Bir Pletok, Minuman Jawara Betawi Yang Kini Disukai Banyak Orang



Ketika mendengar nama ‘Bir’ pasti terbayang kalau minuman tersebut terdapat zat alkohol, tapi ternyata ada juga lho minuman bir yang tidak beralkohol dan tidak memabukkan, inilah namanya ‘Bir Pletok’. Minuman khas asal Betawi yang disukai semua orang.

Biasanya bir pletok ditemukan saat ada acara besar seperti pasar malam, bazar, dan festival rakyat. Namun, sekarang ini keberadaannya sudah bertebaran di pinggir jalan, ada yang di restoran maupun di café. Dan pasti racikannya pun tidak asal-asalan karena resepnya turun menurun yang diwariskan agar kualitas rasa tetap orisinal.

Bir pletok es (sumber : rumahbaba)

Adapun pembuatannya juga melalui proses manual tanpa bahan pengawet, bir pletok hanya menggunakan bahan-bahan alami seperti serai, jahe, kembang pekak, biji pala, daun jeruk, kayu manis, daun pandan, dan kapulaga. Dan warnanya yang kemerahan didapat dari serutan kayu secang yang mengandung senyawa antioksidan.

Maka dari itu, jika bir konvensional mengandung alkohol dan mampu menggerogoti tubuhmu, bir pletok justru mengandung banyak khasiat karena dibuat dari bahan-bahan alami tanpa pengawet. Diantara khasiatnya adalah dipercaya secara turun temurun dapat mengatasi masuk angin,flu ringan, mengatasi tubuh pegal dan radang sendi serta melancarkan peredaran darah, dan masih banyak khasiat lainnya.  

Harga bir pletok yang dijual pun bervariasi, mulai dari Rp 8.000 – Rp 20.000 tergantung menu dan varian yang ditawarkan. Ada yang campuran telur ayam/bebek setengah matang. Ada campuran kacang hijau varian lainnya yang dicampur buah-buahan.

Minuman Para Jawara Yang Kini Disukai Semua Orang

Konon, bir pletok sudah ada sejaka jaman Belanda menduduki Batavia. Awalnya, orang Belanda memang gemar meminum bir alkohol ketika pesta bersama rakyatnya, hanya karena orang Betawi sudah tahu bahwa bir itu haram karena beralkohol. Maka, dibuatlah racikan minuman khusus buatan orang Betawi yang bernama bir pletok.

Sumber : youtube

Karena khasiatnya yang luar biasa sebagai penghangat badan, akhirnya orang-orang Belanda mulai suka dengan bir pletok hingga mereka pun memasukannya ke dalam botol dengan es batu kemudian mengocok-ngocok botol tersebut sampai terdengar suara pletak-pletok yang dari itulah terinspirasi menamakan bir pletok.

Namun, cerita di atas adalah asal usul dinamakan bir pletok, tapi harus anda ketahui bahwasanya racikan bir pletok sudah dibuat oleh orang-orang dulu yang biasanya diminum para jawara Betawi dalam setiap pertarungan bahkan peperangan. Tujuannya agar badan semakin kuat, sehat, bugar. (dz)

Related Post :

1. 7 Tempat Makan Favorit Keluarga di Jakrta Yang Berkonsep Alam

2. 7 Kedai Roti Bakar di Jakarta Yang Paling Populer

3. 7 Warung Soto Betawi Paling Maknyus di Jakarta

 

Leave a Comment