Grand Surya, Hotel Bintang 4 Pertama di Kota Kediri



Kediri adalah sebuah kota tua yang pada 2015 ini akan genap memasuki usia 1136 tahun. Ia adalah ibukota Kerajaan Kadiri yang tersohor pada abad X Masehi. Sungai Brantas yang melahirkan peradaban banyak kerajaan modern di Nusantara tepat melintas di tengah kota ini.

Sementara Kota Kediri modern tumbuh begitu pesatnya. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dilansir pada Agustus 2010, Kota Kediri menempati urutan ke empat Kota atau Kabupaten Terkaya di Indonesia. Urutannya adalah Kota Bontang di Kalimantan Timur, Kabupaten Mimika di Papua, Jakarta Pusat di DKI Jakarta, dan Kota Kediri. Ini Setelah pada tahun sebelumnya Kota Kediri mencatatkan produk domestik bruto (PDB) Rp 202,33 juta per kapita. Bukan sebuah angka yang mencengangkan sebenarnya, karena di tengah kota yang hanya memiliki lima kecamatan ini berdiri sebuah pabrik rokok raksasa PT Gudang Garam, Tbk.

Dengan latar belakang itulah, sejak otonomi daerah di berlakukan dan wilayah Kediri dipisah antara Kotamadya dan Kabupaten, praktis pertumbuhan ekonomi kota ini melaju pesat. Berbagai pusat perbelanjaan, hiburan dan hotel didirikan untuk mengakomodasi masyarakat yang semakin konsumtif dengan tumbuhnya ekonomi kelas menengah.

Salah satu yang ikut meramaikan adalah berdirinya Hotel Grand Surya yang mencolok dengan bangunan menjulang di tengah pusat pertokoan legendaris Jalan Doho. Grand Surya Hotel adalah hotel berbintang 4 dengan nuansa dan desain arsitektur bangunan gaya minimalis kontemporer yang menyediakan fasilitas lumayan lengkap. Hotel ini hanya berjarak 200 meter dari Stasiun Kota Kediri, sekitar 5 kilometer dari terminal bus, dan 120 kilometer dari Bandara Internasional Juanda – Surabaya.

Dengan lokasinya yang berada di pusat kota, Grand Surya Hotel Kediri mudah dijangkau dari semua kawasan wisata dan alamat bisnis di Kediri. Kamu bisa menikmati wisata kuliner legendaris nasi pecel yang banyak  dijajakan di trotoar Jl Doho mulai pukul 19.00 sampai 02.00 WIB dini hari. Di kota ini kamu akan mudah menemui banyak pedagang mie dan nasi goring yang masih setia dengan menggunakan bahan bakar arang dan anglo untuk memasak.

Grand Surya memiliki arsitektur bangunan berlantai 9 dengan jumlah kamar sebanyak 166 kamar yang terdiri dari 2 kamar President Suites, 4 kamar Junior Suites, 8 kamar Deluxe dan 152 kamar Superior. Tiap kamar telah dilengkapi dengan fasilitas modern seperti AC, TV satelit, minibar hingga jaringan internet di beberapa kamar tertentu. Selain itu sebagai penunjang kenyamanan penginap, Grand Surya juga menawarkan fasilitas pendukung dalam beraktifitas seperti restoran, business centre, fitness centre, spa, hingga ballroom.

Kamu juga bisa mengikuti paket tur wisata kota yang disediakan oleh hotel seperti mengunjungi sentra tenun ikat di Kelurahan Bandar Kidul, yang berjarak sekitar 3 kilometer dari hotel. Kamu bisa melihat para pekerja yang sedang meproduksi kain tenun dengan alat kerja tradisional, atau kamu juga bisa mencobanya sendiri.

Nah, yang paling banyak diminati wisatawan terutama mancanegara adalah melihat buruh linting rokok. Ya benar, sebagai anak perusahaan pabrik rokok PT Gudang Garam, Tbk hotel ini juga menjadwalkan kunjungan gratis bagi tamu hotel untuk melihat langsung proses pelintingan rokok kretek secara manual atau dengan tangan. Kamu sebaiknya mengecek jadwal kunjungan ini pada resepsionis sebelum memutuskan hari menginap, di lobby hotel juga terpampang jadwal kunjungan. (Arief)

 

Grand Surya Hotel Kediri

Jl Dhoho 95 Kediri 64132

Telp: +62 354 686 000

Fax: +62 354 687 000

Info.gsh@suryahotelsgroup.com

Website: http://www.suryahotelsgroup.com/

Leave a Comment