Danau Toba, Pesona Keindahan Danau Terbesar Kedua di Dunia



Danau Toba selalu memberikan ketenangan bagi warga dan wisatawan yang mengunjunginya. Suasananya begitu asri dan segar dikelilingi perbukitan kecil yang hijau.

Dengan luas 1.145 kilometer persegi, Danau Toba dinobatkan sebagai danau terluas di Asia Tenggara dan terbesar kedua di dunia sesudah Danau Victoria di Afrika. Danau Toba juga termasuk danau terdalam di dunia yaitu sekira 450 meter.

Bagi masyarakat sekitar Danau Toba memiliki sejarah magis yang dipercayai sebagai tempat tinggal Namborru (tujuh dewi nenek moyang Suku Batak). Apabila suku Batak akan melakukan upacara di sekitar danau mak mereka harus berdoa dan meminta izin Namborru terlebih dahulu.

Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Masih banyak tempat yang belum terjamah di Pulau Samosir termasuk seni kebudayaannya, yaitu Patung Sigale-gale yang bisa menari dan bergerak sendiri.

(baca juga: Misteri Patung Sigale-gale Yang Bisa Menari dan Menangis Sendiri)

Di pinggiran Danau Toba terdapat beberapa air terjun yang sangat mempesona dan juga terdapat tempat pemandian air belarang. 

Jika ingin melihat pemandangan Danau Toba yang spektakuler, datanglah ke kota Parapat yang berada di semenanjung agak menonjol ke danau.

Di sana telah dihuni masyarakat Batak Toba dan Batak Simalungan yang dikenal memiliki sifat ceria dan mudah bergaul, terkenal pula senang mendendangkan lagu bertema cinta yang riang namun penuh perasaan.

Waktu ideal untuk melihat kemeriahan dan ritual tradisional suku Batak adalah saat upacara Pesta Masyarakat Danau Toba atau dikenal dengan 'Festival Danau Toba'.

(baca juga: Pesan Jokowi: "Karnaval Pesona Danau Toba Harus Dilanjutkan Tiap Tahun")

Saat itu, banyak upacara dilakukan untuk menghormati nenek moyang suku Batak dan menampilkan upacara tradisional, acara olah raga, nyanyian, dan tarian Batak. 

(das)

Leave a Comment