Bebek Sinjay, Kuliner Madura Yang Banyak Diburu Para Pecinta Kuliner



Madura sangat identik dengan kuliner satenya. Namun nasi bebek di sini juga patut dicioba. Di Madura ini ada satu warung nasi bebek yang sangat terkenal yaitu Bebek Sinjay di Bangkalan. Tidak heran jika warung ini selalu ramai pengunjung terutama saat jam makan siang.

Lokasi Bebek Sinjay

Bebek Sinjay

Bebek Sinjay yang terkenal hingga seluruh Indonesia ini pusatnya ada di Bangkalan, Madura. Untuk alamat lengkapnya berada di Jalan Raya Ketengan No. 45 Bangkalan, Madura. Letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota. Untuk menuju tempat ini dari pintu tol Jembatan Suramadu membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit. Dari Jembatan Suramadu lurus saja hingga bertemu lampu merah, kemudian belok kiri dan lurus sekitar 1 kilometer. Rumah makan bebek sinjay ini ada di sisi kanan jalan dengan papan nama besar yang dipasang di depannya. Biasanya Anda akan melihat kerumunan orang yang mengantre panjang saat jam-jam makan siang atau akhir pekan dan hari libur.

Rasa Bebek Sinjay

Kuliner khas pulau penghasil garam kini bertambah dari sate kemudian ada nasi bebek sinjay. Satu porsi nasi bebek sinjay berisi nasi putih yang pulen dalam porsi yang lumayan banyak ditambah bebek goreng dan kremesan yang rasanya sangat enak. Rasa gurihnya menyebar hingga ke dalam karena dagingnya yang empuk dan bumbunya yang meresap dengan baik hingga ke tulang. Sayangnya bebek gorengnya terlalu banyak mengandung minyak yang artinya mengandung kolesterol tinggi. Namun untuk rasanya sendiri memang begitu enak, menggugah selera dan membuat ketagihan siapa saja yang  sudah datang ke sini.

Suasana Di Rumah Makan Bebek Sinjay

Bebek Sinjai Madura

Menu yang disediakan di sini memang hanya bebek saja dan minumannya pun hanya itu-itu saja, tetapi suasananya selalu ramai oleh pengunjung yang datang setiap hari. Pengunjung yang datang dalam sehari bisa mencapai ratusan bahkan mungkin ribuan orang. Meski suasana riuh ramai dan panas, tidak mengurangi minat para pecinta bebek untuk datang lagi ke tempat ini.

Tempatnya sangat luas dengan kapasitas lebih dari 100 tempat duduk, sehingga memungkinkan para pengunjung untuk menyantap bebek sinjay di tempat. Ketika Anda di sini, Anda akan berada dalam kerumunan ratusan hingga ribuan pengunjung yang makan di tempat. Anda tentu akan merasakan sedikit sesak dan panas. Apalagi jika Anda makan bebek goreng dengan tambahan sambal pencit. Sambal pencit ini merupakan sambal mangga muda pedas yang biasa disajikan bersama bebek goreng sinjay. Jadi, sangat disarankan bagi Anda untuk memilih tempat duduk yang dekat dengan jendela agar Anda bisa merasakan udara yang lewat. Dengan begitu Anda tidak terlalu merasa gerah.

Harga Satu Porsi

Rasa Bebek Sinjay

Untuk menikmati satu porsi nasi bebek sinjay yang begitu nikmat, Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp 25.000,00. Sedangkan jika Anda memilih untuk take away, Anda cukup membayar Rp 18.000,00 tanpa minuman. Harga yang tergolong murah dan standar. Dengan harga segitu Anda sudah bisa mendapatkan nasi putih, bebek goreng beserta kremesan, sambal pencit, serta minuman. Minumannya berupa air mineral atau teh botol yang bisa Anda pilih sesuai selera Anda.

Kekurangan

Kekurangan Bebek Sijay

Pengunjung yang begitu banyak dan tempat yang luas menyebabkan tempat ini jadi terlihat berantakan dan tidak nyaman. Untuk pelayanan di sini cukup efisien, tetapi kurang mengutamakan keramahan. Saat ramai pengunjung terutama siang hari, Anda harus sabar menunggu meja dibersihkan. Terlebih lagi akan sangat sulit untuk memanggil pramu saji di sana. Hal ini dikarenakan tempatnya yang begitu luas sedangkan pramusaji yang berkeliling ke meja pengunjung hanya sedikit. Akan lebih baik jika Anda berkunjung ke rumah makan bebek sinjay sebelum atau sesudah jam makan siang.

Rumah Makan Bebek Sinjay Cabang Surabaya

Bebek sinjay ini kini sudah membuka banyak cabang, salah satunya di Surabaya. Di sana terdapat 3 cabang, yaitu di Mall Kaza City, Jalan Raya Tidar No. 1, dan di Ruko Grand Ahmad Yani. Menurut beberapa orang, rasa bebek sinjay yang terenak ada di pusatnya. Tak heran jika rumah makan yang berada di pusat masih tetap ramai meskipun sudah banyak membuka cabang.

Cara Memesan

Jika Anda datang pada jam-jam yang ramai pengunjung, akan sangat sulit untuk mencari tempat duduk. Meja yang disediakan dari ujung satu hingga ujung yang lain hampir semua terisi penuh dan hanya menyisakan satu dua meja yang kosong. Saat ramai pengunjung, Anda bisa mengantre hingga satu jam lamanya untuk kemudian bisa memesan nasi bebek sinjay ini. Untuk Anda yang baru pertama datang ke tempat ini mungkin akan bingung cara memesannya apalagi dengan antrean yang begitu panjang. Anda harus mengantre terlebih dulu dan mengikuti rute pemesanan sebagai berikut.

  1. Antre Di Loket Pemesanan

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat sampai di sini adalah mengantre di loket pemesanan. Seperti sudah disebutkan di atas bahwa karena banyak pengunjung, maka antrean di tempat ini cukup panjang. Oleh karena itu, tertib dan bersabarlah selama Anda mengantre.

  1. Sebutkan Pesanan Dan Lakukan Pembayaran

Saat Anda berada di depan loket, sebutkan pesanan Anda dan jumlah porsi yang dipesan serta mau makan di tempat atau dibawa pulang. Selanjutnya Anda akan diminta untuk membayar di sana. Agar lebih mudah, pastikan uang yang Anda gunakan adalah uang cash, bukan kartu kredit ataupun debet. Kemudian Anda akan mendapatkan nota bernomor untuk antre dari petugas di sana.

  1. Bawa Nota Pesanan Ke Loket “Makan Di Sini”

Nota yang telah Anda dapatkan dari petugas kemudian Anda bawa ke loket yang ada tulisan “Makan di Sini”. Untuk mengambil makanan yang sudah Anda pesan, Anda harus mengantre lagi. Kemudian petugas akan memanggil sesuai nomor nota dan nota akan disobek sebagian.

  1. Bawa Sobekan Nota Ke Loket “Minuman”

Setelah diberikan sobekan nota oleh petugas, Anda harus membawa sobekan nota tersebut ke loket bertuliskan “Minuman”. Di sini Anda harus mengantre kembali untuk kemudian bisa mendapatkan minuman yang Anda pilih. Minuman yang tersedia di sini hanya ada dua pilihan yaitu teh botol dan air mineral.

  1. Antre Untuk Mengambil Pesanan

Hal terakhir yang harus Anda perjuangkan untuk mendapatkan bebek sinjay ini adalah antre lagi. Nantinya Anda akan mendapatkan bungkusan nasi bebek sinjay dalam kotak stirofoam sesuai jumlah yang Anda pesan. Sementara jika Anda pesan atau beli untuk dibawa pulang, Anda harus bawa nota pesanan terpisah ke loket yang ada tulisan “Take Away”.

 

Leave a Comment