karena berkembangnya jaman, Kecapi Mandar ini menjadi hiburan untuk acara perkawinan dan sunatan. Kecapi Mandar juga dimainkan dari rumah ke rumah yang lain.

2. Pakkeke

Pakkeke adalah alat musik tradisional Mandar yang memilik keunikan tersendiri. Selain bentuknya, Pakkeke juga menghasilkan suara yang sangat khas. Alat musik ini terbuat dari bambu dengan ukuran yang kecil lalu dibagian ujungnya dililitkan daun kelapa kering yang membuat Pakkeke ini memilik suara yang khas.

Pakkeke biasanya digunakan oleh petani yang sedang menunggu sawahnya untuk menghilangkan rasa bosan. Karena perkembangan jaman, Pakkeke kini dimainkan untuk pertunjukan seni dan digabungkan dengan alat musik tradisional lainnya.

3.Calong

Calong adalah alat musik tradisional yang berbahan dasar batok kelapa dan bambu. Biasanya alat musik ini dimainkan sendiri, namun berkembangnya jaman alat musik calong ini dimainkan secara masal. Alat musik calong juga sempat dimainkan dalam pertunjukan pembukaan Pekan Olahraga Provinsi Sulawesi Barat pertama yang diselenggarakan oleh Kabupaten Polewali Mandar pada tahun 2007. Calong juga tidak jarang dipentaskan diatas panggung untuk pagelaran seni.

4.Gongga Lima

Gongga Lima adalah alat musik tradisional yang terbuat dari bambu. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukulkan di tangan. Secara bahasa, Gongga Lima terdiri dari 2 suku kata dan memiliki arti sendiri yaitu gongga yang diartikan alat itu sendiri dan lima adalah tangan dalam bahasa Mandar.

5.Rebana atau Rawana

Rebana dalam bahasa Mandar adalah rawana. Kehadiran alat musik ini merupakan penggabungan antara budaya Mandar dan budaya Arab. Rebana terbuat dari kayu sebagai bingkainya dan kulit yang direntangkan sebagai penghasil suaranya. Maka dari itu rebana termaksud jenis alat musik membrapon. (sumber: tradisikita)

Baca Juga

1.Saling Tikam Dalam Sarung Asal Bugis

2.Tari Maengket, Wujud Syukur Atas Panen Raya

3.Ukiran Indah Suku Asmat


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply