Ayam Goreng Kampung Sajolna Kuliner Khas Purwakarta yang Enak dan Murah



Purwakarta adalah sebuah Kabupaten di Jawa Barat, letaknya tidak jauh dari Kota Jakarta, kurang lebih 80 km dan bisa ditempuh sekitar 3-4 jam pengunjung sudah sampai di Daerah ini.

Jalan-jalan ke Purwakarta serasa kurang lengkap kalau belum mencicipi makanan yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Terdapat banyak aneka kuliner yang rasanya enak, termasuk makanan yang menjadi khas daerah Purwakarta. Selain memiliki aneka kuliner khas yang enak rasanya, harganya juga murah meriah. Salah satu makanan enak khas daerah Purwakarta yang murah meriah dan wajib pengunjung coba adalah Ayam Goreng Kampung Sajolna.

Foto Ayam Goreng Sajolna by @pro89fm.com

Ayam Goreng Kampung Sajolna merupakan salah satu kuliner enak juga murah khas Purwakarta yang tidak boleh pengunjung lewatkan. Disaat sedang merasakan lapar, baik siang maupun malam, pengunjung bisa langsung datang langsung ke Rumah Makan Sajolna, tempat dimana Ayam Goreng Kampung Sajolna berada. Dengan memiliki citarasa yang sangat enak, gurih juga pedas. Rasa pedas Ayam Goreng Kampung Sajolna berasal dari sambal dadak khas Purwakarta. Bagi pengunjung yang kurang suka pedas bisa memesan ayam oring tanpa sambal. Jadi pengunjung tetap bisa menikmati Ayam Goreng Kampung Sajolna yang enak.

Bagi sebagian orang menu ayam goreng mungkin biasa dan tidak aneh lagi, tidak terkecuali Purwakarta. Akan tetapi beda halnya dengan rumah makan di Purwakarta yang menyajikan ayam goreng kampung rasanya yang gurih dan nikmat. Untuk pecinta kuliner dan penikmat Ayam goreng harus mencoba merasakan sensasi dari Ayam goreng basah yang di sajikan di Rumah Makan Sajolna. Ayam goreng kampung digoreng setengah kering, cocok disantap dengan sambal dadak yang dibuat dari campuran cabe rawit hijau dan bawang, rasanyanya pedas segar, pas dengan rasa gurih legitnya ayam yang menggugah selera.

Ayam Goreng Kampung Sajolna kaya akan rempah-rempah. Pada saat pengunjung memakannya dimana pada gigitan pertama akan terasa sekali bumbu rempahnya mulai dari gula merah, kunyit, sereh, serai, serta daun jeruk yang digoreng setengah kering. Untuk mendapatkan daging ayam goreng yang enak dan gurih, terlebih dahulu daging ayam diungkeb bersama bumbu hingga meresap dan dagingnya terasa empuk. Setelah itu daging ayam digoreng, walau tidak sampai kering, ayam gorengnya tetap akan sedap rasanya karena rempahnya yang sudah meresap.

Hj. Mimin adalah pemilik dari Rumah Makan Ayam Goreng Kampung Sajolna. Rumah makan ini berdiri sejak tahun 1982 terletak di Jalan Let.Jend. Basuki Rahmat nomor 157, Sindangkasih, Purwakarta, Jawa Barat 41112, Indonesia. Dari arah Bandung atau Jakarta, Anda dapat menuju Purwakarta melalui pintu tol Jatiluhur (KM 84). Anda akan menemukan perempatan dan belok kiri kemudian lurus terus selama ± 5 menit sudah sampai di Rumah Makan Ayam Goreng Kampung Sajolna, posisinya di sebelah kanan jalan setelah jembatan Sasak Besi. Apabila ditempuh dari arah kota Purwakarta, setelah melewati perempatan Parcom lurus terus sekitar 5 menit Anda akan ketemu rumah makan tersebut di sebelah kiri sebelum jembatan Sasak Besi.

Rumah makan ini menjadi favorit baik bagi masyarakat Purwakarta maupun pelancong yang singgah di daerah tersebut. Rumah Makan Ayam Goreng Kampung Sajolna buka setiap pukul 09.00-21.00. Makanan nikmat yang disuguhkan rumah makan ini harganya sangat terjangkau, jadi pengunjung tidak usah merasa khawatir akan merogoh kocek yang cukup dalam. Di Rumah Makan Ayam Goreng Kampung Sajolna, pengunjung bisa memilih atau memesan daging ayam per potong, tetapi jika datang bersama keluarga atau beramai-ramai dengan teman, rumah makan ini juga menyediakan daging ayam utuh atau potongan juga dengan jeroannya.

Sambal Dadak Rumah Makan Ayam Goreng Kampung Sajolna yang memiliki citarasa pedas luar biasa, disajikan di atas cobek tanah liat sungguh nikmat jika di santap dengan sepiring nasi panas dan ditemani lalapan yang segar. Terdapat berbagai macam kuliner khas Jawa Barat lainnya yang menjadi menu andalan di rumah makan ini selain ayam goreng kampung tentunya, pengunjung bisa memilih makanan seperti karedok, gado-gado, jengkol, pencok leunca, hingga sayur asam dan ikan peda goreng dengan harga yang murah meriah tentunya.

Harga menu yang disediakan Rumah Makan Ayam Goreng Kampung Sajolna sangat bervariasi mulai dari Rp5.000 sampai dengan Rp30.000. Untuk harga ayamnya, rumah makan ini mematok biaya Rp15.000 per potongnya, karedok dan peda goreng plus nasi hangat dengan harga Rp5.000 per porsi, harga sambal dadak dibanderol Rp5.000, disajikan di cobek tanah liat berwarna hijau sedikit putih dan lalapan berupa selada, mentimun, leunca atau terong hijau.

Rumah Makan Ayam Goreng Kampung Sajolna menyediakan fasilitas bagi pengunjung yaitu dengan adanya ruang makan lesehan dan juga ruang makan dengan meja dan kursi yang mempunyai kapasitas cukup besar, semua tergantung selera pengunjung mau pilih duduk di tempat yang mana. Selain fasilitas yang ada di atas, untuk menambah semakin nikmatnya saat menyantap ayam goreng kampung yang setengah kering, di rumah makan ini juga pengunjung akan disuguhkan suara dari gemericik air sungai dan pemandangan bukitnya yang hijau, sehingga akan membuat rasa lebih nyaman dan tenang.

Fasilitas lainnya dari Rumah Makan Ayam Goreng Kampung Sajolna yatu: Area Parkir kendaraan,  Mushola, Kamar mandi / MCK, Penginapan dan masih banyak lainya.

Rumah Makan Ayam Goreng Kampung Sajolna di Purwakarta Jawa Barat memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi, tempat ini bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota purwakarta tidak mengunjungi wisata kuliner yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut. Dengan Penduduk daerahnya pun juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Bagi wisatawan yang hendak menuju ke Rumah Makan Ayam Goreng Kampung Sajolna di Purwakarta Jawa Barat dan masih bingung ingin tahu di mana lokasi atau letaknya, pengunjung yang membawa kendaraan pribadi baik mobil maupun motor disarankan untuk mencarinya dengan cara mengetik Obyek Wisata Kuliner Ayam Goreng Kampung Sajolna di Purwakarta Jawa Barat di google maps yang terpasang pada smartphone Anda, karena sudah tertandai dimana lokasi yang anda cari tersebut.

Selamat menikmati!

@nisa/beberapa sumber

 

Leave a Comment