9 Oleh-Oleh Makanan Khas Semarang Yang Paling Terkenal

Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki makanan khas tradisional masing-masing. Apalagi ketika musim lebaran atau liburan sekolah tiba, biasanya selalu hadir oleh-oleh berupa makanan untuk dibagikan kepada tetangga, sanak saudara, dan kerabat dekat guna mempererat tali silaturahmi.

Nah, jika anda sedang mudik, liburan atau bisnis trip ke Semarang berikut ini beberapa makanan khas Semarang  yang paling terkenal, hayo bisa nebak apa saja oleh-olehnya?

1. Lumpia Semarang

Merupakan jenis makanan yang sudah terkenal sebagai oleh-oleh khas Semarang, terbuat dari kulit lumpia, rebung khas Semarang, telur, dan ayam, dengan berbagai inovasi baru banyak juga terlahir varian baru selain ayam, kambing, keju, dan yang lainnya. Biasa disajikan dengan daun dan umbi bawang merah muda serta acar timun, serta soas khas untuk Lumpia Semarang.

Lumpia Semarang bisa disajikan dengan cara digoreng  dengan rasa renyah, atau basah karena tidak suka gorengan, apapun pilihan penyajiannya tidak mengurangi cita rasa khas Lumpia Semarang. Rata-rata yang banyak dijual adalah yang harganya berkisar antara Rp. 9.000,- hingga Rp. 14.000,- meski ada pula Lumpia Semarang yang sudah Legendaris yang dijual sampai harga Rp. 15.000,- perbuah.

2. Bandeng Presto Juwana

Bandeng Presto Juwana, merupakan olahan dari Ikan Bandeng yang diolah secara presto sehingga tulang dan duri-duri Bandeng menjadi lunak, dengan diberi sedikit bumbu termasuk garam secukupnya. Dengan  pilihan Bandeng yang begitu terkenal dari Juwana menurut penikmat Ikan Bandeng. Bandeng Presto Juwana juaranya, karena tidak memiliki bau lumpur, itu juga yang membuat cita rasa Bandeng Presto Juwana begitu khas dan enak. Untuk harga berkisar sekitar Rp. 4.000,- hingga mencapai Rp 15.000,- tergantung dari ukurannya.

3. Wingko Babad

Wingko Babat Semarang ini terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan kelapa muda dan gula kemudian dipanggang dengan berbentuk bulat. Apalagi ketika kita memakan Wingko Babat, yang pertama kali dirasakan di gigitan pertamanya adalah rasa kelapanya, tidak terasa tepungnya. Karena makanan tersebut sangat mudah ditemukan di Semarang. Dengan rasa manis dan juga rasa kelapanya ini, sehingga menjadi Wingko Babat merupakan salah satu oleh-oleh favorit yang selalu dibawa.

Untuk dijadikan oleh-oleh, anda bisa bisa mendapatkannya di sepanjang Jl. Pandanaran Solo atau langsung di area kota lama Semarang. Wingko Babat ini bisa dibeli dengan harga Rp 3.000,- untuk Wingko Babat original sampai dengan Rp. 4.000,- untuk rasa-rasa yang lainnya, ada rasa Nangka, Keju dan rasa Durian.

4. Moaci Gemini

Kue Moaci Gemini khas Semarang ini terbuat dari tempung ketan, tepung beras, santan kelapa, vanilla, wijen, kacang tanah dan gula merah. Dengan bentuknya yang khas yaitu bulat mini dan bertabur wijen, kalau di gigit uhh lembut banget, dalamnya berisi kacang yang ditumbuk kasar. Dengan masa kekinian, banyak varian yang dimodifikasi akan tetapi yang isinya kacanglah yang tetap paling terkenal.  

Kue Moaci Gemini ini sangat cocok dikonsumsi dengan teh atau kopi hangat disaat anda sedang bersantai. Moaci Gemini saat ini dijual dengan berbagai ukuran, harga dengan isi 25 biji seharga Rp. 44.000,-

5. Tahu Petis

Tahu petis Semarang terbuat dari tahu goreng yang khas untuk tahu petis seperti tahu pong, tetapi beda dengan tahu pong Sumedang, berisi dengan olehan petis disajikan dengan cabe rawit. Tahu petis paling cocok dimakan sebagai makanan sela atau camilan disaat santai, apalagi sambil nonton TV. Untuk harga tahu petis sektitar Rp. 1.500, untuk harga satuan tahu petis Semarang.

6. Roti Gandjelrel

Roti Genjal Rel diolah dari olahan bahan Roti berwarna coklat, dari bahan coklat dan gula jawa, cengkeh, dan citarasa menjadi komplit dengan ditambah kayu manis dan wijen. Teksturnya ulet dan padat dipadu dengan aroma coklat dan kayu manis yang nendang dilidah.

Roti Ganjel Rel dengan ukuran 10×30 cm dijual dengan harga Rp. 24.000,- sedangkan untuk ukuran yang lebih besar 24×24 cm dibanderol dengan harga Rp. 37.000,-

7. Enting-Enting

Enting-enting diolah dari bahan jahe, gula jawa dan kacang tanah, dan juga ada pilihan kacang tanah diganti mete. Dengan citarasa jahe dan manisnya paling cocok untuk makan ditemenin teh hangat atau kopi hangat. Enting Enting dijual dengan harga kisaran Rp. 35.000,-

8. Tumpi

Snack sejenik peyek yang diolah dari tempung beras dan kacang hijau snack khas Ungaran-Semarang ini cocok untuk temen nonton TV, ngobrol santai ditemani kopi, dan bisa didapatkan di area oleh-oleh Pandanaran – Semarang. Sangat cocok sebagai oleh-oleh untuk melepas kangen makanan leluhur kita yang tidak lekang dimakan waktu.

9. Sarang Madu

Bahan yang digunakan untuk membuat serundeng ternyata tidak hanya buah kelapa yang diparut, tetapi bisa juga terbuat dari bahan daging. Serundeng yang terbuat dari daging ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan abon meskipun keduanya berbeda dan rasa gurih pada serundeng dapat membuat digemari oleh semua orang.

@nilea


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply