5 Makanan dan Minuman yang Ngetop Tahun 2017

Kamu pecinta kuliner? Tahun 2017 rasanya jadi tahu yang indah buat kamu. Banyak jenis makanan dan minuman baru yang ngetop tahun ini.

Meski kata orang ekonomi sedang kurang bagus yang ditandai dengan sejumlah department store tutup, nyatanya dunia kuliner seperti tak terpengaruh. Orang tetap berburu dan mencoba menu masakan baru.

Di tahun-tahun lalu kita menyaksikan tren makanan datang silih berganti. Kamu pasti ingat pernah gandrung dengan brownies Amanda atau keripik Maicih beberapa tahun silam. Dulu kita juga pernah penasaran dengan rainbow cake dan cronut.

Nah, mumpung sebentar lagi tutup tahun, kita melihat lagi ke belakang apa saja makanan dan minuman yang ngetop tahun 2017 ini.

1. Sate Taichan

Sate taichan sejatinya sate ayam polos yang tak dilumuri bumbu kacang atau bumbu kecap. Tren ini bermula di kawasan Senayan, Jakarta Pusat awal tahun ini. Sate ayam dilumuri perasan jeruk nipis dan garam, sebelum dipanggang. Sebagai pengganti bumbu kacang dan kecap, dipilih sambal untuk teman makan sate varian baru ini. Dari Senayan, popularitas sate taichan melebar hingga seantero kota. Di restoran-restoran banyak pula ditemukan menu baru sate taichan dengan berbagai variasinya.

2. Nasi Liwet

Nasi liwet jelas bukan makanan baru. Nasi jenis ini mudah ditemukan di pulau Jawa. Di Jawa Tengah, misalnya, nasi liwet santapan yang sudah lazim. Namun baru tahun ini rasanya popularitas nasi liwet meroket ke tengah kota, jadi makanan kaum urban, terutama di perkantoran. Saban acara kantor, macam buka puasa bersama, nasi liwet jadi menu pilihan. Cara makannya pun unik. Nasi tidak disajikan per porsi ke masing-masing orang. Melainkan digelar di atas daun pisang yang panjang, lalu dimakan rame-rame. Sensasinya jelas beda banget dan seru. Keakraban makin terasa saat kamu ngeliwet, kan.

3. Jus Mangga Kekinian

Apa beda jus mangga biasa dengan jus mangga kekinian? Rasanya pada ukuran porsinya. Jus mangga kekinian yang lagi ngehits di kalangan anak muda ini tak sekadar berisi jus, tapi juga whipped cream, dan potongan mangga yang membuatnya terlihat cantik dan menyegarkan. Minuman ini mudah ditemukan di mal-mal di Jakarta.

4. Thai Tea

Sebetulnya negeri kita kaya akan beragam jenis teh. Tapi tahun ini jadi tahunnya teh dari Thailand. Ya, Thai tea ngetop banget tahun ini jadi minuman favorit orang-orang. Thai tea ini biasanya dibuat dengan menggunakan black tea, susu, dan creamer. Rasanya manis, gurih, dan pekat di lidah. Ada banyak merek Thai tea yang mudah kamu temukan di mal-mal. Harganya mulai dari Rp 20 ribuan.


5. Ayam Saus Cokelat ala KFC

Awal November silam, KFC merilis menu baru, Chocchicks alias ayam goreng yang dilumuri cokelat. Kontan saja menu ini mengundang reaksi, sebab ayam yang gurih tak lazim dicampur dengan coklat yang rasa alaminya manis. Ada yang suka, tapi tidak sedikit pula yang keberatan. Yang jelas, menu baru ini sukses menarik perhatian orang. Well, KFC rupanya tak cuma jagonya ayam, tapi jago sensasi juga. Macam artis saja...


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply