5 Makanan asli Bali dan Indonesia yang paling direkomendasikan untuk wisatawan Australia



Bali tidak hanya merupakan tempat wisata favorit orang Indonesia, tapi juga merupakan tempat wisata favorit bagi warga negara Australia, bahkan sebagian orang Australia merasa bahwa kalau Bali itu merupakan rumah kedua bagi mereka. Sehingga banyak media Australia memberikan rekomendasi makanan lokal Bali yang paling enak untuk di coba, berikut adalah 5 makanan menurut media Australia asli Bali yang harus dicoba dan direkomendasikan untuk warga Australia.

 1. Nasi Campur Ayam atau Nasi Campur Ayam dan Daging Sapi.

Nasi Campur Krisna Jl. Kutat Lestari No.4 Sanur, Bali

Nasi Campur ayam Bali merupakan salah satu makanan yang digemari baik oleh penduduk lokal Bali, wisatawan Indonesia ternyata juga digemari oleh wisatawan mancanegara. Hampir setiap restoran di Bali memuat menu nasi campur, tetapi dengan campuran yang berbeda-beda. Nasi Campur asli Bali yang versi lokal dan legendaris itu memiliki komposisi campuran yaitu nasi putih, sayuran urap, suwir ayam masak betutu, sate lilit,  kulit ayam goreng kering, telur rebus dengan sambal merah, kacang goreng, sambal matah, serta sambal goreng cabe versi Bali. Apabila ingin mencoba versi restoran beberapa restoran menambahkan rendang daging, dan krupuk udang sebagai laut terfavorit wisatawan asing atau mancanegara di Bali dan Indonesia. Banyak Pilihan untuk mencoba versi asli warung lokal dengan harga kisaran per porsi Rp. 25.000,- sampai dengan Rp.35.000 antara lain;

  1. Warung Men Weti Pantai Sindu Sanur, Bali
  2. Warung Adi   Danau Buyan no. 15 Sanur, Bali
  3. Warung Liku Jl. Nakula 19.A Seminyak, Bali
  4. Warung Krisna Kutat Lestari no.4 Sanur, Bali
  5. Warung Kadewatan Bu Mangku Jl. Kayu Jati no.12 Petitenget Seminyak, Bali
  6. Warung Kedaton Jl. Raya Kuta no.62/2 Kuta, Bali
  7. Warung Wardani Jl. Waringin no.4 Tuban Bali

Selain versi warung yang paling terkenal di antara semua turis mancanegara dan Jakarta adalah nasi campur di Café Warung Made Kuta maupun yang di Seminyak.

2. Nasi Campur Babi Guling.

Nasi Campur Bali Guling Bali

Bali terkenal dengan mayoritas penduduknya adalah beragama Hindu, maka tak heran apabila disepanjang jalan banyak menawarkan makanan dari olahan babi. Pada masa dulu babi guling hanya ada di pesta-pesta untuk perayaan hari besar keagamaan Hindu di Bali. Dan saat ini semua pencinta makanan olahan dari babi bisa menikmatinya di banyak tempat, di warung-warung maupun di restoran– restoran terkenal di Bali.

Proses memasak Babi guling membutuhkan waktu berjam-jam, yaitu dengan cara dibakar diatas bara api, diguling-gulingkan secara perlahan-lahan sampai matang. Untuk bumbu-bumbu yang digunakan untuk proses pemasakan babi guling yaitu rempah-rempah, bawang putih, jahe, kunyit dan bumbu komplit Bali, semua bumbu dihaluskan dan oles-oleskan ke kulit babi guling yang akhirnya akan memberikan rasa pedas yang begitu lezat ke dalam daging dan kulit yang terkenal sangat renyah itu. Nasi Campur babi guling disajikan satu paket dengan nasi putih, sayuran rebus urap, potongan daging babi dan kulitnya yang terkenal renyah, sambal matah dan sambel goreng Bali serta kacang tanah goreng. Harga per porsi antara Rp.30.000 sampai dengan Rp.40.000,- per porsi. Beberapa tempat makan yang terkenal adalah; 

  1. Warung ibu Oka Jl, Tegal Sari no.2 Ubud, Bali
  2. Warung nasi campur babi pak Malen Jl, Sunset Road no.5 Seminyak, Bali
  3. Warung nasi campur babi Sukreni Jl Kendiri Tuban, Bali
  4. Warung nasi Campur babi Chandra Jl, Teuku Umar Depnasar, Bali

3. Nasi dan Mie Goreng

Nasi Goreng dan mie goreng

Nasi goreng dan mie goreng merupakan makanan sehari-hari kita orang Indonesia baik di Bali maupun hampir diseluruh pelosok negeri kita Indonesia dan ternyata juga merupakan menu makanan yang paling digemari oleh wisatawan-wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia tidak terkecuali yang kita lihat atlit-atlit dari Asian Games yang di gelar waktu lalu di Jakarta. Banyak versi nasi campur yang sekarang berkembang begitu juga mie goreng. Ada Nasi goreng kambing, nasi goreng babat, nasi goreng gila, nasi goreng telur, nasi goreng seafood, dan yang pasti nasi goreng ayam tidak ketinggalan, begitu juga macam-macam mie goreng variasinya hampir sama dengan nasi goreng, dan salah satu yang terkenal adalah mie goreng jawa. Serta akhri-akhir ini yang lagi demam dan hits banget adalah mie goreng telur asin, keluaran dari mie instant Indofood. Untuk mendapatkan makanan nasi goreng dan mie goreng kita bisa menikmatinya hampir disemua tempat baik di Bali maupun di kota-kota hampir diseluruh pulau Jawa dan Bali.

4. Dadar Gulung

 Jajan pasar Dadar Gulung

Dadar Gulung merupakan jajanan salah satu yang favorit yang bisa kita temukan disemua tempat jajanan pasar, baik pasar tradisional, pasar modern, maupun bakery banyak juga yang mejualnya. Bagi wisatawan mancanegara dadar gulung merupakan makanan yang begitu mengoda dan direkomendasi untuk dimakan sebagai cemilan atau sebagai makanan penutup. Kesegaran aroma hijau daun pandan dan suji yang ada di gulugan tepung beras yang pulen, dan perpaduan kelapa muda parut serta gula aren yang begitu wangi, yang di sajikan dengan beberapa scope es krim rasa vanilla, begitu sempurna untuk dijadikan hidangan penutup.

Bagi kita orang Indonesia bisa menemukan dengan mudah dibanyak tempat, tetapi apabila ingin merasakan nuansa yang beda dan perpaduan yang beda bisa mencobanya di Sunday Sunur Market, yang ada setiap hari minggu di Café Batu Jimbar Sanur di Jl. Tamblingan Sanur, Bali.

 5. Martabak

 

Martabak manis keju

Martabak saat ini merupakan makanan favorit anak jaman now dan lagi bener-bener hits, ternyata tidak hanya kita orang Indonesia yang begitu mencitai martabak tetapi juga menjadi makanan yang di favoritkan untuk orang-orang Australia yang mau berkunjung ke Bali. Martabak telur adalah merupakan salah satu makanan paling direkomendasikan karena merupakan hal baru, perpaduan kulit martabak, telur dan daging  dilengkapi dengan acar dan saus. Merupakan perpaduan yang sempurna dengan rasa gurih asin yang begitu membuat ingin memakannya lagi. Untuk martabak manis wisatawan Australia menyebutnya dengan ‘Crumpet’ raksasa yang dilengkapi dengan cokelat, kacang, susu kental manis dan keju. Sangat lezat dan patut di coba bagi orang Autralia yang datang ke Bali. 

Itulah 5 makanan asli Bali yang sangat di favoritkan oleh wisatawan dari Australia, silahkan mencoba saat berkunjung ke Bali!

@nilea

Leave a Comment