Cibaduyut: Buah dari Sepatu?

Kota Kembang dengan pesona alamnya yang hijau, cuacanya yang sejuk, variasi kulinernya yang menggiurkan, kecantikan peuyeumpuannya mojangnya yang memicut hati, selalu mengundang pelancong untuk kembali datang ke sini. Tampak tidak pernah habis pesona yang ditawarkan ibu kota Tatar Parahiyangan. Kamu yang suka dengan belanja, terlebih belanja sepatu, tentu tidak asing lagi dengan kawasan Cibaduyut, surga belanja produk sepatu dan kulit di kota Bandung.

 

 

Cibaduyut, Buah Sepatu

Kawasan Cibaduyut memang sudah lama terkenal bagi pelancong maupun masyarakat Bandung sebagai sentra kerajinan sepatu dan kulit. Di sepanjang jalan ini, kamu harus siap-siap memanjakan matamu dengan deretan toko – toko penjual sepatu yang sebagian besar sudah berdiri lama. Tapi siapa sangka, nama kawasan ini diambil dari nama buah. Cibaduyut berasal dari dua kata: yakni ci dan baduyut. Ci atau cai dalam bahasa Sunda berarti air. Sedangkan baduyut merupakan sebuah tumbuhan bernama latin Trichosanthes villosa Blume, masih satu kerabat dengan timun, semangka, dan melon.

 

Tumbuhan ini memiliki ciri daun berbentuk bulat dengan buah berbentuk elips. Ukurannya sekitar 15 cm. Warna buahnya hijau keputih-putihan atau kuning pucat dengan garis putih yang tebal. Rasa buahnya manis. Tumbuhan ini mempunyai beragam khasiat. Diantaranya bisa untuk obat flu dan obat diare. Sayangnya, tumbuhan ini sudah tak ditemukan lagi di Cibaduyut, namun bisa dicari di daerah pegunungan Bandung Utara seperti Lembang atau Bandung Selatan seperti Ciwidey.

 

Berbeda dengan toko – toko sepatu pada umumnya, di kawasan selain kamu bisa memilih model sepatu yang disuka, kamu juga bisa memesan model sepatu yang kamu inginkan.. Harga sepatu yang dijual maupun dipesan khusus pun bervariasi, mulai dari puluhan ribu saja sampai dengan ratusan ribu rupiah. Dengan kualitas yang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, produk kerajinan Cibaduyut bahkan sampai terkenal se-Asia. Banyak pengunjung dari luar negeri yang juga membeli atau memesan sepatu dari sini.

 

Kamu yang sudah niat untuk membeli atau memesan sepatu dari sini, siap-siap saja dengan kemacetan yang menyambut saat datang di akhir minggu atau ketika liburan. Kawasan ini akan selalu ramai dengan pengunjung, bahkan pada hari biasa. Oh ya, selain kerajinan sepatu, dompet dan kulit, kamu juga bisa berbelanja oleh-oleh Bandung seperti peuyeum, opak, dodol, oncom, dan lain-lain.

 

Cukup mudah jika kamu mau ke sini. Dengan berpatokan pada terminal Leuwipanjang dan tugu sepatu di depan jalannya, kamu tidak akan salah ketika menuju ke sini. (fjr)

 

Artikel Terkait:

1. Belanja Sambil Mendayung? Di Sini Nih!

2. Surga Belanja di Jakarta

3. Jelajahi Pasar Klungkung Bali


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply