Citarasa Asli Oleh-Oleh Khas Yogyakarta, Bakpia Sehat - Bakpia Kedaton

Salah satu camilan yang menjadi ikon kota yogayakarta adalah bakpia. Camilan yang satu ini banyak diburu wisatawan yang datang ke yogyakarta, baik untuk dikonsumsi sendiri atau sebagai oleh-oleh saat pulang kedaerah dan tujuan masing-masing. Ketenaran bakpia sudah menembus ketelinga wisatawan asing. Bahkan banyak dari wisatawan sudah mengenal/mengetahui sentra bakpia di jogja adalah di daerah pathok. Namun sekarang ini banyak produsen bakpia diluar dari daerah pathok berdiri dan tetap memiliki rasa yang lezat dan kekhasannya masing-masing, Salah satunya adalah bakpia kedaton.

Bakpia kedaton berlokasi di grand resort pelemsewu D 1, panggung harjo, sewon, bantul, yogyakarta. Sangat mudah untuk menemukan lokasi bakpia kedaton, yang berada di selatan kota yogyakarta. Jika dari kota yogyakarta, tinggal mengikuti jalan parangtritis menuju kearah selatan hingga bertemu perempatan lampu merah ringroad selatan. Dari perempatan lampu merah ringroad selatan teruskan perjalanan kearah selatan masih di jalan  parangtritis, hingga bertemu perempatan samsat. Dari perempatan samsat berbelok ke kanan (arah barat), kira-kira 200 meter dari perempatan samsat sudah dapat ditemukan bakpia kedaton di sebelah kiri jalan. Jika naik bus, dari terminal giwangan naik bus jurusan parangtritis. Turun di perempatan samsat melanjutkan jalan kaki ke arah barat kira-kira 200 meter.

(Proses Bakpia Kedaton)

Bakpia kedaton adalah usaha keluarga yang dirintis oleh pak sugi. Sebelumnya pak Sugi bekerja di salah satu bank swasta. Saat bekerja di bank tersebut pak Sugi sering membawa produksi bakpianya ke kantor dan selalu habis terjual. Semakin lama pemesanan bertambah dalam jumlah yang cukup banyak. Melihat peminat bakpia buatannya dan peluang pasar, maka pak Sugi memutuskan keluar dari bank swasta tersebut untuk fokus memajukan dan mengelola bakpia kedaton.

Dibantu oleh lima karyawan tetap, pak Sugi memulai usahanya. Bahkan pak Sugi hingga saat ini masih terlibat langsung dalam pengolahan bahan baku. Hal ini dikarenakan dia ingin agar cita rasa kelezatan bakpia kedaton tetap sama dan terjaga. Disaat ramai pesanan, pak Sugi merekrut dan mempekerjakan tenaga lepas dari warga wilayah sekitar.

Service untuk konsumen bakpia kedaton siap mengantar sekitar wilayah yogyakarta, dengan minimal pemesanan tiga box (isi 15 atau 20 biji bakpia) untuk diantar langsung ketujuan. Pak Sugi pun tak segan-segan menggantar sendiri pesanan kepada konsumen. Bakpia kedaton ingin memberikan service bagi penggemar, hal ini sesuai dengan jargon nikmati lezatnya, nikmati fasilitasnya bakpia kedaton.

(Bakpia Kedataon)

Selain rasa original kacang ijo, Bakpia kedaton juga mempunyai ragam cita yaitu nanas,cokelat, keju, durian, kumbu hitam, capucino, susu dan labu. Range harga yang ditawarkan satu dus berisi 15 sampai 20 biji sekitar Rp. 20.000,- sampai Rp. 28.000,-, semua tergantung pada rasa yang dipilih.

Kualitas bahan yang digunakan dan kelezatan rasanya sudah tidak diragukan lagi. Hal ini tidak lepasnya dari bahan baku digunakan dan proses yang terkontrol saat produksi sangat dijaga oleh bakpia kedaton. Hal ini berkaitan dengan Slogan bakpia kedaton yaitu “Bakpia sehat, Bakpia kedaton”. Sesuai slogan yang diusung bakpia kedaton, kepuasan dan Kesehatan konsumen adalah nomor satu.


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply