Candi Ijo, Candi Dengan Letak Tetinggi Di Jogja

Candi adalah sebuah bangunan tempat ibadah purbakala yang berasal dari peradaban Hindu-Budda. Di Indonesia sangat banyak memiliki candi. Salah satunya adalah Candi Ijo. Candi yang terletak di desa Sambirejo, Prambanan, Yogyakarta ini adalah candi dengan letak tertinggi di Jogja. Jika kalian ingin ke Candi Ijo, kalian harus menyusuri selatan komplek Istana Candi Boko dimana saat dalam perjalanan kalian akan menemukan banyak candi.

Candi ini ada sejak sekitar abad ke 9 di sebuah bukit yang dikenal dengan Gumuk Ijo. Ketinggiannya mencapai 410 m dari permukaan laut. Karena daerahnya yang terletak sangat tinggi, kita tidak hanya bisa menikmati candi namun kita juga bisa menikmati bentangan alam yang sangat indah dari atas sini.

Dari arsitektur candi, candi ini merupakan candi Hindu. Berbagai macam bentuk seninya dijumpai dari pintu masuk yang terdapat kala makara dengan motif kepala ganda dan beberapa atributnya. Ada juga arca yang menggambarkan sosok perempuan dan laki laki yang melayang menghadap sisi tertentu. Sosok mereka tentu memiliki makna seperti pengusir roh jahat dan keduanya dilambangkan sebagai Dewa Siwa dan Dewi Uma yang dimaknai sebagai awal terbentuknya alam semesta.

Komplek candi ini terdiri dari 17 struktur bangunan dan yang terbagi menjadi 11 teras berudak. Bangunan candi perwara di teras ke 11, terdapat sebuah bak api untuk pengorbanan. Tepat di atas tembok belakang bagian bak terdapat sebuah ventilasi berbentuk segitiga secara sejajar. Adanya tempat bak pengapian itu merupakan bahwa masyarakat Hindu memuja Brahma.

Mengunjungi candi ini kalian bisa menjumpai pemandangan indah yang tidak terkalahkan. Bila kalian menghadap ke arah barat dan memandang ke bawah, maka kalian akan melihat bandara Adisutjipto. Adanya Candi Ijo ini membuat bandara Adisutjipto ini tidak bisa diperpanjang ke arah timur.

Baca juga:

1.Coba Adu Nyali Di Ayunan Ekstrim Kabupaten Enrekang

2.5 Pantai Pasir Putih Di Jogja

3.Keindahan 5 Gunung Di Bali Membuatmu Terperangah


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply