7 Makanan Enak asal Cirebon dan juga Murah



Kota Cirebon selain terkenal dengan tempat wisata Istana Kasepuhan juga terkenal memiliki banyak ragam makanan khas. Salah satu makanan khas Cirebon yang bisa kita dapatkan dengan mudah di sepanjang Jakarta dan kota besar lainnya yaitu salah satunya Tahu Gejrot. Diluar Tahu Gejrot sesungguhnya Cirebon masih memiliki banyak ragam makanan dan yang pasti harga yang relative murah, apalagi kalau kita langsung berwisata ke Cirebon. Kota Cirebon berlokasi bersebelahan antara provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat, sehingga memperkaya akan khasanah rasa kuliner Cirebon yang beda dengan budaya Sunda lainnya. Berikut adalah 7 makanan enak asal Cirebon yang juga murah;

1. Tahu Gejrot

Makanan Tahu Gejrot merupakan salah satu cemilan atau makanan yang terkenal di Jakarta, kita dengan mudah bisa menemukannya baik di kaki lima ataupun di banyak pujasera mall-mall kota Jakarta.

Tahu Gejrot terdiri atas tahu pong khas yang digoreng, disajikan dengan menggunakan cobek tanah liat yang di beri sambal bening khas terdiri dari bumbu cabe, asam jawa, gula jawa, dan juga bawang merah tak ketinggalan garam. Sehingga kerasa rasa yang asam, manis, pedas dan gurih dari tahu. Relative murah untuk harganya kisaran Rp. 10.000,- sampai dengan Rp.15.000,- satu porsi.

2. Nasi Jamblang 

Rasanya tidak lengkap apabila kita jalan-jalan ke kota Cirebon baik liburan maupun urusan kerjaan dan bisnis tanpa mencicipi mampir ke warung nasi Jamblang. Ciri khas nasi Jamblang yaitu cara penyajiannya menggunakan daun pohon jati. Berbeda dengan ciri makanan sunda yang dibungkus dengan daun pisang. Tetapi merupakan hal biasa kita temukan di Jawa Tengah penyajian makanan dengan daun Jati.

Nasi Jamblang awal mulanya dikenal di desa Jampang karena keunikan dan juga harga yang murah serta rasa yang enak akhirnya menjadi populer di seluruh wilayah Kabupaten Cirebon. Apabila kita mampir ke warung nasi Jamblang atau sudah berupa restaurant, kita akan diberikan beberapa pilihan lauk-pauk mulai dari, ikan asin, perkedel, tahu sayur, tempe orek, tempe goreng, empal gentong, ayam goreng, aneka pepes, cumi masak dengan tinta, paru goreng serta tidak ketinggalan dadar telur dan telur pedas pakai sambal. Sehingga pengunjung cenderung nambah porsi makannya. Untuk satu porsi makan dengan sayur dan lauk-pauk kurang lebih harganya Rp. 20.000,-

3. Empal Gentong

Empal Gentong merupakan makanan khas Cirebon salah satu yang terkenal dan ikonik juga, kita bisa menemukannya bahkan di Bandung sehingga terkesan Empal Gentong itu makanan asli Bandung padahal bukan, tetapi asli dari Cirebon. Penyajian empal gentong disajikan menggunakan wadah kuali dari tanah liat, sehingga memiliki aroma khas dan merangsang untuk makan dengan pemanasan menggunakan kayu bakar.

Kuah Empal Gentong nikmat disantap panas-panas, warnanya kuning dari sari santan gurih dan menyegarkan dimulut. Empal Gentong terdiri dari banyak bagian daging sapi, pembeli bisa memilih bagian daging sapi sesuai selera, dari daging tanpa lemak, daging berlemak dan juga jeroan sapi.

Harga untuk satu porsi Empal Gentong berbeda-beda kisaran antara Rp. 20.000 – Rp. 27.500 ribu, warung yang menyajikan Empal Gentong yang cukup tekenal di Kota Cirebon yaitu;

  • Haji Apud, Jl. Ir. H. Juanda No. 24, Tengah Tani Cirebon
  • Empal Gentong Amarta Jl. Ir. H. Juanda No.37, Battembat, Tengah Tani, Cirebon
  • Empal Gentong Mang Darma Jl. Pilang Raya, Sukapura, Kejaksaan, Kota Cirebon

4. Docang

Docang tidak hanya terkenal di kota asalnya Cirebon tetapi juga cukup terkenal di Bogor. Docang itu hampir mirip penyajiannya dengan kupat tahu Singaparna, Garut. Docang terdiri dari lontong atau ketupat, taoge, parutan kelapa, daung singkong muda direbus dan krupuk sebagai pelengkapnya. Salah satu ciri dari Docang yaitu kuah siramnya dalam kondisi panas dan sambal Docang dibuat dari tempe bungkil atau oncom, itu yang membedakan dengan kupat sayur dari kota lainnya.

Kalau penasaran ingin mencobanya, bisa langsung ke Kota Cirebon karena sekarang mudah  untuk kendaraan umum yang bisa digunakan, ada kereta api, dan juga banyak travel dan bus serta bisa juga dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi karena sudah ada tol yang memudahkan, dan mempersingkat waktu.

Orang Cirebon biasa menyantap Docang sebagai menu sarapan atau menjadi menu makan siang. Harga satu porsi Docang kisaran antara Rp. 10.000 sampai dengan Rp. 15.000,- per porsi

5. Mie Koclok

Yang membedakan Mie Koclok dengan mie pada umumnya yaitu kuah untuk memasaknya. Kuah Mie koclok selain dari kaldu ayam kampung yaitu santan kental yang membuat gurih Mie Koclok sangat cocok disajikan saat musim penghujan.

Mie koclok bisanya disajikan dengan ayam suwir, taoge, telur rebus yang dibelah dua, dan daun bawang potong halus. Kuah berwarna kuning cenderung keputih-putihan karena khas santan kentalnya. Mie Koclok sangat cocok untuk udara yang adem, biasanya warung-warung di Cirebon baru buka saat menjelang sore hari. Walau ada yang buka siang hari tapi tidak terlalu banyak. Harga satu porsi Mie Koclok kurang lebih Rp. 10.000,-  sampai Rp. 15.000,-.

Berikut adalah warung yang buka dari jam 5 sore hari;

  • Warung Mie Koclok Mang Sam Jl. Pekiringan No.110, Pekalipan, Kota Cirebon
  • Warung Mie Koclok Mas Edi, Jl. Lawang Gada No. 23, Pulasaren, Pekalipan, Kota Cirebon

6. Nasi Lengko

Nasi Lengko, perpaduan antara sayur mayur yaitu taoge, daun bawang, timun potong, dan tempe dan tahu potong dadu. Ciri dari Nasi Lengko yaitu disiram dengan kuah bumbu kacang dan untuk penyuka makanan  pedas, merupakan salah satu makanan favorit yang harus dicoba. Khas dari Nasi Lengko yaitu keharuman nasinya yang disajikan dengan bawang goreng, kemangi dan juga irisan daun Kucai serta disajikan di atas daun pisang, membuat harum yang menggugah untuk menyantapnya. Harga satu porsi Nasi Lengko yaitu antara Rp. 10.000,- sampai Rp. 15.000,-

Salah satu warung Nasi Lengko yang terkenal di Cirebon yaitu;

  • Warung Haji Barno alan Pagongan No.15B, Pekiringan, Kesambi, Pekalangan, Pekalipan, Kota Cirebon

7. Empal Asam

Empal Asam berbeda dengan Empal Gentong yang membedakannya yaitu rasa gurih dan segarnya dan sedikit ada rasa asamnya, sehingga menyegarkan dan bisa menghilangkan kantuk kita. Jika kita terbiasa merasakan Empal Gentong, saat kita merasakan Empal Asam memiliki keunikan rasa yang berbeda di mulut kita. Salah satu kedai Empal Asam yang terkenal yaitu Empal Asam Amarta Cirebon, selain menjual Empal Gentong kedai Amarta juga menjual Empal Asam.

  • Empal Gentong Amarta Jl. Ir. H. Juanda No.37, Battembat, Tengah Tani, Cirebon.

Harga satu porsi Empal Asam antara Rp. 20.000 – Rp. 25.000

@nilea

Leave a Comment