6 Manfaat Berjalan di Atas Pasir Pantai Untuk Kesehatan Tubuh



Siapa yang menolak untuk bisa jalan-jalan menyusuri pasir pantai bersama dengan pasangan hidup apalagi jika sudah halal sambil bergandengan tangan. Sudah pasti romantis sekali, ditambah dengan deburan ombak dan cahaya matahari yang akan kembali ke peraduan, menjadi kemewahan tiada tara dari Sang Pencipta.

Tapi, tahukah anda bahwa berjalan di atas pasir pantai memiliki manfaat untuk tidak sekedar romantis saja? Berikut ini manfaat berjalan di atas pasir pantai yang (mungkin) belum anda ketahui yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Memperkuat Otot Kaki

Menurut penelitian, melangkah di atas pasir ternyata membutuhkan energi 1,6–2,5 kali lebih besar daripada berjalan di permukaan yang keras. Makanya, berjalan atau jogging di atas pasir bisa membantu memperkuat otot-otot kakimu.

2. Membakar Kalori Lebih Banyak

Pernah merasakan berjalan di atas pasir, bukan? Anda lebih mudah merasa lelah walau jarak yang ditempuh tak seberapa, sebab pasir melesakkan kaki dan butuh lebih banyak energi untuk mengangkatnya kembali. Oleh karena itu kalori di tubuh akan cepat terbakar karena energi yang digunakan lebih banyak.

3. Mengamankan Sendi

Setiap langkah di atas pasir resiko cidera untuk berjalan atau bahkan berlari, karena pasir mengikuti gerak kaki dan mengurangi tekanan yang diberikan terhadap sendi, dan itu baik untuk kesehatan sendi.

(Baca Juga: Istimewa, Batu Solor Serupa Stonehenge Inggris)

4. Merelaksasi Kaki

Nerve-ending atau ujung syaraf banyak ditemukan pada telapak kaki ketimbang bagian tubuh lain. Berjalan di atas pasir tanpa alas kaki bisa menstimulasi syaraf-syaraf ini.

5. Menenangkan Suasana Hati

Berjalan bertelanjang kaki di atas pasir atau yang disebut “earthing” juga bisa membantu menyalurkan energi positif dari bumi kepada dirimu. Moodmu akan menjadi lebih baik dan kamu pun lebih rileks.

(Baca Juga: Ritual Tiwah, Mengantarkan Roh Ke Langit Ke Tujuh)

Selain itu, berjemur di pantai juga memicu pelepasan serotonin dan endorfin, hormon yang bisa membuat bahagia. Tidur juga akan lebih nyenyak karena hormon serotonin tersebut turut mengaktifkan hormon melatonin yang membantu tubuh terlelap.

Dikutip dari Medicaldaily.com, ahli kesehatan lingkungan J Aaron Hipp membuktikan bahwa wisata pantai punya efek menyembuhkan. "Penelitian menunjukkan bahwa alam, seperti pantai dan laut mampu memberikan efek penyembuhan bagi manusia ketimbang pergi ke gym, tempat hiburan, atau berkeliling daerah perkotaan," kata Hipp.

Nah, itu tadi penjelasan beberapa manfaat jika bermain-main di atas pasir pantai, tentunya selain murah dan menyenangkan, tubuh yang sehatpun bisa kita dapatkan bila menjadi “Anak Pantai”. (rdw)

 Related Post:

1. 7 Manfaat Memancing Yang Jarang Diketahui Orang

2. 6 Cemilan Penambah Energi Saat Mendaki

3. Hemat Merawat Kesehatan Wajah Dengan Masker Alami

Leave a Comment