Indahnya Pesona Gunung Galunggung, Tasikmalaya



Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal akan keindahan alamnya. Banyak tempat-tempat menarik dan terkenal secara nasional maupun internasional yang menjadi tujuan para wisatawan di provinsi ini. Tidak kalah dengan daerah wisata lainnya di Jawa Barat, jika Anda menyukai keasrian suasana pegunungan, wisata Gunung Galunggung adalah salah satu destinasi yang layak untuk dikunjungi. Berlokasi di Kabupaten Tasikmalaya, tempat wisata ini telah banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal. Meskipun begitu, ternyata masih sedikit wisatawan mancanegara yang telah berkunjung ke tempat ini.

Bertempat di daerah pegunungan menjadikan suhu di tempat ini sangat dingin, akan tetapi pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan alam dan keasrian yang terdapat di pegunungan ini. Para wisatawan akan menaiki ratusan anak tangga untuk mencapai puncak kawah. Namun rasa lelah akan terbayar karena pada puncaknya Anda akan menemukan keindahan yang luar biasa, yaitu berupa kawah bekas letusan yang kini telah menjadi danau. Tidak hanya itu, tempat ini juga menyediakan pemandian untuk Anda yang ingin merasakan sensasi pemandian air panas asli pegunungan.

Tempat ini akan ramai dikunjungi,terutama pada waktu liburan.

Lokasi Dan akses menuju lokasi

Desa Linggajati, Kabupaten Tasikmalaya, sekitar 259 kilometer dari Kota Jakarta adalah tempat dimana wisata Gunung Galunggung berada. Untuk menuju Kawasan Gunung Galunggung, Anda bisa menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi.

Banyak jalan untuk menuju obyek wisata Gunung Galungung seperti dari arah Bandung. Dengan melewati jalur Rajapolah-Indihiang, kondisi jalanannya pun lebih bagus dan tidak banyak cabang.

Bagi pengguna motor maupun mobil, setelah keluar tol Cileunyi Anda langsung menuju jalan arah Tasikmalaya. Ketika memasuki Rajapolah, Anda akan menemukan fly over dimana arah lurus yang menuju Jawa Tengah dan arah ke kiri menuju Tasikmalaya, jadi Anda ambil yang ke kiri.

Daya Tarik Kawah Gunung Galunggung

foto by nisa

Untuk mencapai ke Kawah Galunggung, Anda harus menaiki 620 anak tangga. Setibanya di atas, anda akan disambut oleh udara dingin pegunungan juga pemandangan Mesjid di dalam Kawah.

foto by nisa

Tidak usah khawatir bila Anda merasa lelah, di beberapa titik telah disediakan saung sebagai tempat beristirahat pengunjung lengkap dengan pedagang dan jajanannya.

Kondisi anak tangga hingga saat ini masih terawat dengan baik. Pemandangan lereng Gunung Galunggung akan memanjakan mata Anda sepanjang perjalanan. Kadang-kadang kabut tipis menutupi pemandangan. Setelah hari kembali cerah keindahan alam sekitar akan terasa lagi.

Memasuki lokasi Kawah Anda harus menuruni jalan setapak. Maka dari itu sangat disarankan untuk tidak turun ke dalam Kawah pada saat turun hujan atau setelah turun hujan, karena dipastikan jalan menuju tempat yang dituju akan licin dan berbahaya.

Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Rp.6500,- /orang

Harga tiket masuk Kawah bayar lagi Rp.2000,- sudah termasuk parkir

Harga tiket masuk air panas, sebelumnya Rp.7500,-

foto by nisa

Selain kawah yang jadi tujuan utama para wisatawan dan lokasi Pemandian Air Hangat, baru-baru ini terdapat destinasi lainnya, seperti; Mercury Galunggung, Curug Agung, Galunggung Tunnel, juga ada Ngarai Galunggung.

Selamat berwisata ...

@nisa/berbagai sumber

Leave a Comment