7 Pantai terindah di Pulau Sumba Nusa Tenggara Timur



 

Keindahan pulau Sumba sudah terkenal ke seluruh dunia, banyak sekali artis lokal bahkan sudah menjadi tempat langganan berlibur artis-artis Hollywod juga. Pulau Sumba sendiri memiliki arti kepolosan dan seringkali banyak orang menyebutkan hanya dengan sebutan Sumba. Bagian selatan pulau Sumba adalah merupakan Samudera Hindia, sehingga membuat pulau sumba memiliki begitu banyak pantai yang sangat indah mungkin merupakan terindah di antara pantai-pantai di kawasan Asia Tenggara sekalipun. Berikut adalah 7 pantai terindah di Pulau Sumba.

 Pantai Walakiri Sumba Nusa Tenggara Timur

Pantai Walakiri terkenal keindahannya disaat matahari terbenam, dipingir pantai dipenuhi dengan pohon-pohon menari, letak pantai Walakiri berada di Sumba Timur. Pohon-pohon mangrove tumbuh tersebar di antara pesisir pantai menjorok ke laut diperairan pantai yang dangkal. Disaat senja mulai menurun pantai ini merupakan sebuah permata karena pemandangan yang akan didapatkan oleh penggunjung pantai, untuk menikmati moment dan suasana yang akan beda dengan pantai-pantai lain. Apabila pengujung ingin sekedar foto berdekatan dan memegang pohon mangrove harus menggunakan sandal atau alas kaki untuk menghindari, menginjak bintang-bintang laut yang cantik yang ada sekitar pantai.

 Pantai Tarimbang Sumba – Nusa Tenggara Timur

Pantai Tarimbang merupakan salah satu pantai yang terkenal dan populer yang terletak di pulau Sumba bagian Timur. Banyak pelancong menyebut pantai Tarimbang adalah pantai spektakuler. Pantai Tarimbang dapat diakses melewati padang rumput dan bukit-buktit berpohon atau sabana, beberapa desa dan jalan-jalan belum beraspal dan masih dipenuhi bebatuan. Air laut pantai Tarimbang seperti berlapis-lapis, dari biru muda, biru sedikit menua sampai biru pekat mewakili kedalaman laut yang biru. Pantai Tarimbang memiliki ombak yang tidak besar sehingga sangat cocok untuk berenang, terutama dicuaca yang cerah. Ini adalah salah satu yang sangat instagramable bagi  pelancong, dan seperti memiliki pantai sendiri karena belum begitu ramai oleh pelancong-pelancong seperti kawasan pantai di Bali.

 Pantai Nihiwatu Sumba – Nusa Tenggara Barat

Pantai Nihiwatu keindahanya tersohor seluruh dunia, dan banyak yang menyebutkan merupakan salah satu pantai terindah dan terbaik di wilayah Asia. Pantai Nihiwatu memiliki pasir yang bersih dan air laut yang masih jernih sekali dengan pantai yang landai dan dikelilingi oleh bukit-bukit yang begitu hijau disaat musim hujan. Di beberapa area pantai terdapat batu-batu besar yang membuat pantai Nihiwatu memiliki keunikan sendiri. Dan sejak berdirinya Resort Nihiwatu yang merupakan salah satu resort terbaik di Asia, sehingga dapat membawa terkenalnya pantai Nihiwatu ke seluruh dunia. Kegiatan yang biasa dilakukan di pantai Nihiwatu yaitu diving, snorkeling dan yang pasti merupakan surganya untuk peselancar dari berbagai negara.

 Pantai Mandorak Sumba – Nusa Tenggara Timur

Pantai Mandorak dipenuhi dengan terumbu karang, memiliki air laut yang biru dan pasir yang bak baru dicuci karena putih dan bersihnya. Pasir pantai Mandorak begitu lembut seperti lembutnya tepung. Pantai Mandorak merupakan pantai yang sangat sempurna terletak bersebelahan dengan tebing-tebing bebatuan yang tinggi, sehingga pengunjung bisa melihat panorama laut hingga jarak cakrawala yang sangat jauh di ujung laut. Saat Anda berkunjung ke pantai Mandorak, mungkin akan terbersit pertanyaan; apa yang dipikirkan Tuhan saat menciptakan keindahan pantai Mandorak? Mewakili kencantikan yang luar biasa!

 Pantai Mbawana Sumba - Nusa Tenggara Timur

Pantai Mbawana terletak di Sumba bagian Barat di bagian selatan pulau Sumba, merupakan sebuah teluk yang sangat indah, penduduk lokal biasa mengucapkan dengan nama pantai ‘Mawana’. Lokasi pantai terpencil dari perumahan penduduk, dikelilingi oleh hutan yang lebat dan jalanan masih berupa tanah dan dipenuhi dengan kerikil-kerikil kecil. Pasir yang begitu pucat dan air laut yang biru membuat pemandangan yang begitu sempurna dan sangat indah serta penuh misteri. Untuk penduduk lokal setempat pantai Mbawana merupakan tempat yang paling bagus untuk memancing ikan. Untuk menikmati pengalaman perpaduan sensasi yang begitu indah bak langit di cat warna keemasan, datanglah pada saat matahari mulai terbenam di ufuk barat, itu merupakan gold moment kalau kata anak jaman now.

 Pantai Lailiang Sumba – Nusa Tenggara Barat

Patai Lailiang terletak disebuah teluk di sepanjang garis pantai pulau Sumba. Pantai Lailiang memiliki pasir halus dan hangat mengikuti sinar matahari yang begitu berlimpah di pulau bagian Indonesia Timur Indonesia ini. Sepanjang mata memadang ke laut dari pingir pantai didominasi oleh air biru, dan pirus serta ombak yang bergelombang tiada henti bak sedang menari tiada henti mengikuti irama angin. Pengunjung yang ingin berlindung dari sinar matahari bisa berlindung dibawah pepohonan di pingir pantai. Pantai Lailiang memiliki sebutan yang populer dikalangan pelancong ‘Boci Beach’ karena rata-rata pelancong menikmati akan tidur siang di pingir pantai bak bayi yang sedang tidur.

 Pantai Managa Aba Sumba – Nusa Tenggara Timur

Pantai Managa Aba tertelak di bagian barat pulau Sumba, dan di bagian selatan menghadap laut Hindia. Air laut begitu menawan dengan warna biru yang mendalam memikat setiap mata memandang tidak terkecuali semua pengunjung pantai. Air pantai yang begitu tenang tiada riakan yang berarti, dipadu dengan hamparan pasir yang bak putih salju, serta kombinasi batu karang dipingir pantai. Pengalaman yang sempurna untuk berjalan dan berpetualang di sepanjang pantai serta sekedar berjemur!

@nilea

 

Leave a Comment