Dieng: Dataran Tinggi tempat Para Dewa Bersemayam

Sumber foto header: sociotraveler.bl.ee

Dataran tinggi Dieng merupakan sebuah cekungan yang terbentuk oleh letusan Gunung Prau ribuan tahun lalu. Tempat yang terletak 2093 mdl ini menjadi tempat suci umat Hindu Jawa sejak abad ke 8. Hingga kini, pengunjung masih bisa menyaksikan sisa-sisa candi yang dibangun oleh Dinasti Sanjaya di Dataran Tinggi Dieng. 

Lokasi ini tiap tahun dikunjungi ratusan ribu turis karena menawarkan berbagai wisata alam hingga sejarah. Di tempat ini, pengunjung bisa melakukan trekking untuk mengejar matahari terbit, belajar sejarah di candi-candi, hingga menikmati keindahan telaga warna.

Telaga warna dieng wonosobo

Sumber foto: javaheritagetour.com

Titik paling terkenal di Dataran Tinggi Dieng adalah komplek Telaga Warna. Di tempat ini, pengunjung bisa melihat dua telaga yang berbeda warna. Telaga Warna dengan warna hijau kebiruannya. Dahulu telaga ini sesekali berwarna merah atau kuning karena aktivitas vulkanik. Sedangkan telaga pengilon berwarna putih sepeti kaca. Jika mengelilingi kedua telaga ini pengunjung dapat singgah di Gua Semar yang hingga kini kerap dipergunakan sebagai tempat semadi.

Lokasi kedua adalah Komplek candi Arjuna. Bangunan yang terdiri dari lima buah candi kecil ini cantik jika didatangi di pagi hari. Pengunjung bisa menikmati pemandangan candi dengan latar belakang bukit-bukit dan kabut. Penduduk lokal menamai candi-candi di komplek ini dengan nama tokoh wayang seperti: Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Candi yang merupakan candi tertua di Pulau Jawa ini dibangun untuk memuja dewa Siwa. Hal tersebut terlihat dari penemuan lingga dan yoni di candi utama. Komplek Candi Arjuna juga memiliki archa Ganesha, Agastya, dan Dewi Durga yang kini tersimpan di Museum Kailasa.

candi arjuna dieng

Sumber foto: Wisatapedia.id

Tiap tahun, Dinas Pariwisata menyelenggarakan festival budaya. Pada saat ini, anak-anak Dieng yang lahir dengan rambut gimbal menjalani upacara ruwatan. Acara ini menjadi salah satu tujuan wisata utama di Dieng. Pada waktu puncak perayaan festival, jangan harap bisa mendapat hotel kosong jika tidak memesan jauh hari karena banyak turis dari luar kota datang.

candi arjuna kabut dieng

Sumber foto: m.tempo.co

Dataran yang menjadi bagian dari wilayah Wonosobo dan Banjarnegara ini dapat dicapai dengan perjalanan antara empat hingga lima jam dari Yogyakarta. Banyak tour dan travel di Malioboro dan lokasi turis di Yogyakarta yang menawarkan paket wisata untuk mengunjungi tempat Dataran Tinggi Dieng.

 

 


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply