Bagaimana Data Dapat Membantu Pebisnis Membuat Keputusan Bisnis Penting Lebih Baik



Kadang pebisnis salah paham besar tentang target pasar yang dibidiknya, kesalahpahaman bahwa hal yang mengendalikan adalah pasar itu sendiri dan media selalu menyebutkan pengendali utama adalah calon pasar itu sendiri atau konsumen. Sebagai pemasar dan pebisnis, serta pengusaha banyak yang beraksi hanya mengikut tren saja. Tidak menjadi masalah pebisnis mengikuti acara tv terbaru atau drama Korea terbaru dari online yang merupakan kesenangan Pebisnis tapi kadang Pebisnis berpikir kegiatan menonton drama hanya membuang-buang waktu penontonnya saja secara luas. Tapi terlihat yang memutuskan adalah penonton drama itu sendiri. 

Foto Data-data untuk mengambil keputusan bisnis

Jika Pebisnis sebagai penonton tidak memiliki kendali atas waktunya sendiri, bagaimana Pebisnis bisa memutuskan untuk mengubah strategi bisnis? Tidak ada variable atau metric tunggal yang akan menunjukkan kepada Pebisnis bagaimana untuk menjadi pebisnis yang sukses! Dengan menggunakan data, Pebisnis akan mendapatkan gambaran sebelum melakukan strategi atau game. Terkadang Pebisnis bisa mendapatkan gambaran realistis yang memungkinkan untuk mendeteksi pergeseran pasar. Untuk menanggapi pasar kadang menempatkan pebisnis ke daerah yang abu-abu bukan hitam-putih lagi, berelasi dengan berapa jumlah karyawan serta jumlah produksi yang dibutuhkan oleh pengguna.

Foto Data Social Media dan lainnya untuk Bisnis

Dulu banyak pebisnis memutuskan keputusan penting untuk bisnisnya mengikuti naluri dan intuisi. Tapi saat ini mulai beralih ke analisa pasar dan juga memperhatikan kebiasaan dan perilaku pengguna, sesuai dengan meledaknya social media sehingga bisa menjalankan analisa yang lebih tepat. Semua Pebisnis melihat awal mula social media dari Friendster, Blogger, dan Myspace dan percaya bahwa platform social media merupakan awal sesuatu yang besar, kemudian Facebook dan Twitter datang, banyak yang yakin ini merupakan masa depan dari pemasaran digital.

Walau tidak ada rumusan pasti, sebagai pebisnis untuk langsung melompat usahanya ke hal yang baru, banyak indikator yang bisa memandu pebisnis. Memperhatikan tidakan dan reaksi competitor pebinis dan juga kebiasaan konsumen yang akhirnya dapat memberikan panduan kepada pebisnis untuk mengambil tindakan yang tepat waktu. Misalnya persaingan di segmen pasar yang sama dengan target penjualan barang yang Pebisnis produksi.

Kemajuan dan pergeseran teknologi merupakan indikator lainnya. Dalam beberapa bulan terakhir ini Facebook telah menambahkan beberapa fitur baru untuk membuat dan mendistribusikan konten video dari pengguna serta memprioritaskan konten Facebook Live di newsfeeds timeline pengguna Facebook. Melihat kemana Facebook akan pergi? Facebook mengikuti kebiasaan pengguna sehingga memberikan fitur live video konten yang di produksi oleh pengguna yang saat ini menjadi raja konten di Facebook sendiri.

Artinya petinggi Facebook bisa membaca dan memiliki bakat sebagai innovator dan eksekutif yang sangat kuat, memahami dan memiliki kemampuan untuk berubah merupakan kunci untuk pemimpin suatu bisnis mengikuti perkembangan yang selalu dinamis dan maju terus.

Pebisnis bisa menjadi inovatif dengan selalu menguji dan berusaha memahami apakah pasar akan menerima strategi-strategi baru. Sebagai pebisnis untuk meningkatkan usahanya harus menjadi pengamat pasar, dan seorang praktisi dari hasil yang diamatinya. Bisnis harus memiliki lompatan ke dalam sesuatu yang baru tanpa ragu-ragu dan tidak hanya itu, tapi juga harus belajar untuk menahan nafas dan tetap di bawah air saat berenang. Ketika pebisnis memaksakan diri untuk berada di lingkungan yang serba cepat, pebisnis harus memiliki toleransi yang diperlukan sebagai pemimpin, perubahan secara efisien. Perubahan itu tidak mudah dilakukan tapi sangat penting untuk dilakukan demi kemajuan bisnis.

Semua pebisnis berada dalam bisnis yang berbeda dengan pasar dan target market yang berbeda dan juga pesaing atau competitor yang berbeda serta memiliki pertumbuhan bisnis yang berbeda juga dari pebisnis yang lainnya. Namun konsumen akan selalu yang memutuskan kemana pasar akan dibawa pergi. Semakin cepat pebisnis mengamati dengan data, menguji data dan juga belajar dari data-data, semakin cepat membantu bisnis tumbuh dan berkembang secara cepat.

@nilea

Leave a Comment