Bertualang ke Pantai Perancak Bali, Dari Kampung Nelayan Hingga Melihat Konservasi Penyu

Tentang Lokasi

Pantai Perancak terletak d Kabupaten Jembrana. Pantai ini sangat luas dan merupakan salah satu situs yang paling menawan. Pantai bersejarah ini dipenuhi oleh perahu melayan yang dihiasi dengan beragam dekorasi indah. Perahu-perahu cantik itu diparkir di bibir pantai. Jembrana juga adalah kabupaten yang melaksanakan perayaan upacara dengan atraksi lomba balap sapi dan lomba dayung perahu.

Sekitar Lokasi

Selain kegiatan pantai dan beberapa kegiatan lain, di Pantai Perancak juga terdapat pelestarian penyu dan penetasan telur penyu yang dilestarikan oleh Yayasan Kurma Asih. Disana juga terdapat Kantor Nasional Administrasi Kelautan dan Atmorfer yang berfungsi untuk memantau titik-titik berkumpulnya ikan di laut dengan menggunakan satelit serta juga ada penyulingan air laut menjadi air mineral yang disebut sebagai air mineral Megumi yang memiliki kadar oksigen tinggi. Di sekitar lokasi pantai juga terdapat taman wisata dengan fasilitas sirkuit Motor Cross dan Road Race yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi berlibur.

Di pinggir pantai para nelayan sibuk melakukan aktivitas, menurunkan hasil tangkapan ikan hari ini menuruni kapal untuk dijual ke pasar. Kebanyakan masyarakat yang tinggal disini menggantungkan hidupnya kepada laut yang kaya. Setiap hari memberikan berkah tangkapan ikan untuk menyambung hidup.

Di lokasi ini juga terdapat sebuah pura agung yang disebut dengan Pura Gede Perancak. Pura ini diperkenalkan oleh Dang Hyang Niarartha pada tahun 1946. Pura Gede  Perancak ini berada di sekitar aliran sungai yag tenang di kelilingi oleh hutan kecil yang indah serta pantai. Sekitar 250 meter dari pura inilah pantai Perancak yang biru berkilauan berada. Dari sana dapat terlihat bagian timur Pulau Jawa. Sementara disisi kanan sungai, ada beberapa deretan perumahan tradisional Bali. Kebanyakan pengunjung data untuk menyaksikan kegiatan agama atau upacara adat, namun tidak seidkit dari mereka pula datang untuk menikmati keindahan alam di sekitar pantai dan rumah penduduk.

 

Menuju Lokasi

 Perancak berlokasi di desa Perancak yang berjarak kira-kira 10 km sebelah barat daya desa Tegalcangkring, termasuk dalam wilayah Kecamatan Negara, Jembrana. Sekitar kurang lebih 98 km dari Denpasar. Dengan menggunkan kendaraan bermotor dapat di tempuh dengan mengikuti jalur Denpasar menuju Gilimanuk. Sampai di pertigaan Tegalcangkring lalu belok ke kiri atau ke arah selatan kurang lebih 10 km untuk sampai di lokasi kawasan Perancak yang meliput sungai dan pantai. Dengan menggunakan angkutan umum dapat dicapai dengan naik bemo yang menuju ke Gilimanuk yang berangkat dari Terminal Ubung dengan biaya 15,000 – 25,000 sekali jalan.

 

Catatan Rekomendasi

Kawasan ini merupakan sebuah kawasan kampung nelayan yang terdiri dari pantai dan sungai yang panjang penuh dengan jajaran perahu nelayan dengan berbagai ukuran. Wisata ke kawasan ini akan merupakan salah satu wisata alam dan budaya yang tak berujung. Di hari libur atau di akhir pekan pasar ikan yang berada di sekitar sungai akan ramai dikunjungi terutama oleh masyarakat lokal. Kawasan ini ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara yang ingin belajar budaya, terkadang mereka datang pula untuk menikmati keindahan alamnya. (editor:eric)

Baca juga:

1.Mengeksporasi Ubud dalam Waktu 3 Hari

2.Istana Klungkung, Menyingkap Keindahan Kerajaan Klungkung Era Bali Masa Lampau

3.Lovina Beach Bali, Where The Dolphins Freely Roam


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply