9 Tempat Wisata Wonosobo Terbaru Yang Lagi Hits



9 Tempat wisata wonosobo terbaru yang lagi hits. Wonosobo merupakan kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, dan terkenal akan destinasi wisata yang indah dan alami. Seperti halnya pantai yang identik dengan sunrise dan sunset, serta air terjun dan sungai sebagai penyegar di tengah panasnya sinar matahari yang menyengat. Wisata Wonosobo Terbaru yang semacam ini sekarang sedang banyak digandrungi oleh para pecinta alam. Beberapa selebritis juga sudah membuktikan keindahan yang terpancar dari Kota yang satu ini.

Bagi anda yang hendak datang dan ingin menikmati keindahan Kota Wonosobo seperti para selebritis. Maka anda harus simak artikel yang berikut ini. karena disini ada beberapa pilihan tempat Wisata Wonosobo Terbaru. Bagi yang belum tau apa saja, yuk simak paparan yang berikut ini. Bagi yang masih bingung apa saja wisata wonosobo terbaru, anda harus baca artikel yang berikut ini :

1. Gunung Prau

Gunung Prau Wonosobo

photo by @pemudafm

Gunung prau adalah pilihan tepat bagi anda yang menyukai keindahan khas pegunungan. Wisata ini memiliki ciri perbukitan yang berjejer dengan puncak perahu. Jika anda datang di musim penghujan akan membuat wisata ini lebih menarik. Karena pada saat musim penghujan sekeliling bukit akan di penuhi dengan dengan putihnya awan. Hingga banyak yang bilang wisata ini layaknya wisata negeri di atas awan.
Banyak para wisatawan yang menunggu-nunggu antara terbit dan tenggelamnya sinar matahari di antara bukit. Malam lebih menarik lagi dengan sinar bintang di antara gelapnya langit menambah suasana romantis semakin kental terasa.

2. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir Wonosobo

Kesan awalnya memang tampak seperti bukit biasa. Namun jika anda telisik lebih jauh baru terlihat keindahan yang tiada tara pada wisata yang satu ini. Banyak wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara yang sudah mengakuinya. Bukit Sikunir juga dikenal dengan penampakan matahari terbaik seasia tenggara. Dari tempat ini anda dapat menyaksikan pemandangan puncak gunung lainnya seperti Gunung Slamet, Gunung Sindoro, Gunung Pakuwaja dan lainnya. Ditambah dengan kerlip lampu penduduk desa jika malam menjelang.

3. Telaga Warna

Telaga Warna Wonosobo

Telaga warna merupakan telaga terluas yang terletak di dataran tinggi yang mempunyai ukuran 3 kali lapangan sepak bola. Di sekeliling telaga terdapat bukit-bukit yang yang menjulang tinggi menambah keunikan telaga ini. wisata ini merupakan danau vulkanik yang berisikan campuran belerang yang akan memantulkan cahaya jika terkena sinar matahari. Warna yang dipantulkan biasanya biru dan kuning dan terkadang hijau dan kuning. Bahkan jika anda beruntung, anda dapat menyaksikan pantulan warna menyerupai warna pelangi.

4. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang Wonosobo

Kawah Sikidang merupakan sebuah kawah yang sekelilingnya terdapat batuan belerang yang mengeluarkan asap dan disertai dengan munculnya api berwarna kelabu. Ditempat ini tercium bau yang menyengat dikarenakan kandungan belerangnya yang tinggi. Maka dari itu jika kalian hendak berkunjung kemari harus sedia masker untuk melindungi pernapasan anda.
Masyarakat sekitar menamai kawah ini dengan sebutan kawah kidang itu ada alasannya. Di area kawah ini terdapat lubang fomarola yang lumayan banyak dan menyebar di seluruh area utama. Letaknya juga berpindah pindah. Karena itulah namanya di samakan dengan nama kidang yang berarti rusa yang selalu melompat untuk pindah tempat.

5. Dieng Plateau Theater

Dieng Plateau Teather

Wisata yang satu ini menyuguhkan sebuah film dokumenter yang bercerita tentang awal terbentuknya Dieng beserta dengan gunung gunung di sekitarnya. Gedug teater ini memiliki kapasitas sekitar 100 orang dalam sekali pertunjukan. Film akan diputar berulang kali dari mulai pagi sampai sore. Jadi anda tidak perlu khawatir jika tertinggal beberapa menit dari penayangan film. Anda hanya perlu menunggu sekitar 15 menit kemudian anda dapat menonton film dokumenter tentang awal terbentuknya dieng.

6. Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan

Batu Ratapan Angin memiliki julukan lain yakni Batu Pandang Dieng atau Batu Pandang Telaga Warna. Objek yang satu ini berupa tumpukan dua buah bebatuan di atas bukit telaga warna dieng. Disekitar tumpukan batu terdapat pepohonan yang mengelilinginya yang menghasilkan berbagai bebunyian. Bunyi bunyian tersebut berasal dari angin yang berhembus menuju pepohonan dan ranting-ranting. Konon karena inilah wisata ini dinamai dengan Batu Ratapan Angin. Dari atas bebatuan ini anda dapat melihat indahnya Telaga Warna, Kawang Sikidang, Bahkan Candi Bima.

7. Curug Winong

Curug Wining Wonosobo

photo by @agusmulyadi

Wisata ini memang letaknya agak tersembunyi dan belum banyak diketahui oleh masyarakat luas, tidak seperti wisata yang lain yang ada di Wonosobo. namun masalah keindahan jangan pandang remeh tentang wisata ini. meskipun untuk datang dan berkunjung ke tempat ini memerlukan tenaga bahkan perjuangan yang berlebih, anda tidak perlu khawatir. Karena di tempat ini anda akan menemui tebing yang memiliki ciri khas yang tidak akan anda jumpai di tempat lain.
Namun anda juga perlu berhati hati sebab alur menuju tempat ini tergolong berkelok, terjal dan pemandangannya berupa jurang yang dikelilingi oleh lebatnya hutan pinus. Beberapa pengunjung bahkan ada yang sampai memanjat ke atas bebatuan untuk lebih merasakan keindahan tempat ini dari dekat. Perlu anda ingat bahwa ditempat ini tidak tersedia pengaman jadi hal yang semacam ini juga tidak disarankan.

8. Pemandian Air Panas Kalianget

Pemandian Kalianget

Pemandian ini berasal dari pegunungan yang masih tergolong asli dan masih banyak terkandung sulfur di dalamnya, sehingga baik untuk kesehatan kulit. Di tempat ini juga tersedia berbagai fasilitas pendukung lainnya. seperti stadion olahraga, lapangan tenis, taman bermain, kolam pemancigan, dan kolam renang bagi yang suka berenang atau sekedar berendam. Tarif yang ditetapkan juga terbilang terjangkau yakni dibawah dua puluh ribu rupiah.
Lokasi tempat wisata ini terletak di sebelah utara Kota Wonosobo, arah menuju wisata dieng, lebih tepatnya di jalan Dieng Desa Kalianget, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo.

9. Petak 9 Dieng

Petak 9 Dieng

Petak 9 Dieng merupakan sebuah bukit kecil di kawasan wisata Telaga Warna. Anda juga dapat mendaki bukit tersebut agar suasana sejuk lebih kental terasa. Sebab disekitar bukit terdapat berbagai pepohonan dan bunga-bunga yang nampak cantik berwarna warni menyapa para pengunjung yang datang. Sebagian besar tanaman yang tumbuh disini merupakan tanaman endemik dataran tinggi dieng. Wisata ini juga termasuk sebagai hutan lindung yang bertujuan melestarikan berbagai tanaman yang hampir punah dan tidak terdapat di daerah lain.
Begitu banyak objek wisata yang dapat anda coba ketika anda hendak pergi atau sekedar ingin mengetahui Wisata Wonosobo Terbaru. Paparan diatas dapat anda jadikan pilihan tujuan wisata yang sesuai dengan keinginan.

 

Leave a Comment