5 Makanan Enak dan Halal, asli Bali yang harus di Coba saat ke Bali



Pulau Bali tidak hanya merupakan salah satu pulau tercantik di dunia, juga merupakan salah satu nomor satu daftar harapan traveler dunia untuk berkunjung ke pulau Bali. Dan juga merupakan surganya jenis makanan enak, walaupun terkenal dengan mayoritas penganut Hindu, di Bali memiliki banyak makanan asli Bali halal yang wajib dicoba oleh traveler yang berkunjung ke Bali.

Banyak traveler dari kota-kota besar di Indonesia yang sering kali ke Bali, berulang kali datang hanya untuk menikmati makanan enak Bali yang mereka kangenin. Salah satu yang paling populer untuk makanan asli Bali yang halal antara lain, nasi campur ayam, bebek goreng kering dengan penlengkap sambel matah nya, serta ayam atau bebek betutu. Selain 3 makanan di atas, masih banyak makanan khas Bali Halal lainnya yang wajib di Coba.

1. Nasi Campur Ayam Bali

 

Pantai Sindu Sanur

Nasi campur ayam Bali merupakan makanan populer bagi orang lokal Bali, dan begitu digemari oleh wisatawan lokal dan internasional karena nasi campur ayam memiliki bumbu khas dan cita rasa penuh akan rempah-rempah khas masakan Bali. Selain rasa yang enak nasi campur ayam Bali banyak mengandung gizi karena memenuhi semua kebutuhan makana empat sehat, biasanya nasi campur ayam bali terdiri dari, ayam dimasak betutu, kulit ayam di goreng kering, telor pindang rebus dikasih sambal merah, sayur-sayuran dimasak urap atau ala junkut, kacang tanah goreng, sambel matah serta sambel goreng campur bawang merah goreng. Rasa yang sempurna untuk kita terutama orang Indonesia. Harga untuk satu paket nasi campur Bali kisaran Rp.25.000,- belum termasuk minum.

2. Sop Ikan dan Ikan Goreng

Sop Ikan Be Pasih – Panti Lebih Bali

Ikan Goreng Be Pasih – Panti Lebih Bali

Yang membedakan sup ikan asli Bali dengan sup ikan yang ada di warung atau tempat-tempat makan daerah lain adalah bumbu lengkap Bali yang penuh akan rempah-rempah itu menjadi ciri khas yang membedakan dengan daerah lain manapun, serta pemilihan ikan yang segar menjadi kunci utama akan cita rasa yang enak. Biasanya disajikan satu paket dengan nasi, ikan goreng (ikan tenggiri pilihan), sup ikan selalu dicampur dengan timun, cara jitu untuk menghilangkan bau amis ikan, serta sambel pedas yang tidak pernah ketinggalan. Ada sebagian tempat yang menjadikan termasuk plecing kangkung tapi sebagian besar tidak menggunakan plecing kangkung. Menjadi wajib dicoba bagi wisatawan yang ingin menikmati makanan khas Bali enak dan juga halal. Harga satu paket sup ikan Bali kisaran Rp.35.000,- belum termasuk minum. 

3. Bebek Goreng

 

Bebek Goreng Laka Leke- Ubud Bali

Bebek goreng yang terkenal dengan dirty duck sangat terkenal untuk wisatawan yang datang ke kawasan Ubud, banyak pilihan tempat makan khusus bebek goreng. Bebek Goreng Bali merupakan masakan khas Bali yang wajib di kunjungi saat ke Ubud, selain enak bebek goreng yang memiliki cita rasa krispi penuh dengan rempah dan empuk, merupakan makanan khas Bali yang halal yang wajib dicoba. Biasanya bebek goreng Bali disajikan lengkap dengan; urap sayur Bali, sepiring kecil kacang tanah goreng, tiga pilihan sambel yaitu sambel matah, sambel goreng pedas, dan sembel goreng yang tidak begitu pedas. Harga satu paket bebek goreng kisaran Rp.130.000,- belum termasuk minuman.

4. Ayam Betutu

Ayam Betutu Bali

Ayam betutu Bali merupakan makanan khas Bali halal dan terkenal akan kelezatannya, layak dinikmati suap per suapnya. Ayam yang diolah dengan metode yang memerlukan waktu lama, membuat ayam betutu lembut dengan cita rasa yang khas penuh dengan rempah-rempah bali serta pedasnya yang begitu nendang dimulut akan membuat ketagihan untuk selalu berkunjung lagi untuk menikmatinya. Ayam betutu biasanya dijual satu paket dengan sambel matah, kacang goreng, serta plecing kangkung. Untuk ukuran ayam bisa memilih berdasarkan kebutuhan, satu potong ayam, ½ ekor ayam, atau seekor ayam. Harga tergantung pesanan.

5. Nasi Jinggo

Nasi Jinggo Ayam

Nasi Jinggo Bali sangat terkenal enaknya selain sangat murah harganya merupakan makanan khas Bali yang halal, karena banyak pilihan lauknya. Adapun pilihan lauknya adalah, ayam atau ikan. Satu bungkus nasi jinggo terdiri dari; nasi yang diatasnya adalah sambel, suir ayam atau ikan, mie goreng kadang juga ada orek tempe atau tahu tergantung kreatif penjual nasi Jinggo. Nasi Jinggo akan banyak dijual pada pagi dan sore hari, mereka biasa berjualan menggunakan sepeda dan dengan mudah kita bisa menemukan di sepanjang jalan besar. Harga satu bungkus nasi jinggo antara Rp.4.000 sampai Rp.5000.

Selamat menikmati …!

@nilea

 

 

Leave a Comment