6 Pulau di Bali Yang Cantik dan Mempesona

Jika kamu merasa bosan dengan keramaian di Bali, cobalah untuk berkunjung ke pulau-pulau sekitaran Bali. Dijamin nuansa liburanmu makin tenang dan bebas. Contohnya keenam pulau ini yang cantik dan mempesona di Bali seperti yang dilansir indonesia.tripcanvas.co

1. Nusa Lembongan: Tempat persembunyian untuk bersantai-santai

Nusa Lembongan dikenal sebagai Bali versi slow alias lebih santai.

Di sini kamu akan mendapatkan penginapan yang nyaman, tidak ada yang berkeliling menjajakan barang jualan, tidak ada kaki lima dan tentu saja tidak ada yang namanya macet.

Hanya sedikit motor lalu-lalang di jalanan, kendaraan beroda empat (seperti buggy cars) boleh dipakai hanya dengan izin tetua desa (bayangkan!). Jadi pada umumnya, penduduk di sana berkeliling dengan berjalan kaki atau bersepeda.

Nusa Lembongan memiliki pantai-pantai seperti yang biasa kamu lihat di kartu pos dengan air laut yang begitu jernih.

Kalau ingin merasakan petualangan yang agak berbeda, kamu dapat menyusuri hutan bakau dengan kapal kecil. Jangan khawatir, ada pemandunya kok.

Cara ke Sana: Dari Pantai Sanur atau Dermaga Benoa bisa dicapai dengan fast boat (30 menit) atau kapal biasa (90 menit lebih).

2. Nusa Ceningan: Menyeberang ke area yang (nyaris) terlupakan

Nusa Ceningan dapat diakses dengan mudah via jembatan sederhana dari Nusa Lembongan. Pulau kecil ini sering terlewatkan oleh mereka yang gemar menjelajahi pulau-pulau di Bali.

Sampai-sampai pulau ini sering disangka sebagai bagian dari Nusa Lembongan.

Mereka yang suka dengan tantangan pasti menyukai Blue Lagoon – area pesisir di mana penduduk lokal telah menyediakan tempat untuk cliff jumping (lompat tebing) dengan ketinggian 12 meter di atas permukaan laut. Sayangnya  sekarang tempat ini masih ditutup untuk alasan keselamatan.

Pasalnya terdengar beberapa berita ngeri mengenai ombak besar yang menghempas puncak tebing kemudian menyapu pengunjung yang berada di atasnya.

Oleh karena itu kamu perlu ekstra hati-hati kalau mau naik tebing ini ya. Walaupun niatmu hanya ingin menikmati pemandangan, tetap jaga jarak dari pinggir tebing.

Cara ke Sana: Dari Nusa Lembongan, kamu tinggal menyeberangi jembatan kuning yang ikonik itu untuk sampai ke Nusa Ceningan. Kalau kamu dari Bali, kamu harus naik kapal ke Nusa Lembongan terlebih dahulu.

3. Nusa Penida: Menelusuri pulau perawan

Sudah bosan dengan pantai-pantai yang sudah dikomersilkan?

Pulau tersembunyi ini memiliki banyak keindahan natural yang masih jarang tersentuh, apalagi dieksplor. Nusa Penida adalah surga bagi banyak jenis burung, bahkan jadi habitat alami beberapa jenis burung yang hampir punah.

Bila kamu ke Nusa Penida, kamu harus mengunjungi Goa Giri Putri di Desa Pakraman. Gua ini disakralkan sebagai tempat suci bagi salah satu Dewa Hindu, yaitu Shiva.

Seperti gua-gua lainnya, di sini kamu dapat melihat stalaktit dan juga susunan batu kapur yang indah.

Asiknya lagi, di sini kamu bisa bermain dengan ikan mola-mola raksasa yang sering ditemukan di perairan sekitar Nusa Penida.

Cara ke Sana: Tersedia speed boats dan kapal feri dari Bali ke Nusa Penida melalui Sanur, Padang Bai, dan Dermaga Benoa. Kamu juga bisa pergi ke Nusa Penida dari Nusa Lembongan dengan kapal umum yang biasa digunakan warga.

4. Gili Meno: Melepaskan kura-kura ke alam bebas

Gili Meno terletak di antara Gili Trawangan dan Gili Air, persis di area lepas pantai Lombok. Pulau kecil ini sering terabaikan karena pulau-pulau lain yang lebih besar di sekitarnya lebih sering didatangi orang.

Pulau ini berpenduduk sekitar 400 orang, dan memiliki pantai-pantai indah yang belum banyak diketahui orang.

Pasir putih yang lembut, ratusan kerang laut, batu karang yang indah dan air laut yang bening dan tenang dapat kamu temukan di sini. Inilah surga!

Dan kalau kamu pecinta lingkungan, kami punya kabar baik untukmu.

Kamu bisa pergi ke penangkaran kura-kura tempat mereka bertelur dengan aman, lalu kamu bisa ikut melepaskan tukik alias anak kura-kura yang baru menetas kembali ke laut.  Untuk kelangsungan hidup penangkaran kura-kura ini, tak ada salahnya kalau kamu memberikan donasi seikhlasnya.

Cara ke Sana: Naik Amed Express dari Amed yang berangkat dari dermaga 2 kali sehari dengan 1,5 jam perjalanan yang cukup bergelombang.

5. Pulau Menjangan: Negeri bawah laut yang penuh pesona

Bukan cuma tersembunyi, pulau tak berpenghuni ini juga merupakan salah satu tempat dengan pemandangan bawah laut yang paling indah di seantero Bali.

Lokasinya yang agak terpencil membuat pulau ini seolah tersembunyi dari kebanyakan wisatawan, sehingga kondisi koral di bawah lautnya (dengan kedalaman 26-60 meter) cukup terjaga dengan baik dan jadi tempat tinggal bagi lebih dari 226 jenis ikan.

Bukan itu saja. Di bawah laut Pulau Menjangan ada sebuah bangkai kapal laut dari kayu berusia 150 tahun yang sampai hari ini masih misterius asal-muasalnya.

Cara ke Sana: Naik kapal dari Labuhan Lalang atau dari Dermaga Terima.

6. Gili Gede: Ini dia surganya snorkeling di Bali

Kalau kamu pikir kami menyisakan yang terbaik di urutan terakhir daftar ini, yes kamu benar sekali! Gili Gede adalah bagian dari Kepulauan Gili Lombok yang berlokasi di bagian selatan.

Tidak seperti pulau-pulau lain di bagian utara, Gili Gede baru saja dikenal oleh banyak wisatawan, karena itu keindahannya belum banyak terjamah.

Gili Gede adalah tempat terbaik untuk memulai snorkeling di sekitar 12 pulau lainnya.

Karena masih belum banyak yang mengunjungi Gili Gede, tempat ini memiliki karang-karang indah dengan kondisi terbaik.

Cara ke Sana: Dulu untuk pergi ke Gili Gede bisa dibilang amat merepotkan, karena harus naik pesawat, lalu dilanjutkan dengan kapal feri kemudian bis. Kini kamu bisa pergi ke sana hanya dengan menyewa speed boat dari Gili Gede Fast Boat yang berangkat dari Pelabuhan Serangan di Bali. (das)

Penulis: 

***

Artikel Lainnya:

1. 10 Tempat Wisata di Bali yang Cocok Untuk Honeymoon (part 1)

2. 10 Rumah Pohon di Indonesia yang Unik dan Fantastis

3. 10 Tempat Makan Halal di Bali yang Diserbu Banyak Wisatawan

 


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply