Bakso President, Bakso Unik Yang Wajib Anda Coba



Banyak orang yang menjadikan bakso sebagai makanan favorit. Kota Malang cukup terkenal dengan oskab. Oskab merupakan boso walikan Malang yang memiliki arti bakso (boso walikan = bahasa terbalik khas Malang). Kita bisa menemukan bakso hampir di semua tempat di Malang, mulai dari kaki lima hingga pusat perbelanjaan sekelas mall. Namun ada bakso yang tersedia di satu tempat yang tidak biasa yakni di dekat rel kereta. Bakso ini biasa disebut dengan Bakso President.

Bakso ini cukup terkenal karena kelezatan rasa, keunikan lokasi yang ada di pinggiran rel kereta api, dan title presidentnya. Rel kereta apinya sendiri bukan rel kereta api yang sudah mati, tetapi rel kereta api yang masih aktif dan dioperasikan oleh PT. KAI. Sensasi yang berbeda akan Anda rasakan saat menikmati bakso ini di tempatnya langsung. Apalagi jika ada kereta yang lewat saat Anda sedang makan di sana. Karena letaknya yang sangat dekat dengan rel kereta, suaranya pun akan sangat keras terdengar hingga membuat telinga menjadi sakit. Selain itu meja yang ada di sana ikut bergetar tiap kali ada kereta lewat.

Awal Mula 

Bakso Presiden Malang Jawa Timur

Bakso ini ternyata sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu dan masih ada hingga sekarang, tepatnya didirikan pada tahun 1977 oleh Abah Sugito. Pada awalnya Abah Sugito berdagang bakso pikul keliling selama kurang lebih 5 tahun. Selanjutnya Abah Sugito membangun warung bakso sederhana tepat di belakang Bioskop President Malang dengan modal seadanya pada tahun 1982,. Meskipun gedung bioskop kini telah tutup dan sejak tahun 2012 sudah beralih fungsi menjadi Hotel Savana Malang, bakso Abah Sugito ini tetap dikenal masyarakat sebagai Bakso President.

Lokasi 

Bakso ini sebenarnya memiliki 3 cabang di Kota Malang, yaitu Bakso President Pusat, Pandean, dan  Pulosari, Namun yang paling dikenal dan sering dikunjungi oleh pecinta bakso atau penggemar wisata kuliner adalah  yang berada di pusat. Karena cabang pusat sendiri merupakan warung bakso yang pertama kali didirikan oleh Abah Sugito.

Untuk menikmati bakso cabang pusat ini, Anda cukup datang ke satu tempat. Tempat ini beralamat di Jalan Batanghari No. 5, Rampal Celaket, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111 atau lebih tepatnya ada di belakang Hotel Savana Malang. Bisa juga dihubungi melalui nomor telepon (0341) 496746. Bakso ini buka dari pukul delapan pagi hingga pukul setengah sepuluh malam.

Akses Jalan

Ada 2 opsi jalan untuk menuju ke sana. Pertama, dari jalan raya Surabaya-Malang, Anda akan menemukan Hotel Savana dimana tepat di sebelahnya terdapat gang kecil. Anda cukup mengikuti saja gang tersebut. Nantinya Anda akan melihat warung bakso di sebelah kanan jalan. Jika Anda dari arah Surabaya maka Anda belok kiri, sedangkan untuk yang dari arah Malang belok kanan. Anda hanya bisa mengendarai sepeda, sepeda motor, jalan kaki untuk sampai di tempat. Hal ini dikarenakan gang yang dilalui cukup sempit, sehingga mobil tidak bisa masuk.

Alternatif jalan yang lain adalah dengan belok melewati pertigaan di antara Pizza Hut dan SPBU atau tepatnya sebelum Hotel Savana. Jalan terus sampai bertemu PJL nanti ada perempatan, kemudian belok kanan. Setelah itu jalan lagi sampai terlihat papan besar bertuliskan Bakso President. Jika Anda dari arah Surabaya maka Anda belok kiri, sedangkan untuk yang dari arah Malang belok ke arah kanan. Jalan alternatif ini bisa Anda gunakan saat Anda mengendarai sepeda, sepeda motor, jalan kaki maupun saat Anda membawa mobil.

Keunikan

Bagi Anda penggemar berat bakso, wajib banget untuk datang ke sini menikmati bakso ini dengan segala keunikannya. Berikut ini beberapa hal yang membedakan bakso ini dengan bakso lain yang ada di Kota Malang maupun Indonesia.

  1. Pilihan Menu Yang Disediakan

Menu Bakso Presiden

Menu makanan yang ada di sini tidak jauh dari yang namanya bakso. Baksonya sendiri cukup beragam mulai dari bakso biasa, bakso telur, bakso bakar, bakso urat, bakso goreng, hingga bakso udang. Selain itu ada juga tambahan seperti pangsit kering atau basah, mie, siomay, tahu, ati ampela, dan lontong. Karena banyaknya pilihan yang ditawarkan, Bakso President dijuluki sebagai “pelopor bakso Malang asli full variasi”.

  1. Cara Memesan

Sebelum memesan, sebaiknya Anda lihat dulu papan menunya. Baksonya sendiri dijual per satuan, tetapi ada juga yang disediakan dalam bentuk paketan. Pilihan paketnya ada paket campur hemat atau campur spesial. Meskipun ada yang paketan, akan lebih enak jika memilih sendiri baksonya sesuai selera.

  1. Pilihan Tempat Untuk Makan Di Sana Langsung

Untuk menikmatinya secara langsung, di sana telah disediakan dua tempat. Anda bisa duduk menikmatinya di dalam ruangan bersama keluarga dan teman Anda. Bisa juga memilih untuk memakan baksonya di tepi rel kereta api, sehingga bisa mendapatkan suasana yang lebih menantang.  Selain itu, di luar dekat rel kereta lebih adem dan bisa melihat berbagai hal. Harga baksonya yang bersahabat di kantong menjadikan warung bakso ini pilihan banyak orang mulai dari yang pas-pasan hingga yang berdompet tebal. Hal ini terbukti dengan ramainya pajangan foto karyawan bersama dengan artis-artis ibukota.

  1. Rasa Dari Bakso Yang Tersedia

Bakso Presiden

Bakso bakar di sini rasanya cukup unik, manis, renyah, dan sedikit asin. Untuk bakso urat di sana, rasanya akan sangat menggoda lidah Anda untuk mencobanya berkali-kali. Bakso jenis lain yang tersedia di sana juga tidak kalah enaknya dengan dua bakso tadi.

  1. Tempatnya Yang Selalu Ramai

Bakso Presiden Malang

Jika Anda baru pertama datang ke tempat ini, jangan kaget bila suasana di sini sangat ramai. Tidak peduli hari kerja, akhir pekan, maupun hari libur, warung bakso ini selalu ramai dikunjungi para penikmat kuliner. Para konsumen harus rela antre untuk bisa mencicipi bakso spesial ini.

  1. Keripik Bakso Spesial

Saat berwisata kuliner ke sini, Anda juga bisa membeli camilan bernama Keripik Bakso Spesial. Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 15.000,00 untuk satu bungkusnya. Rasa dari keripik bakso ini memang sangat spesial, enak, gurih renyah dan pastinya berasa bakso. Keripik bakso bisa dijadikan pilihan oleh-oleh bagi orang terdekat Anda saat Anda berkunjung ke Malang selain keripik buah dan keripik kentang.

 

Leave a Comment