Leluhur dan kekuatan sakral di ketinggian gunung

Beberapa budaya dan tradisi secara universal di dunia serta di Indonesia dari semua suku, Gunung adalah salah satu tempat yang dipercaya merupakan pusat kekuatan dan merupakan tempat yang sakral yang bisa menghubungkan manusia dengan kekuatan leluhur, serta dianggap memiliki kekuatan gaib. Dalam tradisi nenek moyang dan leluhur kita Indonesia, pada masa prasejarah masyarakat percaya roh leluhur bertempat di puncak gunung dan juga mampu memberikan pengaruh untuk kesejahteraan dan keselamatan manusia di alam semesta ini.

Image: Douglas J. McLaughlin [wikipedia]

Salah satu cara untuk memuja leluhur dan nenek moyang yaitu dengan dibangunnya tempat pemujaan di lereng gunung atau diatas bukit.

Banyak gunung yang dianggap memiliki kekuatan, di pulau Jawa dan Bali yaitu dengan banyak ditemukannya candi atau pura. Di gunung Lawu terdapat beberapa candi yaitu candi Cetho, Sukuh Candi Planggatan, dan Candi Kethek. Serta Astana Mangadeg. Candi Borobudur, Candi Kedong Songo, serta beberapa candi lainya di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Pura Lempuyang, Pura Besakih serta Pura Batu Karo di Bali semua dibangun diatas bukit serta dilereng gunung. Orang Batak percaya bahwa nenek moyang mereka diturunkan ke dunia melalui Bukit Pusuk Buhit. Di China ada Temple Tiger’s Nest Monastery serta Temple of Heaven, begitu juga banyak temple di negara lain yang dibangun.

Semua itu merupakan bukti bahwa nenek moyang kita mempercayai apabila gunung memiliki kekuatan sakral secara universal.

@nilea


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply