9 Oleh - Oleh Makanan Khas Solo Yang Paling Terkenal

Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki makanan khas tradisionalnya masing-masing. Apalagi ketika musim lebaran tiba, biasanya selalu hadir oleh-oleh berupa makanan untuk dibagikan kepada tetangga, sanak saudara, dan kerabat dekat guna mempererat tali silaturahmi.

Nah, jika anda sedang mudik ke Solo berikut ini beberapa makanan khas Solo yang paling terkenal, hayo bisa nebak apa saja oleh-olehnya?

1. Intip

Merupakan jenis makanan yang sudah terkenal sebagai oleh-oleh khas Solo, terbuat dari kerak nasi yang melekat pada panci, kemudian kerak nasi itu dijemur dahulu di terik panas matahari, dan setelah kering barulah digoreng menggunakan minyak panas.

Nasi intip ini rasanya gurih asin dan renyah, dan ada juga yang dituang dengan caramel gula jawa menambah cita rasa manis di dalamnya. Untuk mendapatkannya sangat mudah karena banyak dijual di sentral penjualan oleh-oleh Solo.

Rata-rata yang banyak dijual adalah yang harganya berkisar antara Rp.5.000 hingga Rp.10.000, meski ada pula toko oleh-oleh yang menjual sampai Rp.15.000 rupiah.

2. Ampyang

Ampyang nama lain dari Gula Kacang ini adalah salah satu makanan tradisional dengan komposisi kacang, gula merah, dan jahe. Dengan campuran bahan tersebut tentunya membuat ampyang memiliki rasa yang manis dan legit. Untuk harga berkisar sekitar Rp 4.000 hingga Rp 15.000, tergantung dari ukurannya.

3. Surabi

Kue Serabi solo ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan digoreng di atas arang mirip pannekoek atau pannenkoek. Biasa juga diberi taburan berupa potongan pisang, nangka atau bahkan meses dan keju bila suka. 

Bentuk Serabi Solo menyerupai pancake atau serabi biasa sama-sama bulat dan sedikit cekung, hanya saja kalau Serabi Solo bentuknya lebih tipis dan pinggirnya ada tepung tipis kering yang mnyerupai kulit kayu. Rasadari Serabi Solo jelas manis gurih dan sangat lembut. 

Untuk dijadikan oleh-oleh anda bisa  bisa mendapatkannya di Jl Mohammad Yamin No 28, Solo. Serabi ini sudah ada sejak tahun 1920-an. Harga sangat terjangkau dengan Rp 1.800 untuk kue serabi polos. Namun, dan kue serabi coklat seharga Rp 2.000. 

3. Roti Kecik Ganep

Roti Kecik Ganep adalah roti yang diolah menggunakan tepung ketan. Rasa Roti Kecik Ganep ini manis dan gurih, bisa bertahan lama sehingga cocok sekali untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

 

Roti Kecik Ganep ini sangat cocok dikonsumsi dengan teh hangat saat anda sedang bersantai. Roti kecik saat ini dijual dengan berbagai ukuran kemasan, mulai 45 gram hingga yang terbesar 600 gram. Untuk harga, kisaran harga dari Rp 5.000 hingga Rp 57.000.

4. Abon Mesran Solo

Abon Mesran Solo terbuat dari olahan daging ayam atau daging sapi dengan rasa cenderung manis. Enak dimakan dengan nasi hangat atau saat makan nasi goreng. Untuk harga sektitar Rp 35.000 untuk satu bungkus Abon.

5. Rambak Petis

Rambak adalah makanan khas dari kulit sapi atau kerbau yang digoreng kering. Rasanya gurih apalagi bila dimakan bersama petis akan tercampur sensasi rasa gurih dan pedas. Jika berminat silahkan datang ke berproduksi di Kampung Jagalan, RT 01/11, Jebres, Solo.

 

Untuk harga Rp128.000 per kg untuk rambak tanpa petis dan Rp132.000 per kg untuk rambak dengan petis. Bagi yang membeli sekedar untuk oleh-oleh dengan jumlah kecil, tersedia rambak 50 gram dengan harga Rp6.400 dan ditambah Rp1000 jika memakai petis.

6. Brem Solo

Terbuat dari olahan peragian air tape, istimewanya makanan ini adalah kepingan yang padat, rasanya yang masam, dingin, dan lumer di mulut. Sangat mudah berjumpa dengan penjual brem di setiap sudut kota Solo.

7. Klengkam

Sebutan untuk kering kentang yang diberi rempah-rempah sehingga memiliki rasa yang begitu nikmat ketika disajikan sebagai pelengkap makan. Sangat mudah di temukan di pusat oleh – oleh Solo.

8. Serbat Jahe

Minuman olahan jahe dan rempah – rempah tradisional kota Solo, yang menarik anda tidak harus membelinya dalam bentuk siap minum melainkan tablet. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh – oleh dan pas untuk disajikan ketika cuaca dingin untuk menghangatkan tubuh.

9. Srundeng

Bahan yang digunakan untuk membuat serundeng ternyata tidak hanya buah kelapa yang diparut, tetapi bisa juga terbuat dari bahan daging. Serundeng yang terbuat dari daging ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan abon meskipun keduanya berbeda dan rasa gurih pada serundeng dapat membuat digemari oleh semua orang. (rdw)


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply