Bali Bird Part, Taman Terbuka Untuk Berbagai Jenis Burung Langka

Di lokasi taman seluas 2 hektar ini pengunjung akan dimanjakandengan kindahan kehidupan berbagai macam satwa unggas baik yang diletakkan didalam sangkar, maupun yang dilepaskan secara liar. Pengunjung juga bisa menyaksikan atraksi menarik dari kemampuan dasar satwa yang telah terlatih, bersentuhan langsung dengan satwa dengan berfoto atau ikut serta dalam atraksi akan memberikan pengalaman tersendiri. Melihat ribuan ekor burung dalam sebuah tempat akan memberikan pengalaman unik bagi setiap pengunjung.

Taman Burung ini diresmikan pada tahun 1994 dengan luas sekitar 2 hektar ini banyak menyediakan hiburan rekreasi bagi Anda. Memasuki taman burung Anda akan disambut dengan warna warni burung Kakak tua yang sedang bertengger di dahan kayu buatan. Burung ini sudah jinak, sehingga pengunjung tidak perlu takut untuk menghampirinya. Asal tidak disentuh, burung ini tidak akan melakukan hal agresif.

Berjalan mengukuti jalan setapak yang telah dibangun, Anda bisa dengan mudah melakukan eksplorasi di dalam taman. Selanjutnya pengunjung juga bisa melakukan foto dengan satwa unggas yang cantik ini, selainitu juga terdapat ruangan studio film, dimana pengunjung dapat menikmati film tiga dimensi disini dengan gratis. Melanjutkan perjalanan, pengunjung akan diantar ke beberapa bagian taman yang terbagi sesuai dengan habitat asli unggas yang tinggal di dalamnya. Nama habitat tersebut terbagi seperti nama benoa, atau nama propinsi, sesuai dengan asal unggas tersebut. Di tengah taman, terdapat sebuah kolam air yang dihuni oleh burung Pelican dan burung Bangau, serta bebek dan unggas air lainnya.

Selain itu, pengunjung dapat melihat langsung proses pemeliharaan dan penetasa burung atau disebut sebagai kegiatan bird nursery dalam sebuah ruangan khusus. Seroang petugas yang berjaga disana akan dengan senang hati menjelaskan kegiatan yang sedang Ia lakukan untuk menjaga kelestarian burung. Selain itu juga terdapat sebuah ruangan terbuka untuk melihat atraksi basic instint burung. Dalam kegiatan atraksi tersebut, pemandu akan meminta salah satu pengunjung untuk ikut serta dalam atraksi. Di dekat pintu keluar, terdapat sebuah restoran dan kafe dimana pengunjng dapat bersantai dan menikmati keindahan alam sekitar taman.

Di obyek wisata alam terbuka ini hampir 1.000 burung dari 250 jenis burung yang berasal dari sejumlah negara termasuk Indonesia. Anda bisa juga melihat elang jawa , burung dari Sumatra, burung dari Papua, Scarlet Macaw dan Toucan, atau spesies afrika misalnya  Kongo Grey Parrot dan burung endemik lainnya.

Petugas-petugas taman telah terlatih untuk merawat burung dan menjaga keaslian habitat.

Taman Burung Bali atau Bali Bird Park berlokasi, Desa Singapadu, Gianyar. Dengan jarak 12 km dari Denpasar, taman burung ini dapat ditempuh dalam waktu 25 menit dengan menggunakan sepeda motor. Jalan aspal yang baru saja diperbaiki membuat perjalanan semakin nyaman. Dari Denpasar ambil perjalanan ke arah Ubud yang melewati desa Lodtunduh, taman burung berada sebelum memasuki Desa Lodtunduh.

Catatan Rekomendasi

Kesempatan untuk melihat aneka ragam satwa unggas bisa menjadi pilihan saat berkunjung ke Bali. Lokasi ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Anak-anak akan senang bermain di taman burung ini, mengenal dan belajar lebih banyak mengenai beraneka satwa unggas, menonton film tiga dimensi mengenai kehidupan burung akan menjadi aktivitas menyenangkan dan aman bagi mereka. Selain itu, bagi orang dewasa bisa dengan mudah melihat aneka satwa unggas langka, mengabadikannya dengan potret akan menjadi salah satu kegiatan mengasyikkan. (editor:eric)

Baca juga: 

1. Bertualang ke Pantai Perancak Bali, Dari Kampung Nelayan Hingga Melihat Konservasi Penyu

2. Berburu Kesegaran dan Menikmati Pesona Keindahan Air Terjun Gitgit Buleleng Bali

3. Mekare-kare: Persembahan Darah untuk Sang Dewa Perang


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply