Citarasa Kuliner Ndesoo Sambal Welut Pak Sabar Yogyakarta

Bagi pecinta kuliner desa jika mengunjungi kota Yogyakarta, rasanya wajib mengunjungi Sambal Welut Pak Sabar. Karena kelezatannya memang sudah diakui para pecinta kuliner. Bahkan banyak dari media-media yang pernah meliput tempat yang satu ini.

Sesuai namanya Warung ini menyajikan menu spesial sambal belut. Sambal Welut Pak Sabar berada di Jalan Imogiri Barat Km. 4, tepatnya di Dokaran, Tamanan, Banguntapan, Bantul. Warung ini buka dari jam 10.00 wib sampai jam 22.00 wib. Sambal Welut Pak Sabar berada diselatan Kota Yogyakarta, tidaklah akan terasa jauh jika sudah merasakan kelezatannya.

Jika dari kota Yogyakarta, dapat melalui jalan Imogiri Barat menuju kearah selatan. Ada dua pertigaan kearah kiri, pertigaan pertama pertigaan Ngoto dan yang kedua pertigaan Dokaran. Pilihlah pertigaan kedua untuk menuju Sambal Welut Pak Sabar. Dari pertigaan belok kiri (timur) melewati jembatan, setelah jembatan ada masjid di kanan jalan. Disamping masjid ada jalan kecil, tidak jauh warung pak Sabar sudah terihat. Untuk parkir cukup memadai meski Anda membawa mobil, bisa diparkir di deket warung.

Menu Sambal Welut Pak Sabar, Maps.co.id

Sambal Welut Pak Sabar tampak tidak luas namun cukup besar bagi pengunjung yang datang rombongan. Kebersihan nampaknya sangat dijaga untuk kenyamanan pengunjungnya. Saat memesan menu, setiap menu dihitung berdasarkan jumlah ons. Jadi, berbagai pesanan dapat disajikan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Sangat cocok jika datang dengan beberapa orang. Bagi pengunjung yang datang sendiri tidak perlu khawatir, karena ada porsi yang disesuaikan.

Menu spesial sambal welut adalah andalan yang memang menggugah selera. Rasa sambal yang pas dipadu dengan rasa belut yang khas yang bisa di pesan dengan kadar pedas sesuai selera. Disajikan dengan lalapan timun, kemangi, serta kulupan daun singkong. Selain sambal belut, menu yang lain adalah belut goreng, kuthok (ikan gabus), dan lele lokal bukan dumbo. Dari menu yang disediakan tampaknya pak sabar men-spesialisasikan masakan ikan air tawar.

&

Menu Sambal Welut Pak Sabar, Maps.co.id

Proses pembuatan sambal welut yaitu dengan menghilangkan duri belut selanjutnya diulek dengan sambal. Sekarang belut dan sambal tidak lagi diulek menggunakan cobek, tapi ditumbuk dengan alu untuk mempermudah mengolahnya dan lebih cepat. Namun tidak mengurangi sedikit pun sensasi kelezatannya. Sambelnya menggunakan bahan dasar cabai hijau terlihat begitu menyegarkan. Belum lagi aromanya, benar-benar wangi. Perpaduan cabe hijau, rempah, kemangi, dan jeruk purut bercampur dengan sangat pas. Untuk welut gorengnya pun digoreng dengan baik, tidak terlalu garing namun matang. Semuanya bahan baku disambal welut pak sabar menggunakan bahan yang segar, baik dari menu utama sampai lalapannya.

Pramusaji disini pun sangat ramah kepada pengunjung yang datang. Penyajian teh di sini juga terlihat spesial, kental dan pahit, kalau anda pesan menggunakan gula batu, maka disediakan dalam gelas bebeda teh panas dan es batu di gelas yang lain, ini agar gula batu mudah larut dengan air panas. Sambal welut pak sabar mempunyai cabang di jalan. Dr. Wahidin Sudirohusodo N0. 72, Jebugan, Bantul atau lebih mudahnya berada di gedung PLN Bantul Jam bukanya pun sama, sekitar pukul 10.00 wib sampai jam 22.00 wib.

***


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply