5 Coto Makassar enak di Jakarta dan cerita Coto yang merupakan Makanan Raja Gowa



Coto Makassar salah satu Coto yang populer atas rempah-rempahnya dan juga terkenal karena enaknya. Orang Makassar menyebutnya bukan Soto seperti pada daerah lainnya tapi dengan sebutan Coto. Ternyata selain enak Coto Makassar merupakan makanan khas Makassar yang diduga sudah ada sejak jaman kerajaan Gowa. Coto Makassar tidak sekedar Soto, tetapi merupakan perpaduan seni dan cita rasa yang tinggi, tertuang dalam satu hidangan yang khusus dihidangkan untuk kalangan istana kerajaan Gowa.

Tapi sebagian penduduk Makassar menceritakan bahwa Coto Makassar merupakan kuliner yang diciptakan oleh rakyat jelata, dan disajikan kepada para pengawal kerajaan sebelum bertugas menjaga kerajaan di pagi hari.

Coto Makassar dibuat dari perpaduan tradisi Cina yang sudah ada sejak abad ke-16 di Makassar. Menggunakan bumbu ramuan kuno, sambel Tao-co dipadu dengan 40 macam rempah-rempah asli Makassar (Rampah Patang Pulo). Coto Makassar merupakan makanan berkuah dengan aroma bumbu rempah yang pekat. Keunikan Coto Makassar lainnya, mengolah daging dan juga sekaligus jeroan, hati, jantung, limpa, usus dan jeroan sapi. Di mana di sebagian Soto dari daerah lain tidak menggunakan bahan jeroan sapi secara lengkap.

Dengan pengolahan khusus, jeroan sapi tersebut menjadi pelengkap atas kelezatan Coto Makassar, ada yang bilang tanpa jeroan Coto Makassar akan kehilangan sensasinya. Dari cerita-cerita diguga keberadaan Soto-Soto lainnya yang ada di Indonesia awalnya terinspirasi dari Coto Makassar, contohnya Soto Tegal, Soto Madura, Soto Betawi, yang dibawa oleh pelaut Bugis Makassar yang melanglang buana di seluruh Nusantara.

Coto Makassar kemudian sangat terkenal terutama di kota besar lainnya selain Makassar ada di banyak tempat di Jakarta. Salah satu menu yang sangat populer juga adalah Sop Konro. Sop Konro menggunakan kuah dari Coto Makassar dan menggunakan daging iga yang belum dipotong biasanya disajikan 1 potong iga sampai dua, serta ada pilihan Sop Konro Bakar, yaitu khusus untuk Iga di Bakar dengan bumbu kacang, dan disajikan dengan kuah Coto Makassar, disantap dengan buras atau nasi hangat-hangat. Berikut adalah 5 tempat makan Coto Makassar dan Sop Konro Bakarnya

1. Warung Mamik Daeng Tata

Foto Konro Bakar Daeng Tata @club.iyaa.com

Warung Mamink Daeng Tata sudah berdiri dari tahun 1996, dan merupakan salah satu warung yang tidak pernah sepi oleh pengunjung untuk menikmati Coto Makassar, parkiran tidak pernah sepi dan seringkali mobil pengujung membuat macet jalanan di Tebet. Selain Coto Makassar menu andalan lain adalah Konro Bakar atau Iga Bakar. Dengan menyediakan banyak menu lain khusus masakan Makassar, yang tidak menyukai masakan daging bisa memilih masakan dari olahan Ikan, Bandeng, dan juga Seafood tersedia by order. Harga satu porsi Coto Makassar Rp58.000 belum termasuk nasi atau ketupat.

  • Alamat Jalan Casablanca No. 33, Manggarai Selatan, Tebet, Jakarta Selatan
  • (021) 8315555
  • Jam buka 09.00 – 21.00

2. Sop Konro Karebosi

Foto Sop Konro korebosi @club.iyaa.com

Sop Konro Karebosi salah satu rumah makanan Makassar di Jakarta telah berdiri dari tahun 1993 dan berlokasi di Boulevard Kelapa Gading, Jakarta Utara, pendirinya yaitu Haji Hanaping. Sop Konro Karebosi memiliki rahasia resep turun temurun dari keluarga, sehingga dijamin kelezatan dan rasa autentik Coto Makassar, Sop Konro dan juga makanan Makassar lainnya, bagi pengunjung yang tidak makan daging ada pilihan menu dari olahan ikan air tawar dan air laut. Salah satu menu andalan selain Coto Makassar, Sop Konro, ada juga Bandeng Bakar. Rumah makannya nyaman serta pelayanan yang bagus membuat rumah makan Sop Konro Karebosi selalu ramai pelanggan. Untuk satu porsi Coto Makassar Rp35.000 dan Sop Konro Rp65.000 per porsi.

  • Alamat Jl. Boulevard Raya No.41, Klp. Gading, Jakarta utara
  • Phone (021) 4520990
  • Jam buka 10.00 – 22.00 

3. Raja Konro Daeng Naba Ampera

Foto Bandeng Bakar Kuah Coto Makassar @4.bp.blogspot.com

Raja Konro Daeng Naba Ampera bagi pecinta Coto Makassar dan juga penggemar Konro rekomendasi untuk dikunjungi. Ada satu menu yang sedikit beda dengan Coto Makassar yang lainnya yaitu “Konro Bakar Kepiting Pedas Afrika” perpaduan Iga Bakar yang diberikan saus kepiting serta dipadu dengan kuah Coto Makassar yang hangat dan penuh dengan rempah-rempah mejadikan rasa yang istimewa dimakan dengan nasi hangat atau burasnya Makassar. Ada juga menu lainnya yaitu olahan Seafood dan Ikan Bandeng dilengkapi dengan makanan penutup Es Pisang Ijo. Harga untuk satu porsi Sop Konro Rp45.000 untuk porsi kecil dan Rp75.000 untuk porsi normal.

  • Alamat Jl. Ampera Raya No 25 Jakarta Selatan
  • 0813-8634-7671
  • Jam buka 24 Jam

4. Rumah Makan Marannu Kelapa Gading

Foto Coto Makassar @steemkr.com

Rumah Makan Marannu mungkin merupakan salah satu tempat Coto Makassar serta rumah makan khusus masakan  dari Makassar yang pertama di Kelapa Gading Jakarta karena telah berdiri dari tahun 1984. Memiliki menu khas Makassar yaitu Coto Makassar dan juga menu paling dicari banyak orang Jakarta yaitu Sop Konro dan Konro Bakar, serta menu dari olahan laut lainnya. Rumah makan yang luas dan pelayanan yang cepat akan membuat pengunjung lebih nyaman untuk bersantap makanan yang dipesan dan tambahan pesanan lainnya. Rumah Makan Marannu memiliki rahasia resep tersendiri sehingga menikmati Coto Makassar disini akan memberikan pengalaman rasa dari Coto Makassar lainnya juga Sop konro dari tempat yang berbeda. Menjadikan rekomendasi untuk mencoba dan merasakan Coto Makassar dan olahan dari Makassar lainnya di Rumah Makan Marannu Kelapa Gading. Harga satu porsi Coto Makassar kurang lebih Rp35.000 per porsi dan Rp75.000 per porsi untuk Sop Konro.

  • Alamat Boulevard Raya Blok TA 2 No. 27, Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading, Jakarta Utara
  • Phone (021) 4520155
  • Jam Buka 00 – 22.00

5. Coto Makassar Ampera Daeng Memang

Foto Coto Makassar Ampera Daeng Memang 

Coto Makassar Ampera Daeng Memang, merupakan salah satu rumah makan Coto Makassar yang sudah berdiri sejak tahun 1992, menyajikan menu hidangan dari Makassar, Coto Makassar, Sop Konro, Konro Bakar dan juga hidangan laut lainnya dari Makassar. Serta menyediakan jajanan pasar dan juga cemilan dari Makssar, Jalangkote, Cucuru Bayao, Songkolo, Barongko untuk jajanan pasarnya dan harus berkunjung pagi hari untuk bisa menikmati karena biasanya akan habis lebih cepat dan awal. Untuk Cemilan yang disediakan di meja, ada emping, rempeye, canggoreng, kacang disko dan juga biji ketapang, hampir semua makanan yang disajikan dibuat home-made. Harga satu porsi Coto Makassar kurang lebih Rp35.000 sampai dengan Rp75.000 untuk Sop Konro.

  • Alamat Jl. Ampera Raya No.17Y, Ragunan-Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan
  • Phone (021) 7804438
  • Jam Buka 00 – 21.00 

Selamat menikmati!

@nilea

Leave a Comment