7 Tempat Makan Favorit di Bogor Untuk Keluarga yang Berkonsep Saung

Selain dikenal sebagai ‘Kota Hujan’, Bogor juga terkenal sebagai destinasi wisata kuliner yang melimpah ruah sehingga mudah untuk didatangi. Mulai dari di pinggir jalan hingga kafe, restoran elit, atau bahkan berkonsep saung, semua ada di Bogor. 

Pilihan tempat makan ala saung berkonsep keluarga merupakan pilihan yang tepat, selain bisa bersantap dengan nyaman, suasana alam terbuka tentunya akan membuat pikiran anda juga rileks dan cocok untuk liburan keluarga. Untuk anda yang masih bingung mencari tempat makan di Bogor yang cocok untuk didatangi bersama keluarga dan memiliki konsep natural ala saung alam, berikut kami berikan daftar rekomendasinya :

1. Rumah Air Bogor

Rumah AIr resto Bogor

(Sumber gambar: sayangi.com)

Di Rumah Air Bogor ini anda bisa merasakan Hasanan Tatar Sunda yang sesungguhnya. Udara yang segar berpadu dengan konsep saung bernuansa alam terbuka membuat resto ini nyaman untuk anda yang ingin menikmati waktu santai bersama keluarga. Menu utama yang paling diminati adalah Masakan Sunda, masakan nusantara yang lain pun juga disediakan dengan rasa original khas nusantara.

Hijaunya pemandangan membuat anda dan keluarga betah berlama – lama disini, terutama bagi anda yang hobi berfoto – foto, spot disini sangat fotogenik untuk dipakai berfoto – foto.

Banyak aktivitas yang bisa anda lakukan di Rumah Air ini, seperti outbond untuk dewasa, outbond untuk anak – anak, serta family gathering. Disini juga ada kolam pemancingan sehingga anda dan keluarga pun bisa menghabiskan waktu bersama.

Alamat: Jl. Raya Boulevard CBD, Bogor Selatan, Bogor

Jam buka : 11.00 – 21.00

 

2. De Saung HK Resto

De Saung HK Resto

(Sumber gambar: qraved)

De Saung HK Resto ini juga bisa anda jadikan tujuan untuk makan sekaligus bersantai bersama keluarga. Letaknya yang berada di bawah kaki Gunung Salak, membuat atmosfer udara nya sejuk, membuat anda pasti nyaman menghabiskan waktu disini. Memang untuk menuju kesini bisa terbilang tidak terlalu mulus karena medannya yang sebagian besar memang berupa tanjakan. Tetapi rasa lelah anda pasti akan segera tergantikn dengan pemandangan yang asri disini.

Untuk menu makanannya, tidak perlu diragukan lagi. Cita rasanya yang mantap dan lezat membuat anda pasti ingin kembali lagi kesini. Terutama menu ikan bakarnya yang sangat lezat.

Alamat: Jl. Taman Sari Ciapus, Bogor Selatan

Jam Buka: 10.00 – 22.00

 

3. Bukit Air Resto

Bukit Air Resto Bogor

(Sumber gambar: Google.maps.co.id)

Bukit Air Resto ini merupakan tempat makan keluarga yang berada di daerah Ciomas Bogor. Karena terletak di pinggiran kota Bogor, suasana pedesaannya pun sangat terasa. Apalagi dengan struktur bangunan yang hanya menggunakan bambu dengan atap alang-alang. Bangunan utama restoran dan dapur di Bukit Air ini cukup besar disertai dengan bangunan kecil berupa saung-saung yang dapat juga digunakan sebagai tempat untuk bersantap.

Bukit Air resto ini dikelilingi oleh sawah dan saluran irigasi yang menambah keasrian suasana. Yang unik adalah semua perlengkapan makannya adalah barang-barang jadul diantaranya seperti piring kaleng, mug dan gelas kaleng. Menu yang disajikan pun merupakan menu dalam bahasa sunda yang diplesetkan. Misalnya ada ‘emas butut pisan’ alias ‘ikan mas goreng’, ‘sangu butut ti laut’ alias ‘nasi goreng seafood’, ‘sop nila kelapa tingting’ alias ‘sup ikan nila kelapa muda’, ‘sangu tutug oncom’ alias nasi oncom, dan lain-lain.

Alamat: jalan Babakan Encle, Desa Sukaharja, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor

Jam Buka: 10.00 – 20.00

 

4. Desa Sawah Restoran and Villa

Desa Sawah Restoran n Villa Bogor

(Sumber gambar: blogspot.com)

Desa Sawah Restoran dan Villa ini sudah berdiri sejak 5 tahun. Dengan konsep resort yang mengambil area di tengah persawahan, menjadikan restoran ini tempat yang tepat untuk melepas lelah dan menikmati pemandangan alam.

Dengan saung saung yang tersebar di areal persawahan dan juga adanya kolam ikan, semakin membuat suasana santap anda semakin menyenangkan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan banyak aktifitas disini seperti melakukan outbond untuk perusahaan maupun untuk keluarga dan anak – anak. Anda tinggal memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Alamat : Desa Cinagara, Caringin, Bogor Utara, Jakarta

Jam Buka : 10.00 – 21.00

 

5. Kampung Wisata Rumah Joglo

Kampung Wisata Rumah Joglo

(Sumber gambar: blogspot.com)

Kampung Wisata Rumah Joglo ini menempati lahan seluas 2,9 hektar. Tempatnya berada di sekitar daerah Cinangneng Bogor. Disini anda akan melihat bangunan Joglo yang merupakan Cafe. Di belakangnya ada saung-saung joglo yang bisa di gunakan untuk makan bersama keluarga. Menu yang disediakan pun adalah masakan Indonesia. Hanya saja bumbu yang digunakan memakai racikan khas Rumah Joglo.

Sambal dabu – dabunya yang dimasak adalah ke khas an dari makanan disini. Berbeda dengan dabu-dabu asal Manado yang menggunakan sambal dari bahan mentah. Sedangkan gurame sambal mangga digunakan mangga muda mentah yang dicampur dengan saus kacang.

Selain bisa menikmati hidangan Indonesia yang khas, di sini kita juga bisa melihat kekhasan budaya Indonesia dari tatanan interiornya. Seperti celengan semar, klontongan sapi, bekas lampu dokar bahan radio jaman dahulu

Alamat: Jl. KH. Sholeh Iskandar No. 9, Tanah Sareal, Bogor

Jam Buka: 09.00 – 20.00

 

6. Gili – gili Bogor Restaurant

Gili gili restaurant Bogor

(Sumber gambar: tripadvisor)

Di restoran Gili – gili bogor ini anda bisa mencicipi makanan khas Sunda yang lezat dan menunya pun beragam. Lokasinya yang strategis membuat restoran sunda ini mudah untuk ditemukan. Tempat parkir yang luas dan juga restoran yang besar sangat nyaman untuk para pengunjung plus ada akses internet alias wifi gratis.

Dengan konsep restoran keluarga, sangat tepat sekali jika membawa keluarga anda makan disini. Di restoran ini anda bisa memilih mau duduk di kursi dengan meja biasa  atau ingin berlesehan ria dibawah. Ada pula lesehan saung untuk lebih santainya lagi. Nuansa khas Sunda sangat terasa di restoran ini karena adanya lukisan, patung dan juga ukiran – ukiran tradisional.

Banyaknya pepohonan membuat suasananya sejuk ditambah adanya kolam ikan membuat Gili – Gili semakin nyaman. Tidak hanya itu, ada panggung kecil yang biasa digunakan untuk pertunjukan musik live. Meskipun pengunjung selalu ramai, tapi karena memang tempatnya luas jadi tak terasa sempit. Semua bangku dan meja yang disediakan terasa nyaman karena adanya bantal – bantal kecil yang disediakan di setiap tempat duduk (bangku ataupun lesehan).

Alamat: Jl. Raya Pajajaran no. 69 Bogor, 0251 – 8340 – 111

Jam Buka: 10.00 – 21.00

 

7. Gurih 7 Bogor Restaurant

Gurih 7 Restaurant Bogor

(Sumber gambar: Restoran Gurih7)

Ini dia salah satu tempat makan yang terkenal karena keindahan pemandangannya di Bogor, Restoran Gurih 7. Didukung oleh suasana alami yang dirancang sedemikian rupa untuk memanjakan para pengunjungnya seperti layaknya suasana alam pedesaan. Kolam ikan, air terjun, rimbunan bambu dan saung-saung bambu khas Desa Sunda akan anda temui di restoran ini.

Nuansa alam tersebut tentunya akan menambah suasana asri makan anda dengan keluarga. Restoran ini juga terkenal dengan masakan Sundanya dengan bumbu spesial yang khas dan nikmat. Terdapat lebih dari 100 menu yang bisa anda pilih. Menu yang paling istimewa adalah Gurame dan Ayam Bakakak. Tidak hanya masakan sunda, namun ada pula seafood dan oleh oleh khas Bogor seperti aneka kue dengan bahan talas Bogor.

Alamat: Jl. Pajajaran No. 102, Bogor, Jawa Barat

Jam Buka: 08.00 – 21.00

***

Itulah tadi 7 tempat makan di Bogor terbaik berkonsep Saung yang cocok untuk menjadi referensi terbaik bagi Anda bersama keluarga yang akan menghabiskan liburan panjang akhir pekan nanti di Bogor.. Suasana yang terbuka tidak hanya akan membuat pikiran anda rileks, namun semakin menambah suasana keakraban keluarga anda.


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply