Bale Inap Tembi Rumah Budaya Bernuansa Otentik Jawa



 

Menikmati suasana alam pedesaan khas Jawa dengan alam yang asri dengan kicauan burung pagi hari dan suara jangkrik malam hari, saat ini mungkin sudah susah di dapatkan. Terlebih lagi jika kita tinggal di kota besar, sepertinya hal ini jarang ditemui lagi. Namun jika anda ke Yogyakarta anda masih mendapatkan suasana tersebut di Bale inap Tembi rumah budaya.

Lokasinya sekitar 8 Km dari pusat kota yogyakarta. Tepatnya berada di Alamat Jl.Parangtritis Km.8,4, Timbul Harjo, Sewon, Yogyakarta.  Jika dari kota yogyakarta dapat di tempuh melalui jalan Parangtritis menuju kearah selatan menuju perempatan lampu merah ringroad selatan.  Lanjutkan perjalan kearah selatan tetap melalui jalan parangtritis, hingga bertemu dengan pertigaan lampu merah. Lanjutkan kembali perjalanan kerah selatan, kira-kira 20 meter berbelok kekiri terus kearah timur. Sekitar 500 meter akan di temukan Tembi Rumah Budaya berada di kiri jalan (utara jalan).

Bale Inap Tembi rumah Budaya dikelilingi oleh persawahan nan hijau dan alam pedesaan, Tembi Rumah Budaya menyediakan unit-unit bungalow yang terbuat dari kayu. Bungalow atau Bale Inap bergaya Limasan tradisional memiliki ranjang 4  tiang berkelambu, serta dilengkapi dengan ruang tamu. Bale Inap Tembi rumah Budaya menyediakan 9 kamar dalam arsitektur Jawa otentik, dan nama-namanya pun bernuansa jawa seperti Wuryontoro,Ngadirodjo, Polaman, Morangan,Kriyan, Ganjuran, Badegan, dan Adikarto.

Setiap Bale Inap dilengkapi dengan kamar mandi pribadi dengan fasilitas shower air hangat, dan pengering rambut. Fasilitas lain yang tersedia untuk anda dalam menikmati suasana pedesaan yang tenang adalah kolam renang, tempat parkir gratis yang lapang, koneksi Wi-Fi gratis, pusat bisnis dan bagian penerima tamu 24 jam, serta layanan cuci pakaian. Untuk tamu perorangan, bukan rombongan, tersedia layanan antar-jemput gratis Bandara Internasional Adisutjipto.

Tembi Rumah Budaya juga menyediakan aneka kebutuhan untuk dapat menikmati beragam aktivitas wisata seperti mendaki, bersepeda, dan memancing. Untuk kebutuhan tamu berwisata di seputar Kota Yogyakarta, Tembi Rumah Budaya juga menyediakan fasilitas persewaan mobil. Di dalam Tembi Rumah Budaya tamu bisa memesan dan menikmati santapan di Waroeng Dhahar Pulo Segaran dengan pemandangan persawahan nan asri. Restoran ini menyediakan sajian asli Indonesia tamu penginapan pun dapat menikmati sajian Waroeng Dhahar Pulo Segaran di Bale Inap. Bagi tamu yang ingin menikmati warung angkringan tidak perlu keluar area tembi rumah budaya, karena di tembi rumah budaya terdapat warung angkringan.

Selain itu dalam waktu-waktu tertentu, tamu hotel dapat menikmati berbagai kegiatan seni budaya seperti pameran seni rupa dan residensi perupa, pertunjukan seni tradisional maupun kontemporer, pentas tari dan teater, hingga malam pembacaan puisi. Karena selain memiliki bale inap, tembi rumah Budaya juga memiliki area untuk kegiatan seni budaya. Tamu hotel pun dapat mengunjungi Museum Tembi Rumah Budaya yang menyimpan benda-benda warisan budaya Jawa berjumlah sekitar 3000 ribu koleksi. Untuk koleksi yang dipamerkan di bagi menjadi dua tempat ruang museum dan balai rupa satu. Sedangkam untuk buku dan koleksi audio yang berupa kaset di simpan di perpustakaan.

Leave a Comment