8 Tempat Wisata Murah dan Gratis di Bali (part 1)

Bagi kamu yang sedang bertanya-tanya adakah wisata gratis di Bali? Jawabannya ada!  Berkunjung ke Bali juga tidak harus mengeluarkan banyak uang. Kamu bisa menikmati beberapa tempat wisata dengan pengeluaran yang tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam. Maka dari itu banyak wisatawan menjadikan Bali sebagai destinasi favorit saat liburan karena selain indah juga murah.

Nah, ada 8 kegiatan yang bisa kamu lakukan di Bali tentunya gratis dan murah! Simak ya.

1. Merasakan Semburat Air di Nusa Dua Bali

Bertemunya ombak pantai yang mengahajar karang sehingga menimbulkan semburat atau cipratan yang deras itulah yang menjadi momen. suara deburan ombak yang seolah menandakan semburan air yang dinantikan tersebut, muncrat tinggi dari arah laut biru. Kamu bisa langsung merasakan dan mengabadikannya dengan berfoto di depannya sehingga menghasilkan foto yang epic.

Meskipun berada di antara hotel-hotel yang mewah, fenomena ini bisa kamu rasakan tanpa dipungut biaya sepersenpun.

Alamat:  Pantai Nusa Dua, Semenanjung Nusa dua, Badung, Bali

Cara menuju kesana:  Berlokasi dekat hotel Grand Hyatt, cari ladang rumput yang luas, ikuti jalan setapak menuju pintu masuk area waterblow.

2. Jalan Jalan Sehat di Bukit Campuhan

Hamparan rumput ilalang disepanjang trek menuju Bukit Campuhan adalah sajian awal untuk menemani perjalananmu. Waktu yang tepat untuk menikmatinya adalah pagi hari sebelum matahari terbit. agar tidak tersengat cahaya matahari jika berangkat pada siang hari.

Tempat ini juga kerap disebut dengan Sunset Hill atau Bukit Matahari Terbenam. Saat sore hari, menjelang matahari terbenam, tempat ini menawarkan pemandangan senja yang tak kalah indah dari di pantai. Tak hanya menikmati suasana alam, pengunjung yang datang memiliki aktivitasnya masing-masing. Mulai dari jogging, bersepeda, piknik, hingga foto pra wedding bisa dilakukan di Bukit Campuhan.

Tidak ada biaya tiket yang diberlakukan untuk masuk ke kawasan ini. Hanya bagi pengendara motor, dikenakan biaya Rp 2.000 per motor.

Hanya saja, jika pembaca ingin masuk ke kawasan wisata Monkey Forest Ubud, akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 40.000 / orang.

Dan Di bukit Campuhan Ubud disediakan sarana penyewaan sepeda, harga sewa sepeda di bukit Campuhan Ubud sekitar Rp 15.000 / 1 sepeda.

Alamat: Jalan Campuhan, Desa Ubud, Kabupaten Gianyar

Cara menuju kesana: Sebelum sampai ke Jembatan Campuhan, ambil jalan setapak di sebelah kanan yang menuju ke Pura Gunung Lebah dan teruskan perjalanan sampai kamu melihat jalan beraspal. Ikutilah jalan tersebut dan disanalah perjalananmu dimulai.

3. Menyaksikan Sunrise di Pantai Sanur


sumber foto: pegipegi

Kawasan Pantai Sanur terkenal dengan sebutan “Morning in The World”, banyak yang mengakui bahwa Pantai Sanur adalah spot pilihan terbaik dalam menikmati matahari terbit di Bali. Maka tak heran jika para fotografer sudah mulai menanti sejak pukul 06.00 WITA untuk menangkap momen matahari yang seolah-olah timbul dari dasar laut.

Tidak hanya menikmati sunrise, kamu juga bisa berlarian di hamparan pasir putih yang membentang di bibir pantai, surfing menikmati ombak yang berlarian, atau sekedar duduk menikmati para surfer berkejar-kejaran dengan ombaknya juga menyenangkan.

Cukup dengan membayar tiket parkir kendaraan, yakni Rp 2.000 per motor dan Rp 4 ribu per mobil, pengunjung bisa menikmati suasana dan panorama alam pesisir dengan ombak yang cukup tenang sini.

Alamat dan cara menuju kesana: Terletak di timur pusat kota denpasar yang hanya butuh waktu 10 menit untuk mencapainya memang sebagian besar pengunjung pantai adalah wisatawan lokal karena letaknya dekat dengan pusat kota serta mudah dijangkau. 

4. Menikmati Fenomena Cantik Pantai Rusak – Pasih Uwug

Pasih Uwug terluhat seperti Uluwatu, kamu bisa menikmati tebing-tebing yang seolah rusak dihantam ombak. Sebuah pemandangan yang eksotis dan memukau. Kamu juga bisa menyeberangi jembatan batu karang di atas laut ini,jika kamu berani mencobanya.

Tidak hanya itu, jika kamu sedang beruntung, pada bulan Juli – Agustus kamu akan melihat dari atas tebing sekolompok kawanan ikan pari mata bahkan penyu yang berenang bebas di tengah laut seolah-olah mereka ikut menyapa kita untuk ikut menyelam bersama dilaut. Untuk menikmatinya gratis tanpa biaya.

Alamat dan cara menuju kesana: Terletak di  Jalan Batu Nunggul, Nusa Penida. Kamu perlu akses menuju Nusa Penida dapat ditempuh dengan menggunakan speedboat lewat Sanur. Tiketnya berkisar antara Rp. 75.000,- Rp. 90.000,- tergantung ukuran kapal dengan waktu tempuh antara 45 menit – 1 jam. Ada beberapa kali penyeberangan dari Pantai Sanur menuju Nusa Penida, namun penyeberangan berakhir pukul 10.00 WITA

5. Berkontemplasi Bersama Alam dan Mandi di Air Sungai yang Jernih di Jatiluwih Tabanan



sumber foto: google image

Suasana pedesaan benar-benar alami dan damai, dapat kamu rasakan di objek wisata Jatiluwih Bali. Hamparan pemandangan terasering sawah terbesar yang hijau, terutama pada sore hari saat matahari terbenam.

Selain pemandangan sawah berteras, anda juga dapat menikmati pemandangan sungai, pura, atau rumah-rumah penduduk yang masih sederhana. Rasanya tak lengkap jika hanya memandanginya saja, silahkan mandi di sungai Jatiluwih yang masih jernih dan terbebas dari polusi, nikmatnya tak akan kamu temukan bila berada di perkotaan. Tenang saja, gratis!

Alamat dan cara menuju kesana: Desa Jatiluwih tepatnya berada di kecamatan Penebel, kabupaten Tabanan. sekitar 20 km di sebelah utara kota Tabanan atau berjarak sekitar 38 km dari kota Denpasar. Untuk mencapai kawasan ini harus melalui ruas jalan yang sempit dan menanjak.

6. Melihat Sunset yang Berbeda di Pantai Kelan

Memilih untuk nongkrong di pantai Kelan, bukan karena pemandangan sunset saja, namun karena ingin melihat pesawat terbang dari dekat saat landing dan take off disertai gemuruh suara yang menggelegar, dengan backround pemandangan sunset, menjadi daya tarik utama dari pantai Kelan. 

Pantai Kelan memiliki garis pantai yang sejajar dengan pantai di Kedonganan dan pantai Jimbaran, jadi tekstur pasir putih pantai dan ombak, sangat mirip dengan pantai Jimbaran. Tentunya di Pantai Kelan ini tidak ada tariff yang dipatok, sehingga kamu bisa mengajak teman atau saudaramu untuk bersantai menikmati sunset yang berbeda di Bali ini.

Alamat dan cara menuju kesana: Lokasi pantai Kelan sangat berdekatan dengan Bandara Ngurah Rai, sehingga tidak sulit menemukannya bagi kamu yang tertarik melihat pesawat terbang berada di langit dengan background pemandangan sunset.

7. Mendayung Perahu Tradisional di Danau Temblingan


sumber foto: toliqfoto2.blogspot

Lokasi Danau Tamblingan yang terletak di dataran tinggi tepatnya di sebelah utara lereng Gunung Lesung membuat danau ini memiliki panorama yang aduhai serta berhawa sejuk.

Selain menikmati hawa dan panorama, kegiatan lain yang bisa kamu lakukan disana adalah berjalan kaki melewati hutan hujan yang kaya akan flora dan fauna. Kamu juga bisa menyewa perahu untuk memancing atau sekedar untuk menyusuri danau yang indah ini.

Istimewanya lagi kamu tidak akan menemukan perahu yang menggunakan mesin. Yang ada hanya perahu traditional yang digerakkan dengan dayung. Seru bukan?

Keindahan alami pemandangan danau Tamblingan, udara sejuk pegunungan, serta tidak adanya biaya tiket masuk. Membuat destinasi danau Tamblingan, salah satu tempat untuk aktivitas menikmati pemandangan danau yang wajib dikunjungi untuk liburan murah di Bali.

Waktu terbaik berkunjung untuk dapat melihat keindahan pemandangan danau Tamblingan adalah di pagi hari sebelum matahari terbit.

Tarif parkir dikenai harga sebesar Rp 5.000/mobil dan setiap wisatawan dikenai tarif masuk Rp7.000/orang. Dengan harga segitu masih keberatan untuk mengunjunginya?

Alamat dan cara menuju kesana: Terletak di Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Buleleng, Bali. Jika kamu berangkat dari Bandara Ngurah Rai akan menempuh jarak sekitar 75 km. Dari jalur Denpasar – Singaraja, setelah jalanan mulai menanjak ke ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut, berbeloklah ke kiri tepat di Desa Pancasari. Lanjutkan perjalanan ke jurusan barat, melewati Desa Wanagiri dan Munduk. Sepanjang rute tersebut, sesekali wajah Danau Tamblingan kelihatan.

8. Berkemah di Taman Rahasia Bukit Asah Bugbug


sumber: suara

Bagi kamu penikmat alam bebas, dan senang dengan pemandangan laut yang jauh tepat di depan mata maka bukit ini wajib masuk ke dalam list liburan kamu. Suasananya masih sepi karena belum diketahui oleh banyak khalayak ramai. Kesempatan terbaik kamu untuk menyepi dari hingar bingar perkotaan.

Hanya dengan membayar tiket masuk Rp 2.000, harga yang terbilang murah dengan pemandangan seperti itu.

Alamat: Bukit Asah Sengkidu, Maggis, Kab Karangasem 80811, Indonesia

Cara menuju kesana: Total waktu tempuh dari kota Denpasar 2 jam. Setelah tiba di desa Bugbug, jalan menuruni bukit dari Pura Tegal Wangi.

(rdw)

Artikel lainnya:

1. Tempat Wisata Bali yang Percantik Instagrammu

2. 8 Tempat Tersembunyi di Bali yang Jarang Diketahui Orang

3. Mengagumkan 9 Tarian Bali Dipatenkan UNESCO


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply