Berburu Warna-warni Ikan di Pasar Ikan Hias Gunungsari Surabaya

Bagi sebagian orang, mengoleksi ikan hias tidak hanya sekadar menjadi hobi belaka, tapi dapat pula menjadi sarana penghilang rasa penat akan kesibukan sehari-hari. Nah, di Surabaya terdapat sebuah pasar yang menjual berbagai jenis ikan hias, mulai dari air tawar hingga air laut. Namanya Pasar Ikan Hias Gunungsari Surabaya.


Para kolektor ikan hias di Surabaya tentu tak asing dengan sentra Pasar Ikan Hias yang terletak Jalan Gunungsari no. 71 ini. Geliat pasar yang berdiri sejak enam tahun lalu ini ternyata menjadi jujugan para kolektor ikan.


Pasar dua lantai ini bisa Anda kunjungi mulai pukul 09.00 pagi hingga 21.00 malam. Bagi para pencinta ikan hias air tawar bisa menyusuri lantai satu, sedangkan Anda yang ingin menambah koleksi ikan hias air laut, berjalanlah menuju lantai dua di pasar ini.

Banyaknya ragam jenis ikan hias yang dijual membuat pasar ini tak pernah sepi dari lalu-lalang pengunjung. Ikan jenis lohan, arwana, koi, cupang, nemo (badut), dori, lion fish, menjadi incaran utama para kolektor.

 

Hendra, pengunjung asal Surabaya, mengatakan, dirinya biasa berburu ikan hias untuk melengkapi koleksinya di pasar yang luasnya 2500 meter ini. “Aksesnya mudah, seluruh penjual ikan hias ngumpul di sini, jadi koleksi ikan yang dijual pun terbilang lengkap,” katanya, saat ditemui di lokasi, Kamis (21/4/2016) sore.

Heri (30), pegawai toko Luthfan, mengaku, ikan koleksi tokonya menjual ragam jenis ikan hias air laut dengan berbagai ukuran. “Di toko ini kisaran harganya mulai dari Rp 10 ribu sampai Rp 500 ribu,” jelasnya.


(foto: Irfan Maulana)

Berbeda dengan toko milik Rusdi yang berada di lantai satu menjual ragam jenis ikan hias air tawar, menurutnya, yang menjadi primadona di toko miliknya ini adalah ikan lohan.

“Beberapa kolektor ikan masih banyak yang berburu ikan lohan,” ujarnya. Ikan lohan miliknya dibanderol mulai dari harga Rp 1,7 juta hingga Rp 2,4 juta.

(foto: Irfan Maulana)

Bahkan, terdapat pula ikan hias yang memiliki harga jual fantastis. Di toko milik M. Rofiq, misalnya, pria berusia 50 tahun ini menjual ragam jenis ikan arwana. Koleksi arwana miliknya ini bisa dibilang memiliki kualitas nomor wahid. Mulai dari arwana Banjar, hingga arwana Irian terlihat menghiasi etalase akuarium miliknya.

“Untuk arwana jenis Irian ini saya hargai Rp 20 juta satu ekornya,” katanya sambil menunjukkan koleksi dagangan ikan miliknya.



Ditambahkannya, untuk ikan hias air tawar memang masih arwana yang menjadi primadona para kolektor. Maka, tak heran jika harga arwana tergolong mahal.

(foto: Irfan Maulana)

Selain ikan, bagi Anda yang ingin menghiasi akuarium dengan biota air, di Pasar Ikan Hias Gunungsari Surabaya ini juga terdapat penjaja aquascape yang dapat menambah indah akuarium Anda.

 


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply