Berpetulangan ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango



Daerah Bogor dan Puncak merupakan salah satu tempat tujuan wisata warga Jakarta dan sekitarnya untuk melepas penat di akhir pekan, salah satu kegiatan yang harus sering dilakukan oleh orang Jakarta dan sekitarnya adalah berpetualangan hiking, tidak hanya akan mendapatkan suasana yang begitu sejuk, hijau dan indah tetapi juga mendapatkan udara yang bersih dan masih belum ada polusi sama sekali, sangat bagus untuk detox paru-paru kita yang tinggal di kota besar  penuh dengan polusi saat ini.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Obyek wisata Taman Nasional Gunung Gede Pangrango letaknya tidak begitu jauh dari Jakarta yaitu tepatnya ada antara Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi di provinsi Jawa Barat. Di kawasan Taman Nasional Gunung Gede terdapat banyak aliran sungai, yang menurut data ada 58 sungai dan 8 air terjun atau orang lokal lebih mengenalnya dengan sebutan curug. Di antara air terjunnya yaitu, air terjun Curug Luhur, Curug Nangka, Curug Sawer, Curug Cibeureum-Cibodas, Curug Cipadaraten, Curug Ciwalen, Curug Cikaracak dan Curug Baret. Taman Nasional Gunung Gede mudah di jangkau, pengunjung dari Jakarta bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun berpetualang menggunakan kereta commuter line nerus dengan kendaraan online juga sangat mudah.

Foto Danau Situ Gunung Sukabumi-Instagram @djeproet

Selain air terjun juga ada tempat rekreasi lainnya yaitu telaga dan danau, bagi pengunjung yang suka beraktifitas dan bermain air, yaitu Telaga Biru di Cibodas, Cianjur serta Danau Situgunung di daerah Sukabumi. Kini Taman Wisata Gunung Gede Pangrango memiliki paket wisata yang paling baru yaitu bersepeda menuruni bukit-bukit atau downhill istilah keren salah satu jenis olah raga ini. Untuk sepeda pengunjung bisa menyewanya atau membawa sendiri, jalur atau rute untuk aktifitas downhill sekitar empat sampai lima kilometer dari pusat Pendidikan Konservasi Bodogol ke arah daerah Cilengkong. Dan ada juga wisata untuk minat khusus pentualangan ke goa-goa, bisa menjelajah goa Lalay, Goa Gumuruh, juga melewati rawa tapi rawa pegunungan yaitu Rawa Denok dan Rawa Gayonggong. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango juga memiliki tempat foto ikonik dan aktifitas ikonik yaitu jembatan gantung canopi trail yang ada di ketinggian 120 meter dan panjang jembatan 243 meter. Ini merupakan tempat foto yang diburu oleh wisatawan jaman now atau wisatawan millenia untuk bisa mengabadikan foto, karena di atas jembatan canopi ini dianggap tempat foto yang instagramable banget.

Taman Nasional Gunung Gede Pagrango-Malam Hari

Untuk pengunjung yang datang bersama keluarga, pasangan atau beramai-rama dengan teman, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango memiliki perkebunan yang dijadikan tempat wisata agro. Perkebunan milik Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dikelola oleh warga lokal sekitarnya. Salah satu keunggulannya adalah pengunjung bisa memetik hasil pertanian di hutan Gekbrong Kabupaten Cianjur. Untuk yang ingin menikmati jadi petani serta bisa langsung memanen hasil pertaniannya ada satu tempat wisata di Kampung Geger Betan, Cipanas. Pengunjung bisa ikutan memanen sayuran dan memancing ikan di kolam ikan. Dengan membeli tiket masuk dan paket wisata ini pengunjung ikut melestarikan alam dan meningkatkan ekonomi penduduk lokal, karena tempat wisata ini dikelola oleh penduduk lokal yang dulu kala mata pencaharian mereka adalah merambah hutan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Foto Jembatan Canopi by Kahfi Irawan

Tunggu apalagi, untuk menghilangkan penat atau medapatkan detox udara sejuk, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango tidak akan habis dijelajah dalam hanya satu akhir pekan saja. Perlu beberapa akhir pekan untuk wisatawan bisa menikmati semua keindahan dan wisata yang ditawarkan.

Harga tiket lewat pintu masuk Cibodas yaitu;

Tiket pendakian Rp.34.000,- per orang untuk akhir pekan

Jasa wisata Rp. 29.000,-  per orang untuk hari kerja

Tiket trekking Rp.17.500,-  per orang

Tiket Kemah Rp. 20.500,-  per orang

 

Wisata Air Terjun Cibeureum

Tiket masuk Rp. 18.500,- per orang, termasuk berendam di air panas alam

Tiket Jembatan Canopi Rp. 40.000,- per orang

Tiket Air Panas Rp. 18.500,- per orang

 

@nilea

Leave a Comment