Bumi Perkemahan Mandalawangi, tempat Camping keluarga di Cibodas

Banyaknya pekerjaan, pasti bikin kalian penat dan pengen liburan, tapi butuh tempat yang dingin, ramah keluarga, dan akses jalannya tidak begitu sulit. Gampang, cukup camping di Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas, di Jawa Barat. Tempat yang satu ini memang cocok sekali untuk berkemah dan menikmati alam sejenak.

Mandalawangi Camping Ground adalah sebuah bumi perkemahan yang berada di kawasan Wisata Cibodas. Letaknya berdampingan atau tepatnya di pintu keluar Kebun Raya Cibodas dan berada di kompleks Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Karena letaknya di bawah kaki Gunung Gede Pangrango, Bumi Perkemahan Mandalawangi memiliki nuansa alam yang masih segar, sejuk, dingin, dan indah sehingga banyak peminatnya.

Banyak yang menarik di Buper Mandalawangi; memiliki kondisi geografisnya terdiri dari sungai, danau, tanah kerikil yang mudah menyerap air, tanah rerumputan, semak, pepohonan, hutan dan keadaan suhu yang relatif dingin. Hal tersebut membuat orang terpancing untuk mendirikan tenda, dan bermalam.

 

Ketika kalian memasuki areal Mandalawangi Camping Ground, kalian akan dihadapkan patung Komodo yang mulutnya terbuka dan berfungsi sebagai jalan atau terowongan. Karena itulah, sebagai masyarakat menyebut Taman Mandalawangi ini sebagai Taman Komodo. Selain sebagai bumi perkemahan, disini juga terdapat beberapa objek wisata yang tak kalah menarik untuk dinikmati. Diantaranya adalah Danau Mandalawangi Cibodas, sungai Cikundul, jungle track, air terjun Rawa Gede, perahu dayung, patung dinosaurus, dan juga fasilitas high rope seperti flying fox. Gimana, seru kan?

Eits ada yang lebih menarik, disini juga menyediakan alat camping, seperti tenda, alat masak, sampai kasur, dan lain sebagainya. Cocok banget bagi kalian yang tidak mau bawa alat perkemahan. Maka dari itu, kurang seru kalau ke Buper Mandalawangi cuma jalan-jalan saja, tanpa bermalam disini. Jika bermalam, kalian bisa menyalakan api unggun, bermain gitar bersama keluarga, dan pasti ada tukang skoteng yang menghampiri. Paket komplit!

Rugi kalau pagi masih tidur didalam tenda, kalian harus keluar dan menyaksikan pemandangan dengan latar Gunung Pangrango yang gagah. Nah, setelah itu jangan sampai kalian lewatkan untuk bermain di sungai yang tidak begitu deras airnya. Nah, ini ada satu spot yang banyak belum orang tahu, disini terdapat tempat seperti savanna yang memiliki rumput hijau dan luas. Eits tenang, masih ada yang lain; kalian juga bisa bermain perahu dan mendayungnya sendiri dengan harga 25 ribu selama sejam. Disamping itu juga bisa jalan-jalan sebentar melihat pinus yang berdiri gagah dibeberapa blok disini, pun bisa jalan cukup 25 menit untuk melihat mini air terjun yang dingin airnya.

Setelah lelah berkeliling dan berswafoto yang ini jangan sampai kelewatan, kalian gunakan waktu untuk memasak, kalau malas masak jangan khawatir, disini sudah tersedia beberapa warung untuk mengenyangkan perut, atau Ibu-ibu penjaja cemilan, begitu juga ada tukang cilok yang seliweran. Paket camping yang komplit bukan? Hanya dengan merogoh kocek 27.500 rupiah untuk camping, kalian gak bakal kecewa. Selamat berlibur!

@inay


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply