Contek 6 Cara Alami Orang Dulu Bersihkan Giginya

header via indonesiakaya.com

Pernahkah kamu membayangkan bagaimana cara kakek, nenek atau leluhur kita dulu membersihkan giginya? Seperti yang kita tahu, zaman dulu kan belum ada pasta gigi tetapi mereka tetap bisa menjaga kesehatan dan kebersihan giginya dengan bagus.

Bisa dibilang orang dulu lebih alami dibandingkan generasi millennial sekarang ini, kok bisa ya menjaga kesehatan gigi tanpa harus menyikat gigi dan pasta? Biar makin jelas. Berikut ini 6 cara orang dulu membersihkan gigi dengan memanfaatkan bahan dari alam, simak yuk!

1. Cengkeh

Tanaman ini dikenal bisa menguatkan aroma pada makanan, nah orang-orang dulu juga menggunakannya untuk menghilangkan bau tak sedap dari mulut. Artinya, cengkeh hanya digunakan untuk mengharumkan nafas bukan untuk menggosok gigi. Caranya hanya mengunyah beberapa buah cengkeh setelah memakan makanan yang berbau tajam, mudah kan?

2. Buah Pinang dan Sirih

Untuk yang satu ini bahkan sudah menjadi tradisi lho, biasanya disebut dengan tradisi bersirih atau menginang. Kebiasaan ini sudah berlangsung lama, lebih dari 3000 tahun yang lalu atau pada zaman neolitikum. Salah satu daerah yang masih melestarikan tradisi ini adalah Papua, karena buah pinang berfungsi menguatkan gigi dan gusi. Caranya dengan mengunyah buah pinang bersama batang sirih selama mungkin kemudian melepehkannya ke tanah, imbasnya bisa terlihat jika masih menemukan orang tua di Papua dengan gigi yang bersih dan sehat.

3. Jeruk Nipis Ditambah Garam

Cara ini sudah dikenal sejak lama dan ampuh untuk memutihkan gigi bila menggunakannya secara rutin, tetapi perlu diingat nih guys, cara ini hanya diperbolehkan satu kali dalam sehari soalnya bila berlebihan campuran jeruk nipis dan garam bisa membuat iritasi pada mulut. Cukup mudah membuatnya, siapkan perasan jeruk nipis lalu taburkan garam secukupnya. Setelah itu, gosok-gosokan ke gigi.

4. Daun Jambu Kelutuk

Jambu kelutuk atau jambu biji juga dijadikan orang dulu sebagai tanaman untuk membersihkan gigi. Tipsnya memilih daun jambu kelutuk yang masih muda, kemudian hanya dikunyah-kunyah. Well, selain dikunyah juga bisa direbus, caranya masukan 3-4 helai daun jambu kelutuk ini ke dalam air rebusan yang ditambah sedikit garam. Konon, air rebusan jambu kelutuk ini bisa dijadikan obat kumur sehari-hari.

5. Daun Salam

Tumbuhan ini selain dikenal untuk memantapkan aroma makanan juga bisa membersihkan plak gigi lho. Orang dulu menggunakannya dengan cara mengambil beberapa lembar daun salam, lalu menggosok-gosokannya ke gigi. Setelah digosok, mereka kumur dengan air hangat. Cara ini dipercaya bisa merontokkan plak yang menempel pada gigi. Percaya? silahkan kamu coba sendiri ya!

6. Arang Kayu

Wah ini yang agak terdengar ekstrem, bagaimana bisa menggunakan arang kayu untuk membersihkan gigi yang ada malah gigi nanti menjadi kotor dan hitam, bukan begitu? konon cara ini sudah dikenal sejak lama. Caranya mudah, cukup menghaluskan arang kayu kemudian ambil seperlunya dan digosokan ke gigi lalu bilas dengan air hingga bersih. Namun perlu diingat jangan terlalu sering karena jika terlalu banyak bisa merusak email pelindung gigimu lho.

rujukan: suaranews, indonesiakaya, & sitkes.com

Artikel lainnya:

1. 4 Teman Begadang Selain Kopi, Bebas Kafein Lagi!

2. Minum Jus Ini Bisa Hilangkan Bau Badan Sepanjang Hari

3. Ini yang Terjadi Bila Konsumsi Pisang Tiga Kali Sehari


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply