7 Warung Soto Betawi Paling Maknyus Di Jakarta

Salah satu kuliner khas ibukota yang paling banyak diburu adalah soto Betawi. Makanan berkuah ini sudah menggugah selera sejak kita melihat tampilannya. Kuah bersantan dengan daging dan jeroan mampu membuat kita menelan ludah saking menggiurkannya. Rasa gurihnya seolah tetap tersimpan di lidah dan membuat kita ingin kembali memakannya esok hari. Jakarta memiliki banyak warung makan dengan menu soto. Hampir semuanya memiliki keunikan sendiri. Berikut ini adalah beberapa warung soto betawi yang menjadi favorit para penikmat kuliner.

1. Soto Betawi H. Ma'ruf

Source : viva.co

Soto Betawi H. Ma'ruf merupakan soto betawi tertua di Jakarta. konon soto ini sudah berdiri sejak tahun 1940-an. Benar-benar legendaris yang patut dibanggakan oleh warga Betawi. Keistimewaan di warung H. Ma’ruf adalah paru gorengnya tetap garing meski sudah bersatu kembali dengan kuah soto dan dipadukan dengan daging dan jeroan sapi yang legit.

Dari rasanya yang sudah khas, ditambah pula suasana ruangan yang benar-benar ethnic. Membuat nama Soto Betawi H. Ma'ruf terkenal sekeliling Jakarta  sampai  digemari para pejabat, artis, maupun public figure. Harga seporsi sangat terjangkau, yaitu sebesar Rp 26 ribu dan harga itu sangat setimpal untuk pengalaman yang akan kamu rasakan.

Alamat :
Komplek Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya No. 73
Cikini, Menteng, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
 Buka : 09.00 - 20.30 WIB
 

2. Soto Betawi H. Husein


Source : liputan6.com

Meski tempatnya jauh dari kesan mewah, Soto Betawi H. Husein selalu bisa menarik para pelanggan dari berbagai daerah. Alasannya, Soto Betawi H. Husein punya cita rasa yang sangat berbeda. Bumbunya yang kuat membuat kuahnya begitu lezat. Warna kuah yang kuning kemerahan pun membuat selera makan langsung bertambah.

Di dalam soto itu akan menemukan potongan paru, babat, daging, serta lidah sapi. Sebetulnya, juga bisa request isian mana yang kamu suka untuk ditambahkan dalam sotomu. Kalau anda ingin menikmati dengan tenang, usahakan jangan datang saat jam makan siang. Alasannya, saat itu soto ini selalu ramai oleh pengunjung, sehingga pasti mengantre. Jam 10 pagi atau waktu Sore dan Maghrib adalah saat yang tepat mencicipi soto Betawi H. Husein. Harga yang ditawarkan sekitar Rp 30.000/porsi sudah termasuk nasi.

Jl. Padang Panjang No 6B - 6C, Manggarai
Jakarta Selatan
Buka : 08.00 - 18.00 WIB

3. Soto Betawi H. Mamat

 Source : http://2.bp.blogspot.com/

Rahasia kenikmatan soto betawi H. Mamat terdapat pada dagingnya yang empuk dengan perpaduan kuah yang begitu gurih. Apalagi jika ditambah dengan perkedel, kerupuk dan nasi panas, kenikmatan makin terasa sampai ke ujung lidah.  

Maka dari itu, disarankan datang agak pagi sekitar jam 9 karena kalau datang saat makan siang, tentunya akan berebut jatah dengan pelanggan lain dan bisa kemungkinan tidak mendapat jatah karena kehabisan. Namun, itu biasanya pada waktu weekend. Harga yang ditawarkan sejumlah Rp 30.000/porsi sudah termasuk nasi.

Alamat :
Jalan Gading Serpong Boulevard, Kelapa Dua
Tangerang, Banten
Buka : 00.00 - 20.00 WIB

4. Soto Roxy H. Darwasa

 Source : http://40.media.tumblr.com/ 

Soto Roxy H.Darwasa mulai dirintis sejak tahun 1950-an. Seperti banyak restoran di Indonesia yang (ingin dianggap) maju, di tempat ini akan menemukan banyak foto artis plus pejabat yang pernah makan Soto Roxy H.Darwasa terpampang di dinding karena sudah terkenal dan ternama.

Salah satu yang istimewa dari soto ini adalah daging gorengnya yang menjadi incaran para pelanggan karena renyah dan gurih. Jika datang terlalu malam, maka bisa jadi akan kehabisan menu daging goreng ini. Namun masih banyak alternatif selain daging goreng, yaitu babat, sengkel, kikil, paru, urat, dan sebagainya. Kamu bisa memilih sesuai selera. Penyajian di tempat makan soto ini lumayan unik. Jika sebagian besar warung menyajikan soto dalam mangkuk, Soto Roxy H. Dawarsa memilih wadah piring. 

Alamat :
Jl. Tidore No. 2, Roxy
Jakarta Pusat
Buka : 07.00 - 14.00 WIB

5. Soto Betawi di Kafe Betawi 

 Source : klik-eat.com

Pluit Village punya satu rumah makan yang menyediakan menu masakan Betawi. Tentunya soto Betawi juga ada dan tidak kalah rasanya dengan soto warung-warung soto lainnya. Tempat makan ini bernama Kafe Betawi, satu tempat yang terbilang cukup elegant. Biasanya yang makan di sini juga para kaum urban yang ingin mencicipi soto Betawi.

Tiap mangkuk punya porsi yang cukup banyak. Dalam satu porsi bisa mendapat banyak daging, babat, paru, dan kikil. Sebagai pelengkapnya, di tiap meja disediakan sambal, kecap manis, dan acar. Harga yang ditawarkan seebsar Rp 50.000/porsi, terdapat banyak cabang yang tersebar diperti di Kota Kasablanka, Pacific Place, dan lainnya.

6. Soto Betawi Mas Hari

Source : viva.co

Banyak warung makan hanya memanfaatkan teras rumah tinggal tapi ramainya tak kalah dengan restoran bonafide. Kesan seperti itu bisa dapat dirasakan dari warung makan Soto Jakarta Mas Hari yang berada di kawasan Cempaka Putih, Jakarta. Menu yang disajikan adalah soto, tongseng, dan beberapa masakan lainnya.

Hidangan terfavorit di tempat ini bernama Soto Jakarta (yang isinya juga soto Betawi). Isi sotonya bisa dipilih, mau daging saja, atau kombinasi daging dan jeroan. Menu paling favorit yang dimiliki tempat ini. Harga yang ditawarkan sebesar Rp 30.000/porsi.

Alamat :
Jl. Cempaka Putih Timur Raya No. 37
Jakarta Pusat
Buka :09.00 - 18.00 WIB

7. Soto Jakarta Pak H. Yus

Source : foody.id

Warung soto yang satu ini juga tidak boleh dilewatkan. Soto Jakarta Pak H. Yus paling terkenal dengan kuahnya yang bikin super ketagihan.  Konon warung soto ini sudah berdiri sejak tahun 1973. Ada berbagai menu soto Betawi yang disuguhkan yaitu soto kikil, soto daging sapi, soto tulang muda, soto daging kepala, soto lidah, soto paru iso, soto babat, ataupun soto ginjal dan jantung.

Soto Jakarta Pak H. Yus dikenal sebagai tempat soto betawi paling lengkap. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, sama-sama sekitar Rp 30.000 - Rp 40.000/porsi sudah termasuk nasi. Soto Jakarta Pak H. Yus juga memiliki tempat yang enak dengan parkiran yang cukup luas.

JAlamat :
alan Minangkabau No. 40, Setiabudi
Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply