Asiknya Menikmati Perjalanan Air Arum Jeram Sungai Serayu



Bagi kalian yang menyukai tantangan, ada satu aktivitas wisata seru yang sangat sayang untuk di lewatkan.  Tak kala mengunjungi kawasan wisata dataran tinggi Dieng Wonosobo. Aktivitas yang menguji nyali tersebut adalah arum jeram serayu. Sungai serayu merupakan salah satu sungai terpanjang di Jawa Tengah. Banyaknya jeram di sungai tersebut akan membuat perjalanan anda semakin menantang.

Lokasi Dan Akses Arum Jeram Sungai Serayu

Sungai Serayu ini melewati lima Kabupaten di Jawa Tengah yakni Wonosobo, Banjarnegara, Purbalinga, Banyumas dan Cilacap. Tetapi jika anda ingin mengarumi jeram di Sungai Serayu disa Tunggoro dan Desa Singomerto Banjarnegara. Di desa tersebut ada beberapa operator yang menyediakan paket arum jeram sungai serayu. Desa tunggoro mudah dicapai dengan transportasi umum dari manapun. Jika menggunakan kereta api. Anda bisa turun di stasiun Purwokerto dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus jurusan Purwokerto – Wonosobo.
jika datang dari arah Semarang Anda bisa menggunakan bus jurusan Semarang Purwokerto. Kalau kita berangkat dari arah Jogjakarta agak sedikit ribet, karena anda akan berganti bus sebanyak 3 kali. Pertama anda naik bus Jogja – Magelang dilanjutkan Magelang – Wonosobo dan terakhir Wonosobo – Pirwokerto.

Keunikan Sungai Serayu

Sungai Serayu bermula dari sebuah mata air kecil bernama Tuk Bima Lukar yang terletak di Dataran Tinggi Dieng. Berawal dari mata air kecil, Sungai Serayu membawa aliran airnya menuju Samudra Hindia dengan total panjang keseluruhan sekitar 180 km. Tingkat kemiringan Sungai Serayu sekitar 5°-10°, dengan ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan laut. Dengan bentang alam tersebut, Sungai Serayu memiliki morfologi sungai yang sangat menarik untuk diarungi. Tingkat kesulitan sungai ini bervariasi, mulai dari grade III hingga grade IV di titik-titik jeram tertentu.

Jeram-jeram Sungai Serayu mulai dikenal oleh penggiat aktivitas ini sekitar tahun 90-an. Bermula pada tahun 1997.  Sungai Sungai Serayu dijadikan lokasi perlombaan arung jeram tingkat nasional yang diadakan oleh FAJI (Federasi Arung Jeram Indonesia). Lalu pada tahun 2007 Kejurnas Arung Jeram “Best of The Best”. Kemudian event terbesar yang dilakukan di sungai ini terjadi pada tahun 2010 dengan nama “Australasia Champ”. Sebuah kejuaraan arung jeram tingkat Asia dan Australia.Di dalam kejuaraan tersebut ada 7 negara yang berpartisipasi. Ada tiga jenis teknik yang dilombakan, antra lain Slalom race (memasuki perahu ke dalam gawang yang telah terpasang di badan sungai). Head to head (saling beradu antara tim satu dengan yang lain). Dan yang terakhir  Down River (pengarungan yang lebih mementingkan kecepatan). Selain kejuaraan-kejuaraan tersebut, masih ada kejuaraan lainnya yang pernah dilakukan di Sungai Serayu ini. Dari track record tersebut, Arum Jeram Serayu tidak bisa dipandang sebelah mata

Tips Arum Jeram Di Sungai Serayu

Kegiatan arum jeram bisa dibilang salah satu kegiatan yang membutuhkan banyak pergerakan dan tenaga. Alangkah baiknya lakukan pemanasan dan peregangan otot sebelum melakukan kegiatan arung jeram di Sungai Serayu.

Sungai Serayu memiliki debit air yang cukup stabil di segala cuaca. Jadi ketika kamu ingin melakukan arung jeram di Sungai Serayu bisa datang kapan saja. Namun di saat musim hujan debit airnya pasti akan bertambah karena seluruh hulu yang mengarah ke Sungai Serayu membawa air lebih banyak dari pada biasanya. Pada saat itu lah grade pengarungan akan bertambah dan lebih menantang.

  • Karena arum jeram /fun raftingdi Sungai Serayu termasuk kegiatan yang mengandung resiko, maka patuhilah instruksi guide skipper sebelum dan selama pengarungan agar bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan. Kamu pun juga bisa menikmati arung jeram di Sungai Serayu tanpa rasa was-was.
  • Arum jeram itu identik dengan basah-basahan. Jangan lupa bawalah pakaian ganti dan perlengkapan mandi.
  • Berhubung kamu akan berpanas-panasan selama beberapa jam, jangan lupa pakailah sunblock untuk melindungi kulitmu dari terpaan langsung sinar mentari.
  • Pakailah sunblock yang tahan air sehingga kulitmu tidak mengelupas seusai melakukan aktivitas ini.
  • Bawalah drybag atau minimal plastik untuk mengamankan barang bawaan ketika akan dibawa ke dalam kegiatan fun rafting atau arum jeram serayu.

Paket Arum Jeram Di Sungai Serayu

Jika kamu ingin melakukan Arum Jeram  Serayu, ada beberapa pilihan paket yang sudah disediakan oleh operator local antara lain :

  1. Paket Hemat 1

Jika anda belum pernah melakukan Arung Jeram, sebaiknya anda lebih baik memilih paket yang satu ini. Dikarenakan cocok untuk pemula dan anak - anak. Durasi tempuhnya sekitar 2 jam dan berjarak 7km. start dimulai dari Desa Prigi dan finish di Singomerto.

  1. Paket Hemat 2

Paket yang kedua ini hampir sama dengan paket hemat 1. Tetapi yang membedakan jarak yang di tempuh sepanjang 10 km dengan durasi tempuh sekitar 2,5 jam. Grade jeram dibawah III+ sehingga cocok bagi pemula menengah melakukan arung jeram. Start pengarungan di daerah The Pikas Adventure Resort dan finish di daerah Surya Yudha Park & Hotel.

  1. Paket  Bonjaneraga

Jarak dari paket ini sejauh 14 km dengan waktu tempuh sekitar 3 jam dan memiliki grade 3+. Paket ini cocok sekali bagi pemula yang sudah pernah melakukan pengarungan namun  jam terbangnya belum tinggi dan ingin merasakan sensasi baru dalam menghadapi jeram - jeram sungai. Pengarungan dimulai dari Desa Bojanegara dan finish di di daerah The Pikas Adventure Resort.

  1. Paket Randengan

Untuk paket arum jeram Serayu dengan skala medium juga tersedia. Di dalam paket medium ini kamu akan menempuh jarak 16 km dengan durasi waktu sekitar 3,5 jam dengan grade III+. Paket medium cocok bagi bagi kamu yang sudah memiliki cukup pengalaman dan ingin merasakan sensasi yang lebih. Start dari Desa Randengan dan finish di The Pikas Adventure Resort.

  1. Paket Full

Jika merasa kurang menantang, ada juga paket arum jeram  serayu yang menawarkan pengarungan dengan durasi sekitar 4 jam dan menempuh jarak 18 km. Ini cocok sekali bagi para pecinta olah raga arung jeram yang sudah memiliki banyak pengalaman dibidangnya. Dalam paket ini kamu akan memulai pengarungan dari Desa Tunggoro dan finish di The Pikas Adventure Resort.

Fasilitas Paket Diatas sudah termasuk Asuransi, Sertifikat, Snack dan Makan Siang, Transportasi Lokal, Rafting Equipments.

 

Leave a Comment