Indahnya Wisata Religi di Klenteng Hong Tiek Hian Surabaya



Kota Surabaya sebagai kota Pahlawan dengan mayoritas penduduknya beragama Islam, tetapi bukan berarti penganut agama lain pun tidak mempunyai tempat ibadah yang megah di kota ini. Masyarakat Surabaya biasa hidup secara berdampingan juga penuh toleransi, makanya kota ini dijuluki sebagai kota multietnis. Tidak heran kalau Kota Surabaya menjadi rekomendasi untuk berwisata religi. Salah satu tempat wisata religi yang indah dan juga bersejarah serta termasuk tempat ibadah tertua di Kota Surabaya adalah Klenteng Hong Tiek Hian.

Foto Instagram #klentenghongtiekhian

Klenteng Hong Tiek Hian Surabaya, pesona keindahan yang tidak ada duanya merupakan salah satu tempat wisata religi dan tempat ibadah tertua yang terkenal di kota Pahlawan wajib untuk Anda kunjungi. Dengan masyarakatnya yang sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Klenteng Hong Tiek Hian Surabaya merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Jawa Timur, Indonesia. Tepatnya di JL. Dukuh Gg. II & Gg. 1, No. 2, Nyamplungan, Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur 60162. Klenteng yang dipisah oleh Gang II memang terbilang sempit. Bagian Klenteng yang mengarah langsung ke Jalan Dukuh adalah klenteng yang lebih dahulu dibangun dan letaknya berada di sebelah utara gang, sedangkan untuk bagian klenteng lainnya menghadap ke bagian utara atau Klenteng yang pertama kali didirikan. Tempat wisata Klenteng Hong Tiek Hian Surabaya sangat ramai dengan pengunjung, baik pada hari biasa ataupun di hari liburan.

Klenteng Hong Tiek Hian Surabaya usianya sudah lebih dari tujuh abad, dibangun sekitar abad ke-13 oleh tentara Tartar yang berada dibawah kepemimpinan Kubilai Khan pada saat itu bersama rombongannya sedang melakukan perjalanan ke Nusantara ketika hendak melakukan penyerangan ke Kediri sekitar tahun 1293. Sesampainya di Surabaya kemudian mereka membangun tempat beribadah yang arsiteknya dibuat sendiri. 

Foto Instagram #klentenghongtiekhian


Tempat wisata Klenteng Hong Tiek Hian Surabaya adalah tempat yang sangat indah dengan memberikan sensasi berbeda akan aktivitas sehari hari. Sayang jika Anda sedang berada di Kota Surabaya tetapi tidak bisa mengunjungi tempat wisata religi ini yang mempunyai keindahan tiada duanya, sangat cocok untuk mengisi kegiatan berlibur Anda. Apalagi pada waktu libur panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya. 

Klenteng Hong Tiek Hian Surabaya memang tidak mempunyai halaman yang cukup bagi jemaat yang datang dengan membawa mobil dikarenakan Jalan Dukuh terhitung jalanan sempit dan ramai lalu lintasnya mengingat tempat ini masuk wilayah China Town Kembang Jepun. Sekilas bangunan klenteng ini hampir tidak terlihat dengan jelas sebagaimana bangunan klenteng kebanyakan, tetapi masih beruntung dengan adanya penanda dari Klenteng Hong Tiek Hian yang memiliki menara tempat pembakaran kertas sembahyang (Kim Lo) terletak di sebelah kiri dan sebuah gapura bertuliskan huruf Cina di bagian depannya.

 Foto Klenteng Hong Tiek Hian (bagian dalam) @silvia arrie cahyani

Terdapat ornamen-ornamen klenteng cantik yang menghiasi tepi kiri kanan gang II di Jalan Dukuh ini. Klenteng ini juga memiliki dua arca dewa yang berada di pintu masuk ke bangunan yang berada di sebelah kanan, dan tulisan Cina yang diapit sepasang naga emas di atasnya dengan patung-patung dewa yang bersenjatakan bermacam jenis tombak dan pedang di kiri kanan lorong. Di depan masing-masing patung ini terdapat Hio. Tampak altar mak co dan kong co di lantai dasar Klenteng Hong Tiek Hian, sedangkan di lantai kedua terdapat altar Dewi Kwan Im, Budha dan dewa-dewi lainnya. Tempat ibadah ini dikelola oleh “Yayasan Sembahyang Hok Tik Hian” yang berinduk pada Himpunan Tempat Ibadah Tridharma Se-Indonesia.


Untuk para wisatawan tidak usah bingung untuk mendatangi lokasi wisata Religi Hong Tiek Hian di Surabaya, Anda bisa meminta panduan lewat google maps yang sudah terpasang di smartphone. Menggunakan kendaraan pribadi tentunya akan lebih menyenangkan dari pada menaiki kendaraan umum.

Bagi Anda yang hendak berkunjung ke tempat wisata Religi Hong Tiek Hian Surabaya jangan lupa untuk menyiapkan kamera agar bisa mengabadikan momen menarik selama berada di tempat wisata ini, lebih menyenangkan lagi kalau perginya bersama teman atau keluarga.

@nisa/beberapa sumber

Leave a Comment