Cari Oleh Oleh? Pasar Beringharjo Saja

(sumber: hiruk pikuk)

Belum lengkap rasanya kalau kita sedang di kota pelajar Jogjakarta tetapi belum mampir ke pasar tradisional beringharjo. Pasar yang ada sejak tahun 1758 ini terbilang pasar yang sangat lengkap. Awalnya Pasar Beringharjo ini adalah kawasan hutan beringin. Ratusan tahun kemudian, tepatnya tahun 1925, pasar beringharjo memilik gedung permanen. Hingga kini Pasar Beringharjo adalah ikon kota Jogja yang menjual berbagai jenis jualan. Mulai dari jualan sayur sayur, batik, jajanan pasar hingga suvernir pernikahan. Sangat disayangkan apabila kalian melewatkan pasar tradisional ini.

Bagian depan dan belakang pasar sebelah barat merupakan tempat untuk berjualan jajanan pasar khas kota jogja. Bagian depan sebelah utara, banyaknya penjual brem bulat dan krasikan. Pedagang di sebelah selatan menjual bapia yang biasanya masih hangat. Sementara dibelakang biasanya berjualan ting ting.

Jika ingin membeli batik, pasar Beringharjo ini adalah pusatnya. Mulai dari kain hingga baju, berbahan katun hingga sutra dan berharga 20ribuan hingga jutaan! Tempat batik terletak di hamper seluruh pasar bagian barat. Tidak hanya batik, tersedia juga blangkon, baju sorjan, sandal dan tas tas dengan motif batik.

(sumber: sloops)

Walaupun pasar ini tutup pukul 5 sore, di depan pasar beringharjo ini biasa digunakan berjualan jajanan seperti martabak, terang bulan, klepon, onde onde dan putu. Saat malam tiba, masih kurang bila kalian belum jalan jalan di sekitar pasar beringharjo ini. Bagaimana? Tertarik untuk mampir ke pasar tradisional Beringharjo? (sumber: yogyes)

Baca juga:

1.Kacamata Dari Limbah Kayu?

2.Jangan Lupakan 10 Barang Ini Saat Mendaki

3.10 Hal Antisipasi Di Pulau Komodo


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply