Begini Prosesi Upacara Adat Mandailing Ngunduh Mantu Kahiyang-Bobby

Setelah menggelar akad nikah dan resepsi di Solo, Jawa Tengah, pasangan pengantin baru, Muhammad Bobby Afif Nasution-Kahiyang Ayu, menjalani berbagai prosesi ngunduh mantu. Ada serangkaian acara adat Mandailing yang digelar keluarga Bobby Nasution.

Pesta adat pada rangkaian acara ngunduh mantu Bobby-Kahiyang akan digelar di kediaman Bobby, di Bukit Hijau Regency Taman Setia Budi Indah, Medan pada 24 dan 25 November 2017. Resepsi umum akan digelar di lokasi yang sama pada 26 November 2017.

Dalam acara nanti, keluarga Jokowi akan diarak menggunakan sado dari gedung Medan International Convention Center (MICC) menuju lokasi resepsi. Sementara itu, Kahiyang dan Bobby akan menaiki becak motor yang sudah dihias. Kirab dimulai di gedung MICC menuju lokasi resepsi melalui ring road yang berjarak sekitar dua kilometer. Kirab budaya juga melibatkan 15 delman yang khusus didatangkan dari Berastagi, Kabupaten Karo.

Sementara itu, Jokowi dan Iriana juga diagendakan menaiki shuttle car bermotif ulos.“Shuttle car sudah dimodifikasi”. Seluruh bodi dipasang stiker motif ulos Mandailing. Shuttle car itu memiliki nilai budaya dan nasionalisme. Sebab, di bagian depan kendaraan dipasang simbol Garuda berwarna emas.

Mobil untuk Jokowi

Acara Hari Pertama

Menurut tertib acara Horja Siriaon atau pesta adat Mandailing, prosesi adat yang digelar pertama adalah Manalpokkon lahanan/pulungan ni horja. Acara ini merupakan pemotongan hewan kurban berupa kerbau. Acara adat pernikahan Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu dikategorikan acara adat besar maka lahan ni horja atau hewan yang disembelih kerbau.

Upacara Manalpokkon lahanan/pulungan ni horja yang dihadiri oleh suhut, kahanggi, anakboru, namora narotas, dan harajaon ini disaksikan oleh pengetua-pengetua adat ini berlangsung pada Jumat, 24 November pagi. Prosesi adat berikutnya Manyantan gordang sambilan dohot gondang. Acara ini pada intinya adalah membunyikan gondang atau gendang. Begitu juga halnya dengan Gordang Sambilan yaitu sembilan gendang besar juga berfungsi pada acara adat untuk memeriahkan acara dan pertanda horja besar. Gordang Sambilan merupakan alat musik khas Mandailing.

Prosesi berikutnya adalah membuka galanggang siriaon. Acara ini merupakan prosesi untuk membuka gelanggang atau arena untuk panortoran.

Selepas acara membuka galanggang panortoran, acara gladi resik akan berlanjut dengan agenda berikutnya berupa Mangalo-alo Mora atau menyambut kedatangan Mora. Dalam budaya Mandailing, Mora merupakan kelompok tempat pengambilan anak gadis dalam perkawinan, atau orang tua dan saudara-saudara dari pihak istri. Mora yang akan disambut adalah kakak dan adik laki-laki dari Ibunda Bobby Nasution, Ibu Ade Hanifah Siregar.

Bobby dan Kahiyang Ayu

Setelah diselingi dengan istirahat, prosesi adat pada hari Jumat, 24 November dilanjutkan dengan Manarimo Tumpak/Marlongit. Prosesi ini merupakan acara menerima kedatangan kahanggi (kerabat satu marga), anak boru, dan kelompok masyarakat etnik yang akan menghantarkan bantuan secara adat sebagai tanda ikut bergembira, sebagai perwujudan masyarakat yang berdasarkan kegotongroyongan.

Di situ dilaksanakan sidang Adat Kerapatan Adat atau Maralok Alok, yang diawali dengan menyuguhkan sirih oleh yang empunya Horja (Suhut) kepada semua pengetua-pengetua adat yang hadir. Selanjutnya Suhut, diikuti Kahanggi, Anakboru, dan Namora Natoras menyampaikan maksud dan tujuan acara hari itu, memberitahu tetua adat bahwa Bobby dan Kahiyang Ayu sudah menikah seraya mengharapkan agar acara pernikahan tersebut juga dibesarkan secara adat.

Acara adat pada Jumat akan ditutup dengan Margalanggang atau Manortor Tahap Kedua. Pada acara ini diharapkan seluruh pengetua-pengetua adat dan juga barisan kaum Ibu akan ikut manortor serta remaja (naposa dan nauli bulung) sebagai pertanda bergembira akan kedatangan Kahiyang Ayu.

Tarian adat Mandailing

Acara Hari Kedua

Pada Sabtu (25/11/2017) atau hari kedua, merupakan Mata Ni Horja atau Puncak Acara Adat. Prosesi yang akan dijalankan meliputi penyambutan keluarga besan Joko Widodo, Ibu Iriana beserta keluarga. Selesai acara penyambutan Jokowi dan Ibu Iriana, dilanjutkan dengan prosesi pengantin menuju Tapian Raya Na Martua.

Sesuai adat Mandailing, Tapian Raya Namartua adalah pinggiran sungai, yang menjadi lokasi kedua mempelai di-pangiri atau membasuh tangan dan kaki serta diperciki air bunga. Pada acara adat Bobby-Kahiyang, pihak sanggar sudah menyiapkan sarana dengan air mengalir yang menjadi lokasi kegiatan itu. Dari Tapian Raya Namartua, Bobby - Kahiyang kembali ke sopo godang atau rumah besar yang menjadi lokasi pesta. Di sopo itu, kedua mempelai kembali diserahkan kepada dukun atau datuk yang akan melaksanakan upa-upa dan diberi gelar haraja (gelar kerajaan dalam suku Mandailing).

Bobby dan Kahiyang Ayu

Setelah pemberian gelar adat, kedua mempelai akan mengikuti Tortor Somba-somba. Pada prosesi tortor ini, Bobby dan Kahiyang memohon maaf kepada kedua orangtua. Selanjutnya, dilaksanakan tortor harajaon atau tortor para raja. Pada prosesi ini, para raja adat Mandailing (Raja Panusunan) inilah yang memberikan persetujuan untuk melanjutkan acara.

Prosesi ini disusul dengan Ajar Poda atau nasihat kepada kedua pengantin sebagai bekal berumahtangga oleh orangtua dan raja adat. Selesai Ajar Poda (nasihat) dilanjutkan dengan Tor-Tor Somba, dimana kedua pengantin manortor atau menari di hadapan orang tuanya, sebagai tanda terima kasih dan penghormatan kepada orang tua dan raja-raja adat. Kemudian acara Manopot Horja ditutup oleh dengan Manyoda Gondang seraya mengucapkan Horas sebanyak tiga kali.

Prosesi adat Kahiyang-Bobby ini mendapat respon positif. Banyak warganet mengucap selamat pada mempelai. Antara lain penulis Ika Natassa. Di akun Twitter-nya ia menulis, "Yang paling indah dari rangkaian prosesi pernikahan Bobby-Kahiyang ini: persatuan budaya Indonesia yang beragam dan kita semua bisa jadi saksinya. Perbedaan itu cantik, keragaman itu apik, dan persatuan itu bukan hal yang pelik, asalkan kita berniat baik." Setuju. (ade/berbagai sumber)


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply