Bukit Cumbri, Potensi Pesona Wisata Baru Wonogiri



Masyarakat mengenal kota Wonogiri dengan makanan bakso dan Waduk Gajah Mungkurnya, namun kota ini juga menyimpan sebuah destinasi wisata alam yang tidak kalah menarik dari wisata alam lainnya. Bukit Cumbri biasa disebut, nama dari sebuah bukit yang berada di perbatasan dua kabupaten sekaligus, yakni Ponorogo Jawa Timur, dan Wonogiri Jawa Tengah.


sumber foto: forum.detik

Secara geografis bukit ini berada di Desa Kepyar, Purwantoro, Wonogiri dan sebagian lainnya berada di Desa Pager Ukir, Sampung, Ponorogo. Memang suasana bukit ini sangat gersang sehingga perlu usaha keras untuk mencapai puncak 638 mdplnya, dan hanya bisa dilakukan dengan melakukan trekking selama satu jam santai dengan medan yang tidak terlalu sulit.

Tetapi rasa lelah akan lunas terbayar ketika sudah mencapai puncak, pemandangan cantik di puncak bukit Cumbring seakan mampu melunasi segala usaha yang telah dilakukan dalam mencapainya. Satu hal lagi yang bisa menghipnotis pengunjung adalah panorama sunrise dan sunset dari atas puncak, menjadi pengalaman yang luar biasa saat menyambut malam di Wonogiri.

Hanya saja untuk momen matahari terbit harus naik kepuncaknya sebelum subuh agar kebagian matahari terbitnya.


sumber foto: pariwisataponorogo

Satu hal lagi, Diatas puncak bukit disuguhi relief batuan yang begitu unik, tebing tinggi yang terjal. Dari puncaknya pula kita bisa menikmati jejeran perbukitan disekitarnya yang begitu indah. Bagi yang ingin berkemah sambil menikmati indahnya suasana malam kabupaten Wonogiri dan Ponorogo, disarankan untuk membawa air yang banyak karena memang di puncak Cumbri tidak ada air.

Wisata Yang Belum Resmi di Buka

Bukit ini masih belum dibuka untuk tempat wisata jadi tidak ada biaya/retribusi untuk tiket masuk. Area parkir juga belum ada, sehingga motor cukup di taruh di samping kebun warga. Tetapi tenang, karena masyarakat disana cukup ramah dan baik sehingga tak usah khawatir menitipkan kendaraan disana.

Jika berkunjung Ke Wonogiri tak ada salahnya mampir di bukit cumbri untuk menikmati eksotisme pemandangan alam Jawa Tengah dan JawaTimur dari satu titik, dan ingat jangan mengambil apapun kecuali foto dan jangan tinggalkan apapun kecuali jejak kaki. (rdw)

Related Post:

1. Gunung Rinjani, Surga Kecil Singgasana Dewi Anjani

2. Masjid Laweyan Bukti Sejarah Perkembangan Islam di Solo

3. Lamafa: Juru Tombak Tradisi Berburu Paus di Pulau Lembata 

Leave a Comment