Berwisata Bersama Keluarga Di Kebun Teh Tambi



Berwisata bersama keluarga di Kebun Teh Tambi. Merasakan udara segar di tempat wisata yang indah dan lengkap tentu menjadi pilihan banyak orang. Di Jawa Tengah atau lebih tepatnya di Wonosobo, Anda bisa mendapatkan paket lengkap ini. Obyek wisata ini bernama Kebun Teh Tambi. Kebun teh ini adalah kebun teh peninggalan zaman Belanda yang hingga saat ini masih dirawat oleh sebuah perusahaan milik pemerintah. Di kebun teh ini tersedia lengkap pemandangan alam perkebunan dan outbound di kaki Gunung Sindoro. Kebun Teh Tambi semakin populer karena letaknya yang berada di jalur utama menuju Dataran Tinggi dieng, sehingga akan mudah ditemukan oleh para pengunjung.

Lokasi Dan Akses Jalan Menuju Kebun Teh Tambi

Kebun Teh Tambi berada di Sedayu, Sapuran, Kaabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Letaknya kurang lebih 16 kilometer arah utara Kota Wonosobo. Sedangkan jaraknya dari pusat Kota Yogyakarta sekitar kurang lebih 85 kilometer dan membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan dengan kondisi lalu lintas normal.

Anda bisa mencapai tempat ini dengan dua opsi yang bisa Anda pilih yaitu dengan kendaraan umum dan kendaraan pribadi. Namun karena jaraknya yang lumayan jauh, maka sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan umum agar Anda juga bisa merasa lebih nyaman. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan kendaraan umum yang pertama dilakukan adalah naik bus antar provinsi ataupun travel. Gunakanlah bus antar provinsi atau travel jurusan Yogyakarta-Wonosobo. Saat Anda sampai di Wonosobo, selanjutnya Anda bisa menggunakan bus jurusan Wonosobo-Dieng. Anda kemudian turun di Desa Tambi dan melanjutkan perjalanan yang berjarak 200 meter dari jalan utama.

Biaya Masuk Dan Jam Buka Kebun Teh Tambi

Anda diharuskan membayar biaya sebesar Rp. 2.000,00 per orang saat memasuki kawasan wisata Dieng. Sedangkan untuk biaya masuk ke Kebun Teh Tambi berkisar antara Rp. 27.500,00 sampai dengan Rp. 115.000,00 yang disediakan dalam beberapa pilihan paket. Pilihan pertama ada paket standar dengan minimal 10 orang yang di bandrol dengan harga Rp. 27.500,00 per orang. Kemudian apabila Anda pergi bersama rombongan besar, di sini juga tersedia pilihan paketnya. Paket ini bernama paket eksklusif dengan harga Rp. 55.000,00 per orang untuk minimal 20 orang ataupun paket eksklusif outbound game yang di bandrol dengan harga Rp. 115.000,00 per orang.

Bagi Anda yang memilih paket standar ataupun paket eksklusif, Anda akan sama-sama mendapatkan tur keliling perkebunan sambil melihat proses pembuatan teh. Untuk perbedaan dari kedua paket ini terletak pada jamuan maka yang disediakan pihak pengelola. Sementara untuk paket eksklusif outbound, Anda akan mendapatkan tur keliling perkebunan, jamuan makan, dan juga permainan outbound di sekitar area perkebunan. Anda bisa memilih paket sesuai kebutuhan Anda. Datang berkunjunglah ke kebun teh ini kapan saja karena kebun teh ini sendiri buka 24 jam.

Sejarah Kebun Teh Tambi

Perkebunan Tambi yang sekarang lebih menonjolkan wisata agro sebagai salah satu daya tariknya bagi para pengunjungnya, telah dibangun sejak tahun 1865 M. Pada awalnya perusahaan ini didirikan sebagai cabang dari salah satu perusahaan Belanda yang bernama Bagelen Thee & Kina Maatschaappij. Selanjutnya perusahaan tersebut dikelola oleh NV. John Peet yang berkantor pusat di Jakarta.

Seperti telah diketahui bahwa banyak perubahan yang terjadi saat Revolusi Kemerdekaan Indonesia yang juga berpengaruh pada pengelolaan perkebunan. Akhirnya pengelolaan perkebunan ini jatuh ke tangan pribumi yang sayangnya tidak berlangsung lama. Hal ini dikarenakan adanya Konferensi Meja Bundar pada tahun 1950 yang membuat kepengelolaan dikembalikan ke tangan Belanda. Kemudian pada tahun 1957 perusahaan tersebut bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Wonosobo dan selanjutnya muncul nama NV. Tambi. NV Tambi ini selanjutnya berubah menjadi PT. Tambi seperti yang sudah sering Anda dengar namanya.

Teh Tambi, Teh Khas Wonosobo

Kualitas teh hasil olahan Kebun Teh Tambi tidak perlu diragukan lagi. Hal ini karena produk perkebunan ini hampir 80% dijual ke perusahaan local maupun internasional yang tentunya dijual kembali dengan merek mereka sendiri. Hasil teh di perkebunan ini juga ada yang dijual dengan merek Teh Tambi dengan produk teh hijau dan teh hitam. Produk ini memiliki ciri khas pada produk kemasannya dimana terdapat lambang Punokawan.

Anda belum bisa disebut sebagai pecinta teh jika Anda belum pernah mencicipi teh hitam grade 1 ala Teh Tambi karena produk teh ini memiliki kualitas yang terbaik. Kualitas terbaik ini didapatkan melalui proses yang tidak sembarangan. Produk teh ini dihasilkan dari pucuk teh pilihan dan dipetik dari kebun teh yang berada di ketinggian 1400 sampai dengan 2100 mdpl. Ketinggian tersebut hampir mendekati arah puncak Gunung Sindoro.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan

Saat Anda berkunjung ke Kebun Teh Tambi, nikmatilah waktu yang ada dengan melakukan berbagai akfititas. Berikut akan dijelaskan beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan saat Anda berkunjung ke kebun teh ini.

  1. Bermalam Atau Beristirahat Di Sekitar Kebun Teh Tambi

Tempat wisata Kebun Teh Tambi telah dilengkapi dengan kamar-kamar penginapan yang bagus dan komplit. Anda tidak perlu khawatir jika ingin bermalam atau beristirahat di dekat tempat wisata ini. Bermalam di sini akan memberikan pengalaman yang berbeda karena suasana di sini akan terasa semakin dingin saat malam hari.

  1. Berkeliling Di Perkebunan Teh Tambi

Selain penginapan yang nyaman dengan fasilitas lengkap, Anda juga akan ditemani seorang pemandu yang menemani Anda berkeliling di perkebunan teh. Saat berkeliling di kebun teh Anda bisa melihat karyawan pemetik teh yang sedang beraktivitas. Anda juga akan dibawa masuk ke dalam pabrik untuk melihat proses pembuatan teh mulai dari daun hingga teh siap saji.

  1. Melihat Para Pemetik Teh

Bagi Anda yang pergi menyusuri kebun teh pada pagi hari, Anda akan berkesempatan melihat para pemetik teh sedang memetik teh. Pemetik teh ini sebagian besar adalah perempuan. Mereka memetik teh menggunakan gunting yang berukuran besar dan telah dimodifikasi. Agar bisa melihat perkebunan teh dalam kondisi terbaiknya yaitu saat sedang terlihat hijau-hijaunya, sebaiknya Anda datang ke tempat wisata ini saat musim hujan.

  1. Berwisata Sambil Belajar

Saat Anda berada di tempat ini, Anda dan keluarga Anda juga bisa sekalian belajar. Di sini Anda bisa belajar secara langsung dan mempraktekkannya. Anda bebas melihat aktivitas memetik teh, truk pengangkut teh, hingga menyapa penduduk local yang ramah.

  1. TrackingDan Outbound

Selain menawarkan wisata perkebunan, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain saat sudah bosan melihat teh. Anda bisa mencoba melakukan tracking di Kebun teh Tambi ini. Jika Anda ingin melakukan kegiatan outbound juga, silahkan untuk memilih paket eksklusif outbound game saat Anda masuk area perkebunan ini.

 

Leave a Comment